https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jikt/issue/feed Jurnal Ilmiah Kurva Teknik 2022-11-29T01:00:10+00:00 Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik tekniksipil@unmas.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Ilmiah Kurva Teknik merupakan media untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian murni atau terapan dalam arti luas tentang aspek Teknik Sipil mulai dari perencanaan (desain), pelaksanaan, pengawasan, operasional, <em>maintenance</em>, maupun manajemen konstruksi baik yang menyangkut bahan/material konstruksi, peralatan, dan strukturnya. Jurnal Ilmiah Kurva Teknik dikelola oleh Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar.</p> https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jikt/article/view/5354 Analisis Kelayakan Investasi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Di Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng 2022-11-26T03:16:18+00:00 I Wayan Diasa idiasamt@gmail.com Putu Doddy Heka Ardana oddyhekaardana@unr.ac.id I Ketut Widarmawa ketutwidarmawa@yahoo.com Tri Hayatining Pamungkas tri.hayatining@unr.ac.id <p>Penyediaan air minum di Kabupaten Buleleng dilakukan melalui Sistem Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dan Sistem Swakelola Masyarakat dalam bentuk Lembaga Unit Pengelola Sarana atau Kelompok Pengelola Sarana (UPS/KPS) ditingkat desa/kelompok. Namun di beberapa tempat di daerah Kabupaten Buleleng layanan PDAM Buleleng belum bisa memberikan pelayanan karena disebabkan oleh topografi wilayah kabupaten Buleleng yang berbukit, pemukiman penduduk yang menyebar dan potensi sumber air yang tidak merata. Desa wanagiri merupakan salah satu desa yang belum terlayani oleh PDAM Buleleng. Dalam tugas akhir ini, akan dilakukan Analisis yang bertujuan untuk mengetahui Kelayakan Sistem Penyediaan Air Minum yang nantinya diharapkan dapat menjadi acuan maupun alternatif dalam pemenuhan kebutuhan air di Desa Wanagiri. Penelitian ini mengumpulkan data yang berupa Data Sekunder berupa Peta Wilayah, Jumlah penduduk, Harga satuan upah dan bahan bangunan serta harga pompa dan perpipaan, sedangkan data primer yang digunakan yaitu debit air, letak Broncaptering, letak Reservoir Transmisi, letak Reservoir Distribusi, Beda tinggi (head), Letak rumah pompa dan Panjang pipa. Data diolah menggunakan metode analisis Benefit Cost Ratio (BCR), Nett present value (NPV) dan Internal Rate Return (IRR). Hasil Penelitian menunjukkan Sumber air yang ada di Desa Wanagiri Kecamatan Sukasada layak untuk memenuhi kebutuhan air saat ini sampai dengan 10 tahun kedepan dari perbandingan debit tersedia dengan debit kebutuhan terdapat surplus sebesar 0,57 l/dt pada tahun awal (2020) dan surplus sebesar 0,11 l/dt pada akhir tahun proyeksi (2030). Jika mengacu pada harga air PDAM Kabupaten Buleleng sebesar Rp. 2.130 / m3 diperoleh nilai BCR lebih kecil dari 1 (0,14 &lt; 1), nilai NPV bernilai negatif sebesar - Rp. 1.478.138.750 dan IRR &lt; MARR (7,3% &lt; 8,2%) sehingga sistem pompa yang direncanakan tidak layak secara finansial. Setelah dilakukan penyesuaian harga air dengan harga air sebesar Rp. 3.500 / m3 diperoleh nilai BCR lebih besar dari 1 (4,8 &gt; 1), nilai NPV bernilai positif sebesar&nbsp;&nbsp; Rp. 6.582.216.530 dan IRR &gt; MARR (8,8% &gt; 8,2%) sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem pompa yang direncanakan layak secara finansial.