https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jitumas/issue/feedJurnal Ilmiah Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar (JITUMAS)2025-04-29T12:35:57+08:00Anak Agung Ratu Ritaka Wangsatekniksipilunmas@gmail.comOpen Journal Systems<p>Jurnal Ilmiah Teknik UNMAS merupakan media sekaligus sebagai wahana untuk memotivasi mahasiswa untuk mempublikasikan hasil penelitian/skripsi mahasiswa Program Studi Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan.</p>https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jitumas/article/view/11508ANALISIS PERILAKU STRUKTUR GEDUNG IRD RUMAH SAKIT PAYANGAN DALAM MENAHAN BEBAN GEMPA DARI BERBAGAI KELAS SITUS TANAH DENGAN METODE ANALISIS RESPON SPEKTRUM2025-04-25T13:34:13+08:00Diah Pradnya Paramithadiahprad99@gmail.comI Made Sastra Wibawasastrawibawa@unmas.ac.idI Ketut Diartama Kubon Tubuhdiartamakubon@unmas.ac.id<p>Wilayah Indonesia berada pada pertemuan antar lempeng tektonik besar dunia. Oleh karena itu maka diperlukan perancangan struktur bangunan agar tahan gempa. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil studi kasus gedung Instalasi Rawat Darurat (IRD) Rumah Sakit Payangan yang berlokasi di Jl. Raya Payangan, Melinggih, Kabupaten Gianyar. Gedung merupakan struktur rangka beton bertulang penahan momen berlantai empat. Metode analisis beban gempa yang digunakan adalah metode analisis Respons Spektrum. Gedung memiliki kategori risiko IV (empat) mengingat fungsinya sebagai fasilitas kesehatan. Kondisi tanah tempat gedung berdiri diasumsikan kelas situs D (tanah sedang). Hasil desain menunjukkan gedung memiliki berat seismik efektif sebesar 12446,6 kN dengan gaya geser dasar pada arah X dan Y sebesar berturut-turut 619,3 kN dan 598,4 kN. Simpangan struktur didapat adalah sebesar 6 mm, 15 mm, 22 mm dan 27 mm secara berturut-turut dari lantai satu hingga lantai empat untuk arah X dan 4 mm, 10 mm, 16 mm, 19 mm untuk arah Y.</p>2025-04-29T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar (JITUMAS)https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jitumas/article/view/11509ANALISIS PERCEPATAN WAKTU PROYEK KONSTRUKSI MENGGUNAKAN METODE TIME COST TRADE OFF2025-04-25T13:45:16+08:00Yohanes Valdiano Kristanto Jeramuroyalvaldyjeramu@gmail.comTjokorda Istri Praganingrumpraganingrum@unmas.ac.idI Gede Angga Diputeraanggadiputera@unmas.ac.idIda Bagus Suryatmajabagussuryatmaja@unmas.ac.id<p>Pada proyek pembangunan Rumah Susun Seminari Menengah St. Yohanes Paulus II ini, mengalami keterlambatan progres. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor antara lain, faktor cuaca, keterlambatan pengangkutan material dan lain-lain. Oleh sebab itu, perlu dilakukan percepatan agar proyek tersebut dapat diselesaikan tepat waktu. Pada penelitian ini metode percepatan yang digunakan yaitu <em>Time Cost Trade Off.</em> Metode ini memungkinkan untuk dilakukannya pertukaran waktu terhadap biaya proyek dengan cara menganalisis penambahan biaya proyek yang akan terjadi akibat dilakukannya pengurangan durasi pelaksanaannya, sehingga pada kondisi tertentu proyek akan mencapai kondisi waktu dan biaya yang optimum. Pada metode ini menggunakan dua alternatif untuk mencari waktu dan biaya yang optimum yaitu alternatif penambahan jumlah jam kerja (lembur) dan alternatif penambahan tenaga kerja. Dari kedua alternatif percepatan tersebut didapatkan alternatif yang paling optimum yaitu dengan alternatif penambahan tenaga kerja dengan selisih biaya sebesar Rp 6.437.289,77 dan efiensi waktu proyek sebanyak 8 hari. Oleh karena itu alternatif percepatan penambahan tenaga kerja optimum dengan durasi percepatan maksimal yang digunakan cukup efisien untuk diterapkan dalam percepatan durasi proyek.