Jurnal Ilmiah Kurva Teknik https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jikt <p>Jurnal Ilmiah Kurva Teknik merupakan media untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian murni atau terapan dalam arti luas tentang aspek Teknik Sipil mulai dari perencanaan (desain), pelaksanaan, pengawasan, operasional, <em>maintenance</em>, maupun manajemen konstruksi baik yang menyangkut bahan/material konstruksi, peralatan, dan strukturnya. Jurnal Ilmiah Kurva Teknik dikelola oleh Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar.</p> en-US [email protected] (Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik) [email protected] (Anak Agung Ratu Ritaka Wangsa) Thu, 30 Nov 2023 00:00:00 +0800 OJS 3.3.0.10 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Produktivitas dan Kenyamanan Pekerja Konstruksi https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jikt/article/view/7605 <p class="Abtrak" style="text-indent: 0in;"><span style="font-size: 10.0pt;">Pelaksanaan proyek kontruksi memiliki potensi adanya kecelakaan kerja. Oleh karena ketersediaan peraturan maupun peralatan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) menjadi penting. Selain itu, K3 juga menjadi penting diperhatikan untuk kenyamanan dan kesejahteraan pekerja konstruksi yang akhirnya mempengaruhi produktivitas pekerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan K3 terhadap produktivitas dan kenyamanan pekerja konstruksi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitaif yang dengan studi kasus pada Pembangunan Jembatan di Jalan Campuhan Desa Pangsan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dengan menggunakan sampel jenuh sejumlah 32 sampel. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis jalur melalui program SPSS 26.0 <em>for windows</em>. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: Model persamaan yang dihasilkan adalah yang pertama: M = 0,110X+ 0,893, yang menggambarkan pengaruh variabel K3 (X) terhadap kenyamanan pekerja (M). Nilai Beta sebesar 0,110 yang menunjukkan bahwa tinggi rendahnya kenyamanan pekerja dipengaruhi oleh K3 sebesar 11%, sedangkan 89% lainnya dipengaruhi oleh variabel lainnya. Persamaan kedua: Y = 0,230X + 0,485M + 0,564, yang berarti pengaruh variabel K3 (X) terhadap variabel Produktivitas Pekerja (Y). Hal ini bisa diartikan bahwa implementasi yang baik dari praktik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di tempat kerja tidak hanya langsung meningkatkan produktivitas pekerja, tetapi juga memiliki dampak positif pada kenyamanan pekerja.</span></p> I Wayan Widiana, I Wayan Muka, Ida Ayu Putu Sri Mahapatni Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Kurva Teknik https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jikt/article/view/7605 Thu, 30 Nov 2023 00:00:00 +0800 CAT Pemodelan Air Tanah di Cekungan Air Tanah (CAT) Singaraja dengan Visual Modflow https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jikt/article/view/7709 <p><strong><em>ABSTRAK</em></strong>: Cekungan Air Tanah (CAT) Singaraja adalah merupakan cekungan air tanah utama andalan untuk wilayah Singaraja dan sekitarnya. Begitu pentingnya Cekungan Air Tanah tersebut bagi penduduk di Singaraja maka CAT ini sangat perlu sekali untuk di jaga agar potensi air tanah tersebut tidak mengalami degradasi secara drastis mengalami penurunan akibat pemboran air tanah yang berlebihan karena pada daerah tersbut merupakan daerah pariwisata dan perumahan. Untuk melihat perilaku terhadap perubahan muka air tanah yang terjadi di CAT Singaraja maka dilakukan pemodelan air tanah dengan menggunan program Visual MODFLOW Premium 4.3.. Program tersebut selanjutnya dikalibrasi dengan menggunakan data muka air yang dianalisis oleh Subdin ESDM Provinsi Bali pada tahun 2000. Setelah dilakukan kalibrasi maka dilakukan analisis pemodelan sampai dengan tahun 2021 sehingga diperoleh hasil kondisi muka airnya. Berdasarkan hasil muka air pada tahun 2000 maka selanjutnya dilakukan skenario dengan meningkatkan jumlah pemompaan di seluruh lokasi baik secara kuatitas maupun secara areal. Berdasarkan hasil sekenario tersebut maka terjadi surutan yang lebih besar pada skenario I sampai dengan skenario III dibandingakan dengan surutan yang terjadi pada skenario IV sampai dengan skenario VI.