IMPLEMENTASI METODE MASTERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS IKLAN PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 4 MENGWI TAHUN PELAJARAN 2024/2025
Keywords:
Mastery Learning Method, Skills, Oral Text WritingAbstract
This study examines the application of mastery learning method to improve the skill of writing advertising texts in students of class VIII D SMP Negeri 4 Mengwi in the 2024/2025 academic year. By using a descriptive qualitative approach, this study aims to identify the implementation and steps of the application of mastery learning method. Data was collected through observation, tests and documentation. The results showed that the mastery learning method can improve the writing skills of students in class VIII D SMP Negeri 4 Mengwi for the 2024/2025 academic year. It can be seen from the evaluation of Pre-Cycle, Cycle I, and Cycle II learning, At the Pre-cycle stage, the level of student learning achievement was recorded at 67,65.This figure shows that most students still need reinforcement in understanding the material taught. After improvements were made in the learning strategy in Cycle I, student achievement increased to 76,87. Then, in Cycle II, student achievement again experienced a very significant increase, reaching 87,03. These results confirmed that the improvements made in Cycle I had a major positive impact, so that students were increasingly ablet o master the material well.
Abstrak
Penelitian ini mengkaji penerapan metode pembelajaran mastery learning guna meningkatkan keterampilan menulis teks iklan pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 4 Mengwi Tahun Pelajaran 2024/2025. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mempunyai tujuan dalam mengidentifikasikan implementasi serta langkah-langkah dari penerapan metode mastery learning Data dikumpulkan melalui tes, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan metode mastery learning mampu meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VIII D SMPNegeri 4 Mengwi Tahun Pelajaran 2024/2025. Bisa dilihat dari evaluasi Pra Siklus,Siklus I, dan Siklus II pembelajaran, Pada tahap Pra siklus, tingkat pencapaian pembelajaran siswa tercatat sebesar 67,65. Angka ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa masih memerlukan penguatan saat memahami materi yang diajarkan. Setelah dilakukan perbaikan dalam strategi pembelajaran pada Siklus I, pencapaian siswa meningkat menjadi 76,78. Kemudian, pada Siklus II, pencapaian siswa kembali mengalami peningkatan yang sangat signifikan, mencapai 87,03. Hasil ini menegaskan bahwa perbaikan yang dilakukan pada Siklus I memberikan dampak positif yang besar, sehingga siswa semakin mampu menguasai materi dengan baik.
References
Ahmadi, A. (2003). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Arifin, Z. (1992). Pengantar Ilmu Komunikasi: Dasar-dasar Komunikasi Massa.Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. RinekaCipta.
Caroll, J. B. (1971). Mastery learning: Theory and practice. New York: Holt, Rinehart & Winston.
Danesi, M. (2011). Signs of Modern Times: An Introduction to Semiotics. Toronto: Canadian Scholars' Press.
Darmadi, H. (1996). Menulis dan Mengarang: Teknik dan Pengembangan. Bandung: CV Alfabeta.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Djamarah, S. B. (2013). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Pendekatan Teoretis dan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Fathoni, A., & Riyana, C. (2009). Komponen Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ghultom, A., & Putra, I. N. (2016). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Pendidikan.
Gie, T. L. (1992). Cara Menulis yang Baik. Yogyakarta: Andi Offset.
Halid, M. (2023). Penggunaan Model Mastery Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penerapan Turunan Fungsi Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 105-120.
Hartig, J. (2008). Komunikasi dalam Penulisan. Dalam Tarigan, H. G., Menulis
sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (hlm. 25–26). Bandung: Angkasa.
Hasnah, S. (2011). Pembelajaran Berbasis Mastery Learning. Yogyakarta: PenerbitPendidikan.
Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis danParadigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ikaria, D. (2014). An Analysis of Advertising in the Modern Era. New York: Routledge.
Jefkins, F. (1997). Public Relations and Advertising: A Practical Guide. London: Pitman Publishing.
Kosasih, A. (2014). Komunikasi Pemasaran: Teori dan Praktik. Bandung: PustakaSetia.
Kunandar. (2011). Model Pembelajaran Mastery Learning. Jakarta: PenerbitPendidikan.
Kurikulum Merdeka. (2022, Maret 29). Retrieved from kemdikbud.go.id.
Lukitaningsih, E. (2013). Komunikasi Pemasaran dalam Perspektif Konsumen.Yogyakarta: Andi Offset.
Marjo, K. (2018). Pengantar Iklan dan Periklanan dalam Media. Bandung: Alfabeta.
Marwoto. (1987). Dasar-Dasar Menulis. Jakarta: PT Gramedia.
Nugroho, A. (2020). Penulisan Informatif di Era Digital: Pendekatan dan Strategi.Jakarta: Media Nusantara.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITK UIN SumateraUtara, 3(2), 333–352.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITK UIN Sumatera Utara, 3(2), 333–352.
Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2019. (2019). Tentang Penggunaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Pemerintah Indonesia.
Pertami, S. (2023). Penerapan Metode Mastery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IV SD Inpres Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Jurnal PendidikanDasar, 15(1), 45-60.
Priansa, D. (2017). Pengantar Periklanan: Teori dan Praktek. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Rahmawati, A. (2017). Penulisan Kreatif dalam Pendidikan: Teori dan Praktik.Malang: UIN-Maliki Press.
Rifa’i, A. (2012). Pengembangan Desain Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Rumihat, N., R.S., & Hutauruk, F. (2013). Strategi Belajar Mengajar Modern: Konsep
dan Aplikasinya dalam Pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta.
Salim, A. (2024). Inovasi Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jakarta: Gramedia.
Setyawan, D. (2013). Panduan Lengkap Metode Belajar dan Mengajar Efektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sukmadinata, N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sumiati, S. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Mastery Learning.Yogyakarta: Penerbit Universitas.
Susanto, E. (2013). Pengantar Menulis Efektif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sutikno, S. (2014). Belajar dan Pembelajaran Efektif: Konsep, Landasan, dan Implementasi dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Prospect Media.
Syarifudin, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1),30-45.
Syarifudin, R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning (Belajar Tuntas) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak. JurnalPendidikan Islam, 5(2), 123-135.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Usman, H. (1993). Dasar-Dasar Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Berbasis Mastery Learning. Jakarta: Penerbit Universitas.
Yuliani, S., & Putri, M. (2019). Penulisan Reflektif untuk Pengembangan Diri. Bandung: Alfabeta.