</p>2025-04-29T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar (JITUMAS)https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jitumas/article/view/11510DAMPAK CONTRACT CHANGE ORDER (CCO) TERHADAP PENYELESAIAN WAKTU PROYEK PADA PEMBANGUNAN SEKOLAH2025-04-25T13:49:23+08:00Komang Sudiartanamankudi25@gmail.comNi Luh Made Ayu Mirayani Pradnyadarimirayani2020@unmas.ac.idAnak Agung Ratu Ritaka Wangsaritaka2020@unmas.ac.id<p>Proyek konstruksi dikatakan sukses apabila dapat diselesaikan dengan tepat waktu sesuai dengan yang telah dijadwalkan, sesuai dengan anggaran, dan spesifikasi yang diinginkan. Pada pelaksanaan proyek konstruksi, keterlambatan proyek dapat menyebabkan kerugian bagi <em>owner</em> maupun penyedia jasa konstruksi. Salah satu penyebab keterlambatan adalah <em>Contract Change Order</em> (CCO). Dalam Proyek Pembangunan Penyengker dan Papan Nama Sekolah TK. Negeri Pembina Tegallaang terjadi CCO sehingga dilakukanlah analisis pengaruh <em>Contract Change Order</em> (CCO) terhadap waktu penyelesaian proyek. Untuk mengetahui kegiatan – kegiatan yang mengalami CCO dan waktu penyelesaian proyek setelah dilakukannya CCO digunakan dua metode. Metode yang pertama adalah dengan cara membandingkan volume dari data kuantitatif yang di dapat langsung dari kontraktor dengan volume yang di dapat langsung di lapangan. Metode yang kedua adalah menggunakan data kuantitatif, data tersebut diolah dengan aplikasi aplikasi <em>Microsoft Project </em>dengan cara membandingkan durasi rencana dan durasi realisasi. Data yang digunakan dalam analisis ini adalah data Rencana Anggaran Biaya (RAB), <em>Time Schedule </em>Rencana, laporan Harian, laporan Mingguan, dan kalender proyek. Dari 39 item pekerjaan yang dianalisis, kegiatan yang mengalami CCO berjumlah 18 pekerjaan dibagi menjadi 2 bagian yaitu kegiatan yang mengalami penambahan volume pekerjaan yaitu berjumlah 5 pekerjaan dan kegiatan yang mengalami pengurangan volume pekerjaan yaitu berjumlah 13 pekerjaan. Waktu penyelesaian kegiatan-kegiatan setelah CCO sesudah dilakukannya analisis pada <em>Microsoft Project</em> 2007 yaitu sejumlah 76 hari dari waktu rencana 60 hari. Sehingga mengalami penambahan waktu pelaksanaan selama 16 hari.</p>2025-04-29T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar (JITUMAS)https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jitumas/article/view/11511ANALISIS KEBUTUHAN PARKIR DI MALL RAMAYANA JALAN DIPONEGORO DENPASAR BALI2025-04-25T13:54:30+08:00Ketut Widianaketutwidiana7788@gmail.comI Gusti Agung Gde Suryadarmawansuryaft12@unmas.ac.idI Ketut Sudipta Giridiptagiri_ft@unmas.ac.id<p>Peningkatan jumlah aktivitas terutama di pusat perbelanjaan memerlukan adanya fasilitas ruang parkir yang layak. Pusat perbelanjaan di Kota Denpasar banyak dihadapkan oleh permasalah penyiapan fasilitas ruang parkir terutama di Mall Ramayana. Mall Ramayana memiliki permasalahan yang mendasar seperti parkir kendaraan yang tidak teratur dan pemanfaatan tempat parkir yang tidak berdasarkan <em>stall</em> yang ada. Penelitian ini berfokus untuk menghitung kebutuhan ruang parkir di Mall Ramayana. Dimana kebutuhan tempat parkir pada pusat perbelanjaan penting untuk diperhatikan dan perlu diketahui agar para pengunjung dapat merasakan kenyamanan serta dapat terwujudnya pola parkir yang memadai. Dimana digunakan standar kebutuhan parkir untuk mengetahui ukuran yang akan digunakan untuk mengetahui total kebutuhan parkir yang dibutuhkan berdasarkan fasilitas dan fungsi dari tataguna lahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuatitatif dengan melaksanakan <em>survey</em> langsung ke lokasi, dengan menggunakan data primer berupa data <em>survey</em> keluar masuk kendaraan, menghitung kapasitas dan kebutuhan ruang parkir serta melakukan dokumentasi. Hasil analisis yang diperoleh berupa index parkir kendaraan roda dua dan roda empat 2 kali <em>survey </em>yaitu 0,773 bagi kendaraan roda dua dan 0,0630 bagi kendaraan roda empat dengan IP kendaraan roda dua dan roda empat kurang dari (<) 1 sehingga kebutuhan parkir dapat diartinya dibawah jumlah petak parkir. Kebutuhan ruang parkir kendaraan roda dua tertinggi terjadi hari minggu sebanyak 1618 kendaraan dan kendaraan roda empat tertinggi terjadi dihari minggu sejumlah 124 kendaraan.