</p> Ketut Agus Karmadi, I Made Sastra Wibawa, Ida Bagus Wirahaji Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Kurva Teknik https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jikt/article/view/7709 Thu, 30 Nov 2023 00:00:00 +0800 Analisis Tracking Waktu Penyelesaian Proyek Akibat Terjadinya Contract Change Order (CCO) https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jikt/article/view/7771 <p><em>Pemantauan proyek konstruksi sangat penting untuk memastikan bahwa proyek berjalan sesuai rencana. khususnya dalam hal proyek mengalami modifikasi yang signifikan, seperti Perintah Perubahan Kontrak (CCO). CCO juga terjadi pada Proyek Peningkatan Jalan Penelokan Malet-Jalan Tiga Linjong Penyebeh dan Jalan Tanggahan-Serokadan yang berdampak pada jenis operasional yang dilakukan serta kuantitasnya. Oleh karena itu, dengan menggunakan teknik penelusuran yang disebut tracking, perlu dilakukan suatu analisis untuk mengetahui kelanjutan waktu penyelesaian proyek akibat terjadinya CCO. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil kegiatan pengalaman CCO dan waktu penyelesaian proyek setelah Pelacakan. Berdasarkan data rencana dan realisasi yang diolah menggunakan aplikasi Microsoft Project, dilakukan tracking. Rencana anggaran biaya kontrak, rencana jadwal waktu, laporan harian, laporan mingguan, dan kalender proyek merupakan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini. Terdapat 23 pekerjaan yang terlibat dalam kegiatan CCO, yang meliputi 5 pekerjaan yang dipotong dari rencana kontrak, 2 pekerjaan baru yang ditambahkan, 12 pekerjaan yang mengalami kenaikan volume, dan 4 pekerjaan yang mengalami penurunan volume. Saat menggunakan Microsoft Project untuk melacak waktu penyelesaian proyek, ditemukan bahwa proyek tersebut selesai 97,38 hari lebih cepat dari jadwal karena kejadian CCO. Akibatnya, tanggal penyelesaiannya dimajukan menjadi 22,62 hari.</em></p> I Gede Ngurah Sunatha, Tjokorda Istri Praganingrum, Ni Luh Made Ayu Mirayani Pradnyadari, Ni Putu Okky Larashati Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Kurva Teknik https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jikt/article/view/7771 Thu, 30 Nov 2023 00:00:00 +0800 Mitigasi Risiko Proyek Pembangunan Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jikt/article/view/7831 <p>Di setiap pelaksanaan pembangunan proyek konstruksi, dimanapun pelaksanaannya pasti tidak akan terhindar dari yang namanya risiko, sehingga dibutuhkan manajemen risiko untuk meminimalisir kegagalan atau keterlambatan yang dapat disebabkan oleh risiko tersebut. Dalam manajemen risiko dilakukan beberapa tahap yaitu identifikasi risiko, analisis risiko, dan yang terakhir tahap mitigasi risiko. Pada penelitian ini dilakukan penelitian untuk mengetahui analisis kepemilikan risiko dan tindakan mitigasi risiko yang akan digunakan untuk risiko risiko yang masuk ke dalam risiko dominan yang sudah diteliti sebelumnya. Terdapat 6 (enam) identifikasi risiko yang masuk ke dalam kategori risiko dominan. Kepemilikan risiko pada penelitian ini sebagian besar dari pihak kontraktor, serta untuk hasil mitigasi pada penelitian ini secara umum dapat disimpulkan yaitu dengan berkordinasi dengan semua pihak yang berwenang serta melengkapi semua administrasi proyek yang diperlukan.</p> <p>&nbsp;</p> I Gusti Agung Ayu Istri Lestari, Krisna Kurniari, Ni Kadek Kembang Pratiwi Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Kurva Teknik https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jikt/article/view/7831 Thu, 30 Nov 2023 00:00:00 +0800 Analisis Kapasitas Saluran Drainase di Jalan Tukad Yeh Aya Renon Denpasar https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jikt/article/view/7832 <p>Kota Denpasar di Bali adalah sebuah kota pariwisata yang penting, dan pemerintah setempat sangat memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi kunjungan wisata. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Namun, perubahan tata guna lahan dapat memiliki dampak negatif, seperti berkurangnya daya resap tanah dan meningkatnya limpasan permukaan yang bisa menyebabkan banjir. Faktor penyebab banjir di Jalan Tukad Yeh Aya Renon Denpasar adalah keberadaan sampah yang menyumbat saluran drainase dan kapasitas saluran yang tidak mencukupi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kapasitas pada saluran drainase. