Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, dan Penerapan E-Filing terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Jayapura

Authors

  • Dwi Lestari Universitas Cenderawasih
  • Syaikhul Falah Universitas Cenderawasih
  • Ulfah Rizky Muslimin Universitas Cenderawasih

Keywords:

Awareness, Compliance, E-Filing, Taxpayer

Abstract

This study aims to examine what are the factors that influence taxpayer compliance using the variables of taxpayer awareness, tax authorities service quality, and e-filing implementation. Collecting data in this study using a questionnaire. The regression model used in this study is a multiple linear regression model with the help of the SPSS program. The research sample was selected using a purposive sampling method of 100 taxpayers. The results of the study show that taxpayer awareness has an effect on taxpayer compliance, while the quality of tax administration services and the implementation of e-filing have no effect on taxpayer compliance, and have an effect simultaneously.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiningsih, W. 2022. Pengaruh Penerapan E-filing, Tingkat Pemahaman Perpajakan Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Di Kpp Pratama Yogyakarta. Jurnal Mitra Manajemen, 5(9), 581–598. https://doi.org/10.52160/ejmm.v5i9.568

Defitri, S. Y., Yona, D., & Maison, W. 2020. Pengaruh Penerapan E-filing Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Journal of Governance Innovation, 2(2), 175–190. https://doi.org/10.36636/jogiv.v2i2.468

Fikriningrum, W. K., & Syafruddin, M. 2012. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Wajib Pajak Orang Pribadi dalam Memenuhi Kewajiban Membayar Pajak (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Candisari) Winda Kurnia Fikriningrum, Muchamad Syafruddin. Diponegoro Journal of Accounting, 1(2), 1–15. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting

Fitria, D. 2017. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan dan Pemahaman Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 4(1), 30. https://doi.org/10.30998/jabe.v4i1.1905

Harjowiryono, M. 2020. Determinan Kepatuhan Bendahara Pemerintah dalam Menyetorkan Penerimaan Pajak. 5, 285–310.

Indriati, H., Pardanawati, S. L., & Utami, W. B. 2022. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan, dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Empiris Kabupaten Klaten). Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 22(22), 1–13.

Kusbandiyah, A., Purnadi, & Pratama, B. C. 2022. Dampak Penerapan E-System Perpajakan Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak (Kpp) Pratama Purwokerto. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 22(22), 1–13.

Nadu, M. S. A., & Wahyudi, D. 2022. Pengaruh Penerapan E-System Perpajakan, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Selama Masa Pandemi ( Studi pada Wajib Pajak terdaftar di KPP Pratama Jepara ). 15(1), 193–204.

Pasaribu, E. M., & Wijaya, S. Y. 2017. Implementasi teori atribusi untuk menilai perilaku kecurangan akuntansi. 4(1), 41–66.

Purnaningsih, N. K. C., & Noviari, N. 2019. Pengaruh Penerapan E-filing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. E-Jurnal Akuntansi Udayana, 1838–1854.

Ramadhanty, A., & Zulaikha. 2020. Pengaruh Pemahaman tentang Perpajakan, Kualitas Pelayanan Fiskus, Sistem Transparansi Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Diponegoro Journal of Accounting, 9(4), 1–12.

Rifana, D. A., Kusuma, I. L., & Tho’in, M. 2021. Analisis Pengaruh Pelayanan Fiskus, Sanksi Perpajakan, dan Penerapan E-filing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Surakarta. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 22(1), 2–6. http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jap/article/view/2792/pdf

Riyanto, E. A., & Ningsih, T. W. 2021. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 9(3), 589–596. https://doi.org/10.37641/jiakes.v9i3.933

Safitri, D., & Silalahi, S. P. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus, Pemahaman Peraturan Perpajakan Dan Penerapan Sistem E-filing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak: Sosialisasi Perpajakan Sebagai Pemoderasi. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 20(2), 145–153. https://doi.org/10.29040/jap.v20i2.688

Siregar, Y. A., Saryadi, & Listyorini, S. 2012. Pengaruh Pelayanan Fiskus Dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Terhadap Wajib Pajak di Semarang Tengah). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 1(1), 295–304. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/856

Sulistyorini, D. 2019. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pemahaman Wajib Pajak dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Study Empiris di KPP Pratama Cikarang Selatan). Accounthink : Journal of Accounting and Finance, 4(2), 732–745. https://doi.org/10.35706/acc.v4i2.2202

Suprayogo, S., & Hasymi, M. 2018. Pengaruh Penerapan Sistem E-Filing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dengan Pemahaman Internet Sebagai Variabel Moderasi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Jatinegara. Jurnal Profita, 11(2), 151. https://doi.org/10.22441/profita.2018.v11.02.001

Supriatiningsih, & Jamil, F. S. 2021. Pengaruh Kebijakan E-Filing, Sanksi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. 9(1).

Susanti, Y., & Suhono, S. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kpp Pratama Karawang Utara. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 11, 1083. https://doi.org/10.24843/eeb.2020.v09.i11.p04

Tiraada, T. A. . 2013a. Kesadaran, Sikap Fiskus, Kepatuhan. Emba, 1(3), 999–1008.

Tiraada, T. A. . 2013b. Kesadaran Perpajakan, Sanksi Pajak, Sikap Fiskus Terhadap Kepatuhan WPOP si Kabupaten Minahasa Selatan. Emba, 1(3), 999–1008.

Trayayudha, F., Wijaya, A. H. C., & Sesa, P. V. S. 2021. Pengaruh Kepatuhan Pajak, Kewajiban Moral Sanksi Perpajakan, Kaulitas Pelayanan, Dan Penerapan E-Filing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jayapura). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Daerah, 16(2), 55–73. https://doi.org/10.52062/jakd.v16i2.1896

Tulenan, R. A., Sondakh, J. J., & Pinatik, S. 2017. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kpp Pratama Bitung. Going Concern : Jurnal Riset Akuntansi, 12(2), 296–303. https://doi.org/10.32400/gc.12.2.17682.2017

Ulfa, R., & Suhono. 2021. Pengaruh Penerapan E-filing terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang dimoderasi Pemahaman Internet (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Karawang Utara Periode 2016-2019).

Wulandari, D. S. 2019. Analisis Kemanfaatan Npwp,Kualitas Pelayanan, Dan Sanksi Pajak Serta Pengaruhnya Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Terdaftar Di Kpp Pratama Cibitung Dengan Peran Account Representative Sebagai Variabel Moderasi. Ekono Insentif, 13(2), 94–114. https://doi.org/10.36787/jei.v13i2.153

Downloads

Published

2023-09-01