PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS OBSERVASI MELALUI PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS X AP4 SMK PGRI 4 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Mariani Mulyati Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar
  • IGA. Putu Tuti Indrawati Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nyoman Suparsa Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Menulis Teks Observasi, metode Pembelajaran Cooperative Script

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk (1) mendapatkan data yang pasti bahwa Cooperative Script dapat meningkatkan keterampilan menulis teks observasi pada siswa kelas X AP4 SMK PGRI 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019, dan (2) menemukan langkahlangkah penerapan metode pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan keterampilan menulis teks observasi pada siswa kelas X AP4 SMK PGRI 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan metode tes. Data tersebut dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil tes yang diperoleh dalam penerapan metode pembelajaran Cooperative Script untuk meningkatkan keterampilan menulis teks observasi pada Siswa Kelas X AP4 SMK PGRI 4 Tahun Pelajaran 2018/ 2019 mengalami peningkatan. Pada tes awal nilai rata--rata hanya 4,6 dengan kategori kurang, Siklus I nilai rata--rata 5,6 dengan kategori hampir cukup, Siklus II nilai rata--rata 6,4 dengan kategori hampir cukup dan nilai rata-rata siswa pada Siklus III mengalami peningkatan menjadi 7,9 dengan kategori lebih dari cukup. Dengan demikian, penerapan metode pembelajaran Cooperative Script untuk meningkatkan keterampilan menulis teks observasi pada siswa kelas X AP4 SMK PGRI 4 Tahun Pelajaran 2018/2019 dinyatakan berhasil karena sudah mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu sebesar 75.

Downloads

Published

21-12-2020

Issue

Section

Articles