MPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA APLIKASI FIZZO NOVEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS X-4 SMA SLUA SARASWATI 1 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2024/2025
Keywords:
reading comprehension skills, discovery learningAbstract
This research is a Classroom Action Research (CAR) which aims to; 1) To determine the use of the Discovery Learning method assisted by the Fizzo Novel application media to improve reading comprehension skills in class X-4 students of Saraswati 1 Denpasar High School in the 2024/2025 academic year. 2) To find out the steps of implementing the discovery learning method with the help of the fizzo novel application media to improve the reading comprehension skills of class X-4 students of SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar in the 2024/2025 academic year. Data collection was carried out using observation and test methods. The data obtained were analyzed descriptively qualitatively and quantitatively. Furthermore, data regarding the learning steps were analyzed qualitatively. The results of the study showed that the implementation of the Discovery Learning learning method with the help of the fizzo novel application media was able to improve the reading comprehension skills of class X-4 students of SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar in the 2024/2025academic year. The increase in learning activities can be seen from the enthusiasm of students in responding to learning. Students began to actively observe, try, ask, respond, and express opinions while learning was taking place. The increase in students' reading comprehension skills can be seen from students being able to convey the main idea, plot, character, characterization, setting, and moral of a story that they had read from the fizzo novel application. In addition, students were able to discuss well in class. The implementation of the Discovery Learning method is also able to foster positive attitudes that reflect character education values, such as respect, honesty, discipline, and responsibility.
Abstrak
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan ; 1) Untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran Discovery Learning dengan berbantuan media aplikasi Fizzo Novel untuk dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas X-4 SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar tahun akademik2024/2025. 2) Untuk mengetahui langkah-langkah penerepan motode pembelajaran discovery learning dengan berbantuan media aplikasi fizzo novel untuk meningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas X-4 SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar tahun akademik 2024/2025. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Selanjutnya data mengenai langkah –langkah pembelajaran dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi metode pembelajaran Discovery Learning dengan berbantuan media aplikasi fizzo novel mampu meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas x-4 SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar tahun akademik2024/2025. Meningkatnya aktivitas belajar tampak dari keantusiasan siswa dalam merespon pembelajaran. Siswa mulai aktif untuk mengamati, mencoba, menanya, merespon, dan menyampaikan pendapat pada saat pembelajaran sedang berlangsung. Meningkatnya kemampuan membaca pemahaman pada siswa terlihat dari siswa mampumenyampaikan ide pokok, alur, watak, penokohan, latar, dan amanat dari sebuah cerita yang telah dibacanya dari aplikasi fizzo novel. Selain siswa mampu berdiskusi dengan baik dalam kelas. Implementasi metode pembelajaran Discovery Learning juga mampu menumbuhkan sikap positif yang mencerminkan nilai pendidikan karakter, seperti menghargai, jujur, disiplin, dan bertanggung jawab.
References
Arikunto dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta : Bumi Aksara
Budiningsih. (2005). Model Discovery Learning. Jakarta: Pustaka Mandiri
Miarso, Yusufhadi. (2011). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Salam, R., Nursiah, & Faisal. Implementsi Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Sd Impress Kompleks. Peran Penelitian Dalam Menunjang Percepatan Penembangan Berkelanjutan Di Indonesia , 4(14), 2014-2018
Tarigan, Hendry Guntur. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Penerbit : Angakasa Bandung
Yusuf, muhamad. (2023). Penggunaan Aplikasi Fizzo Novel Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Novel Siswa SMA Negeri 1 Caringin Kabupaten Bogor Jawa Barat Tahun Pembelajaran 2022/2023 (Skripsi) . UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.