IMPLEMENTASI METODE CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IX D SMP (SLUB) SARASWATI 1 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2024/2025
Keywords:
Descriptive Text Writing Skills, Learning Activities and Outcomes, Contextual Teaching and Learning, Picture MediaAbstract
This Classroom Action Research (CAR) aimed to improve Indonesian language learning, particularly in writing descriptive texts, through the Contextual Teaching and Learning (CTL) method assisted by picture media. The research focused on enhancing the quality of learning and examining how the CTL method, combined with picture media, could improve ninth-grade students' writing skills at SMP (SLUB) Saraswati 1Denpasar. It also aimed to explore the role of picture media in helping students understand and express their ideas clearly and structurally. Data were collected through observations and tests, and analysed using both qualitative and quantitative methods. The findings showed that the implementation of the CTL method with picture media successfully increased students' enthusiasm and active participation in learning activities. Students became more engaged in key learning processes such as observing, questioning, reasoning, and communicating. Moreover, this method encouraged creativity, improved vocabulary usage, and supported the development of positive character values like honesty, discipline, and respect.
Abstrak
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya dalam menulis teks deskriptif, melalui penerapan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dibantu dengan media gambar. Penelitian ini berfokus pada peningkatan kualitas pembelajaran dan mengkaji bagaimana metode CTL yang dipadukan dengan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IX di SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengeksplorasi peran media gambar dalam membantu siswa memahami dan mengungkapkan ide secara jelas dan terstruktur. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes, lalu dianalisis menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode CTL dengan bantuan media gambar berhasil meningkatkan antusiasme dan partisipasi aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran. Siswa menjadi lebih terlibat dalam proses belajar seperti mengamati, menanya, menalar, dan mengkomunikasikan. Selainitu, metode ini mendorong kreativitas, memperkaya penggunaan kosakata, serta mendukung perkembangan nilai-nilai karakter positif seperti kejujuran, kedisiplinan,dan rasa hormat.
References
Anggreini Dkk. (2024). Analisis Keterampilan Menulis Siswa Pantun. Jurnal Pendidikan Inovatif, 6(3), 425.
Dewi. (2023). Menulis Kreatif. Indonesia Emas Group: Jl. Pasir Putih, No 16 Kota Bandung.
Grafindo Persada.
Gurning. (2021). Upaya meningkatkan keterampilan menulis cerpen melalui metode latihan terbimbing dengan media teks lagu pada siswa kelas XII MIA-1 SMANegeri 16 Medan. Cybernetics: Journal Educational Research and SocialStudies, 2(2), 151-160.
Komalasari, Anggi C. ,W. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran RADEC (Read,Answer, Discuss, Explain, Create) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Fiksi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, I(2), 102-107.
Mahmur, Hasbullah & Masrin. (2020). Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kalimat Terhadap Kemampuan Menulis Narasi. Diskursus JurnalPendidikan Bahasa Indonesia, 3(2), 169-184
Wati, A. Sudigdo. (2019). Keterampilan Menulis Karangan Narasi Sejarah Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Bagi Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST,1(1), 277