</p> 2022-11-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Kurva Teknik https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jikt/article/view/5428 Analisis Profil Muka Air Pada Saluran Drainase di Jalan Nagasari Penatih Denpasar 2022-11-26T03:41:50+00:00 Ida Bagus Suryatmaja bagussuryatmaja@unmas.ac.id Anak Agung Ratu Ritaka Wangsa ritaka2020@unmas.ac.id Anak Agung Ketut Agung Yoga Semadi gungyoga61@gmail.com <p>Kota Denpasar merupakan salah satu kota pariwisata yang menjadi unggulan daerah Bali. Pemerintah Kota Denpasar memberikan perhatian serius terhadap faktor-faktor yang akan mempengaruhi kunjungan wisata dalam mempertahankan dan menarik kunjungan wisatawan. Salah satu diantaranya menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Selain beberapa dampak positif, perubahan penggunaan lahan juga dapat menimbulkan dampak negatif. Dampak negatif yang terjadi adalah menurunnya daya serap tanah dan meningkatnya limpasan permukaan sehingga menyebabkan adanya daerah rawan banjir dan pada akhirnya menimbulkan keluhan masyarakat di daerah tersebut. Faktor penyebab banjir pada saluran drainase di Denpasar adalah adanya sedimen dan sampah, sehingga menghalangi saluran dan air tidak dapat mengalir dengan lancar. Perubahan tata guna lahan menyebabkan berkurangnya daerah tangkapan air. Kapasitas saluran yang ada saat ini tidak mencukupi untuk menampung kelebihan drainase saat hujan. Maka, penulis mengambil penelitian kapasitas debit eksisting dan profil muka air saluran eksisting drainase di Jalan Nagasari Penatih Denpasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yaitu melakukan pengukuran dari pengamatan langsung dan perhitungan terkait evaluasi kapasitas debit saluran eksisting dan pemodelan profil muka air saluran dengan program HEC-RAS. Hasil pemodelan HEC-RAS untuk profil muka air dari seluruh titik saluran terjadi aliran superkritis pada ketinggian permukaan air di titik River Sta. 2 untuk Q2th yaitu 0,17 m yang nilainya lebih rendah dari kaki permukaan air yaitu 0,45 m. Kapasitas debit saluran eksisting hasilnya sebagian besar di titik saluran tidak terjadi banjir pada kala ulang 2 tahun, sedangkan kala ulang 5 dan 10 tahun mengakibatkan terjadinya banjir karena melebihi kapasitas debit saluran eksisting.</p> 2022-11-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Kurva Teknik https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jikt/article/view/5426 Analisis Penerapan Konstruksi Hijau Pada Proyek Pembangunan Gedung Rektorat dan Dekanat Universitas Mahasaraswati Denpasar 2022-11-26T03:27:27+00:00 Tjokorda Istri Praganingrum praganingrum@unmas.ac.id Ni Luh Made Ayu Mirayani Pradnyadari mirayani2020@unmas.ac.id I Gede Gegiranang Wiryadi anankwiryadi27@gmail.com Cokorda Putra Wirasutama cok_putraft@unmas.ac.id Ni Putu Atika Hanny Vidary atikaahanny2@gmail.com <p>Konsep <em>green-construction</em> merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk menghadapi dampak negatif dari industri konstruksi. Konsep <em>green-campus</em> merupakan salah satu upaya awal dalam pengelolaan lingkungan kampus dengan partisipasi seluruh civitas akademika. Proyek Pembangunan Gedung Rektorat dan Dekanat Universitas Mahasaraswati Denpasar yang berlokasi di Jl. Kamboja No. 11A Denpasar merupakan proyek yang berupaya merencanakan konstruksi hijau untuk mewujudkan bangunan hijau. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses penerapan green construction pada proyek Pembangunan Gedung Rekotrat dan Dekanat Universitas Mahasaraswati Denpasar dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel konstruksi hijau diambil dari literatur yang dianalisis dengan <em>Analytical Hierarchy Process</em> dimana variabel konstruksi hijau telah disusun menjadi struktur yang kompleks dalam susunan hierarkis. Jumlah responden adalah 15 orang yang merupakan pihak yang terlibat dalam proyek, dimana 67% di antaranya diambil sampel dengan metode <em>purposive sampling</em>. Implementasinya, faktor pencapaian tertinggi diperoleh sebesar 80% pada faktor F11 penyimpanan dan perlindungan material, dan pencapaian tertinggi pada aspek penerapan yaitu 63% pada aspek A4 sumber daya dan siklus material. Sedangkan pencapaian penerapan faktor terendah dengan 16% pada faktor F15 konservasi dan efisiensi air, pencapaian terendah pada aspek penerapan dengan 27% pada aspek A6 konservasi air dan energi.