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-kuantitatif dengan pengukuran dan pemantauan kondisi drainase dan kondisi banjir pada lokasi penelitian. Hasil evaluasi perhitungan dan perbandingan, kapasitas pada saluran drainase di seluruh titik saluran tidak memenuhi dari hasil debit banjir rancangan. Pada analisis program HEC-RAS, debit air melebihi dari kapasitas pada saluran, sehingga akan mengakibatkan terjadinya banjir. Alternatif untuk mengatasi banjir adalah melakukan normalisasi saluran dengan pembersihan sedimentasi akibat sampah dan endapan serta pemeliharaan struktur bangunan saluran drainase.</p> Ida Bagus Suryatmaja, Anak Agung Ratu Ritaka Wangsa, I Made Nada, I Wayan Gede Pasek Perdana Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Kurva Teknik https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jikt/article/view/7832 Thu, 30 Nov 2023 00:00:00 +0800 Analisis Rasio Biaya Sumber Daya Rencana dan Realisasi Menggunakan Microsoft Project https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jikt/article/view/7860 <p>Sumber daya merupakan salah satu elemen penting dalam perencanaan dan pelaksanaan suatu proyek konstruksi. Dalam Kegiatan Pembangunan Jalan Pantai Pererenan terjadi perbedaan kebutuhan sumber daya rencana dan realisasi yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti kondisi topografi, tenaga kerja, bahan/material, dan peralatan yang dilihat dari laporan harian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penjadwalan sumber daya rencana dan realisasi serta perbandingan biaya sumber daya rencana dan realisasi menggunakan bantuan program <em>microsoft project</em>. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Rencana Anggaran Biaya (RAB), laporan harian, <em>time schedule</em> rencana dan realisasi, serta kalender kerja. Dari hasil analisis penjadwalan sumber daya untuk penjadwalan tenaga kerja sumber daya rencana total kebutuhan: Pekerja = 6.223 oh, Tukang = 1.246 oh dan Mandor = 1.127 oh. Sedangkan untuk penjadwalan tenaga kerja sumber daya realisasi total ketersediaan: Pekerja = 828 oh, Tukang = 214 oh dan Mandor = 152 oh. Hasil analisis secara keseluruhan total biaya sumber daya rencana sebesar Rp. 4.769.772.116,96 dan total biaya sumber daya realisasi sebesar Rp. 2.044.889.281,18. Selisih biaya sumber daya rencana dan realisasi sebesar Rp. 2.724.882.835,78. Jadi pada Kegiatan Pembangunan Jalan Pantai Pererenan mengalami keuntungan dikarenakan proyek tersebut membutuhkan biaya realisasi yang lebih kecil dibandingkan biaya perencanaannya.</p> I Gede Ngurah Sunatha, I Gede Angga Diputera, I Putu Yana Hermawan, Novita Suryani Lira Karlina Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Kurva Teknik https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jikt/article/view/7860 Thu, 30 Nov 2023 00:00:00 +0800 Perilaku Struktur Gedung dengan Perkuatan Bresing X dan Canggah Wang dalam Menahan Beban Gempa https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jikt/article/view/7869 <p>Penelitian ini berfokus pada perilaku struktur bangunan yang diperkuat dengan bresing X dengan penambahan <em>canggah wang</em>. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperkuat struktur Rangka Terbuka (RT) suatu bangunan 8 (delapan) tingkat dengan penambahan bresing, <em>canggah wang</em> dan kombinasi bresing dengan penambahan <em>canggah wang</em>. Perilaku struktur ditinjau berdasarkan beban gempa dinamis menggunakan analisis respons spektrum. Hasil analisa menunjukkan adanya peningkatan kekakuan struktur akibat penambahan <em>canggah</em> <em>wang</em>, beresing X, maupun kombinasi keduanya dibandingkan dengan struktur rangka terbuka. Peningkatan kekakuan tertinggi terjadi pada struktur yang diperkuat dengan kombinasi bresing X dan <em>canggah</em> <em>wang</em>. Deformasi lateral suatu struktur dengan kombinasi bresing X dengan tumpuan paling rendah namun gaya dalam yang bekerja paling besar dibandingkan struktur lainnya. Pengurangan deformasi lateral yang terjadi akibat penambahan gabungan ini signifikan dibandingkan pada struktur rangka terbuka. Hal ini menunjukkan bahwa kekakuan struktur mengalami peningkatan paling besar akibat perkuatan kombinasi bresing X dan <em>cangggah</em> <em>wang</em>. Selain itu terjadi perubahan distribusi gaya akibat gempa pada struktur dengan penambahan <em>canggah</em> <em>wang</em>. Gaya maksimum pada sambungan balok-kolom semakin berkurang dengan adanya penambahan <em>canggah</em> <em>wang</em> dibandingkan dengan sambungan balok-kolom pada struktur rangka terbuka. Sistem ini juga dapat digunakan untuk melindungi sambungan balok-kolom jika melebihi batas kapasitasnya.