</p>2025-04-29T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar (JITUMAS)https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jitumas/article/view/11512PERILAKU STRUKTUR BAJA TERBREIS X YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN CANGGAH WANG 2025-04-25T13:58:35+08:00Leonarda Saputri Umpurleonardaumpur@gmail.comI Gede Gegiranang Wiryadigegiranangwiryadi@unmas.ac.idI Putu Agus Putra Wirawanagusputrawirawan2020@unmas.ac.id<p>Penelitian ini ingin melihat bagaimana bangunan baja yang diperkuat dengan cara khusus, yaitu gabungan bresing X dan canggah wang (BX-CW), akan bereaksi saat terjadi gempa. Canggah wang ini seperti penyangga miring yang biasa ditemukan di bangunan Bali. Kita akan perhatikan berapa cepat bangunan bergetar, seberapa besar gaya yang diterima saat gempa, seberapa jauh bangunan bergeser, dan seberapa besar pergeseran antar lantainya. Perbandingan perilaku pada gedung Rangka Terbuka (R-T) dengan gedung Bresing X (B-X), dan gedung yang dikombinasikan dengan Cangga Wang (BX-CW), untuk periode yang terbesar diantara kelima model terjadi pada struktur gedung Rangka Terbuka (R-T). Untuk gaya geser dasar terbesar diantara kelima model terjadi pada struktur bangunan BX-CW 1. Untuk simpangan terkecil terjadi pada struktur gedung BX-CW 1 baik arah X maupun arah Y. Berdasarkan hasil yang didapatkan simpangan maksimum dan simpangan antar lantai kelima model struktur gedung masih lebih kecil dari simpangan maksimum ijin dan simpangan antar lantai ijin. Analisis data menunjukkan bahwa penerapan bresing dan canggah wang pada struktur lantai baja berkontribusi pada peningkatan kapasitas beban, khususnya pada elemen kolom dalam merespon gaya geser.</p>2025-04-29T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar (JITUMAS)https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jitumas/article/view/11513ANALISIS METODE PELAKSANAAN UNDERCONSTRUCTION JEMBATAN2025-04-25T14:04:51+08:00Ferdinan Taneotaneoferdinan@gmail.comI Gusti Agung Ayu Istri Lestarigekistri82@unmas.ac.idI Putu Yana Hermawanyanahermawan@unmas.ac.id<p>Metode pelaksanaan pekerjaan sangat penting dalam pelaksanaan proyek pembangunan infrastruktur, karena metode pelaksanaan pekerjaan merupakan urutan pelaksanaan pekerjaan yang logis dan teknis sehubungan dengan tersedianya sumber daya yang dibutuhkan dan kondisi medan kerja, untuk memperoleh cara pelaksanaan yang efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pelaksanaan serta biaya dan waktu pelaksanaan proyek Rehabilitasi Jalan dan Pembangunan Jembatan Siangan Lokasrana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dan kuantitatif, penulis menganalisis metode pelaksanaan underconstruction jembatan Proyek Rehabilitasi Jalan dan Pembangunan Jembatan Siangan-Lokasrana. Dari analisis metode pelaksanaan dilanjutkan melakukan analisis terhadap biaya dan waktu pelaksanaan proyek. Berdasarkan analisis hasil yang diperoleh untuk metode pelaksanaan pekerjaan struktur pondasi bore pile dan abutment terdapat 7 sub pekerjaan, Waktu pelaksanaan pekerjaan pondasi bore pile dan abutment dikerjakan selama 73 hari dari tanggal 26 juni 2020 sampai dengan tanggal 9 September 2020, besar biaya pelaksanaan pekerjaan pondasi bore pile dan abutment adalah Rp. 3.550.751.690,46.</p>2025-04-29T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar (JITUMAS)