ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA

Authors

  • Ni Putu SIntya Dewi Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Made Wedasuwari Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar
  • I Komang Widana Putra Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Novel, nilai-nilai pendidikan, bentuk penyampaian

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata, bentuk penyampaian nilai pendidikan dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata serta pentingnya nilai pendidikan dalam kehidupan sehari-hari yang digambarkan dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik baca dan teknik catat. Data dalam penlitian ini diolah dengan teknik retroaktif yaitu pembacaan secara berulang kali secara satu arah ke arah yang lainnya untuk menangkap makna. Adapun langkah dalam mengumpulkan data yaitu (1) mencatat data berupa kata, (2) mengelompokan data, (3) mendeskripsikan data, (4) menganalisis data, (5) menyimpulkan hasil analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan temuan empat nilai pendidikan yaitu nilai pendidikan moral, nilai pendidikan religius, nilai pendidikan sosial, nilai pendidikan budaya. Bentuk penyampaian nilai pendidikan secara langsung maupun tidak langsung, serta banyak nilai pendidikan yang bisa untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Published

21-12-2020

Issue

Section

Articles