</p> I Gede Gegiranang Wiryadi, I Putu Agus Putra Wirawan, I Ketut Diartama Kubon Tubuh, I Nengah Edi Adnyana Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Kurva Teknik https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jikt/article/view/7869 Thu, 30 Nov 2023 00:00:00 +0800 Evaluasi Kebutuhan Ruang Parkir Di Pasar Burung Satria Denpasar https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jikt/article/view/7902 <p>Fasilitas parkir di Pasar Burung Satria Denpasar terdapat permasalahan mendasar, seperti parkir kendaraan yang tidak teratur atau penggunaan tempat parkir yang tidak berdasarkan stall yang ada. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk &nbsp;menghitung kebutuhan ruang &nbsp;parkir di Pasar Burug Satria&nbsp; Denpasar.Adapun Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan melakukan pengamatan langsung dilapangan, Untuk Pengamatannya dilakukan selama Tiga Hari yaitu pada Hari Selasa,Sabtu dan Minggu. Dari hasil pengamatan secara langsung dilapangan selanjutnya dilakukan analisis untuk mendapatkan Volume Parkir,Petak Parkir,Durasi Parkir danKebutuhan Ruang Parkir dari hasil analisis di dapat untuk Volume maximum Kendaraan Roda Dua untuk Hari Selasa berada pada Sore hari dengan jumlah Kendaraansebanyak 208 Kendraan dan pada Hari Sabtu jumlah Kendaraannya sebanyak 318 untuk Sore hri dan Pada Hari Minggu Jumlah Maximumnya 325 Kendaraan Pada Sore. Dan Volume maximum Kendaraan Roda Empat utuk hari selasa terjadi pada sore hari dengan jumlah kendaraan 4 kendaraan dan pada hari sabtu terjadi&nbsp; pada sore dengan jumlah kendaraan sebanyak 5 kendaraan dan pada minggu sore terjadi pada pagi hari dengan 4 kendaraan Sedangkan Rata-rata durasi parkir untuk motor adalah 37,42 menit dan rata-rata durasi parkir untuk mobil adalah 60,26 menit dan Rata-rata kebutuhan ruag parkir motor sebanyak 48,44 petak dan rata-rata kebutuhan ruang parkir untuk mobil adalah 2,16 petak</p> Ni Ketut Sri Astati Sukawati, I Gusti Agung Gde Suryadarmawan, I Wayan Gede Darma Yoga, Christianto Imanuel Madi Mase Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Kurva Teknik https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jikt/article/view/7902 Thu, 30 Nov 2023 00:00:00 +0800 Perencanaan Desain Parkir Pada Kawasan Objek Wisata Pantai Kedungu Tabanan https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jikt/article/view/7903 <p>Parkir merupakan keadaantidak bergerak dari suatu kendaran yang bersifat sementara dengan jangka waktu tertentu karena ditinggalkan oleh pengemudinya. Parkir yang terdapat di Pantai Kedungu Tabanan saat ini merupakan ruang parkir yang dimiliki Pantai Kedungu Tabanan. Seiring berkembangnya Objek Wisata Pantai Kedungu Tabanan, penataan di Kawasan tersebut wajib diperhatikan. Penelitian ini berfokus pada perencanaan tata letak ruang parkir kendaraan roda dua serta kendaraan roda empat di Kawasan Areal Parkir Objek Wisata Pantai Kedungu Tabanan, karena parkir merupakan salah satu penunjang pariwisata agar pengunjung dapat merasakan kenyamanan serta dapat mewujudkan pola parkir yang memadai. Jenis data yang digunakan dalam perencanaan kebutuhan ruang parkir pada pantai Kedungu adalah data primer dan sekunder. Data primer yang digunakan adalah data <em>survey</em> inventaris ruang parkir dan <em>survey</em> keluar masuk kendaraan, sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi yang terkait seperti kantor Desa Belalang, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan sebagai pengelola area parkir tersebut yang meliputi luas areal parkir penelitian. Disain parkir setelah dilakukan perencanaan dan pengoptimalan lahan menghasilkan pola parkir untuk kendaraan roda dua berjumlah 1 blok (A) membentuk pola/sudut parkir 45° dengan SRP kendaraan roda dua yaitu 0,75 m x 2 m, dan lebar gang / manuver 2,3 m. sedangkan untuk kendaraan roda empat berjumlah 2 blok (B dan C) membentuk pola/sudut parkir 45° dengan menggunakan SRP kendaraan roda empat golongan II yaitu 5 m x 2,5 m. lebar gang / manuver sebesar 4 m.</p> I Ketut Sudipta Giri, Cokorda Putra Wirasutama, I Wayan Gede Darma Yoga, Ida Bagus Gede Mahardika Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Kurva Teknik https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jikt/article/view/7903 Thu, 30 Nov 2023 00:00:00 +0800