</p> 2022-11-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Kurva Teknik https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jikt/article/view/5431 Desain Ruang Parkir Kendaraan Roda Dua Kampus Universitas Mahasaraswati Denpasar Cabang Gianyar 2022-11-28T03:20:10+00:00 Ni Ketut Sri Astati Sukawati sriastatisukawati@unmas.ac.id I Gusti Agung Gde Suryadarmawan suryaft12@unmas.ac.id Krisna Kurniari krisnakurniari@unmas.ac.id I Made Dwi Setiawan setiawan010399@gmail.com <p>Seiring berjalannya waktu, begitu pula tuntutan untuk melanjutkan pendidikan akademik. Dengan kemajuan dunia akademik, Universitas Mahasaraswati Denpasar memiliki delapan fakultas. Ini adalah program pascasarjana di mana pelatihan dan pendidikan guru, hukum, kedokteran gigi, teknik, pertanian dan bisnis, bisnis dan ekonomi, bahasa asing, farmasi, dan program dibuka. Baik program pendidikan maupun non-pendidikan. Untuk itu, setiap bab memiliki fasilitas untuk mendukung operasional akademik, termasuk menyediakan perencanaan ruang untuk mengakomodasi kebutuhan parkir. Sejauh ini belum pernah dilakukan penelitian mengenai analisis kapasitas parkir kendaraan roda dua di kawasan Universitas Mahasaraswati Denpasar Gianyar. Parkir di tempat di kampus ini hanya untuk kendaraan kendaraan roda dua. Berikut hasil jumlah petak dari desain rencana parkir A dan B dengan ukuran petak parkir 0,75 x 2,00 m. Desain A dengan menggunakan sudut parkir 90° dan 45° (Sesuai Gambar Desain) ini mendapatkan hasil SRP sebanyak 105 SRP. Dimana akses manuver masuk dan keluar yang sulit menyebabkan saat memarkirkan kendaraan roda dua harus mengangkat kendaraan roda dua terlebih dahulu, yang membuat rasa kenyaman untuk parkir menjadi berkurang. Desain B dimana penggunaan sudut parkir 90°, 60° dan 45° (Sesuai Gambar Desain) ini mendapatkan hasil SRP sebanyak 97 SRP. Dimana yang menyebabkan petak parkir menjadi berkurang sedangkan untuk rasa kenyamanan pengemudi melakukan manuver masuk dan keluar menjadi nyaman. Maka desain B yang terpilih dengan jumlah SRP (Satuab Ruang Parkir) sebanyak 97, maka untuk menghitung luas lahan kebutuhan parkir kendaraan roda dua dari jumlah pengguna parkir tertinggi di kampus Universitas Mahasaraswati Denpasar Cabang Gianyar saat ini sebanyak 283 SRP atau setara dengan 423,41 m², sedangkan jumlah ruang parkir yang tersedia sebanyak 97 SRP atau setara dengan 163,51 m². Maka kebutuhan ruang parkir tambahan yang diperlukan untuk memenuhi permintaan parkir sebanyak 186 SRP atau setara dengan 259,90 m².</p> 2022-11-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Kurva Teknik https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jikt/article/view/5423 Analisis Kinerja Struktur Gedung Beton Bertulang dengan dan tanpa Pasangan Dinding Pengisi Berlubang Terhadap Beban Gempa 2022-11-26T03:18:54+00:00 I Made Sastra Wibawa sastrawibawa@unmas.ac.id I Putu Agus Putra Wirawan agusputrawirawan2020@unmas.ac.id I Made Nada madenada@unmas.ac.id I Made Laksana Wira Saputra laksanawira123@gmail.com <p>Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh hasil yang jelas terkait bagaimana perbedaan kinerja dari struktur gedung beton bertulang dengan dan tanpa pasangan dinding pengisi berlubang terhadap beban gempa. Studi kasus untuk penelitian ini yaitu perencanaan pemodelan bangunan yang berlokasi di Pulau Lombok, Kota Mataram. Dinding pengisi diaplikasikan dengan metode elemen strat diagonal, dengan peruntukan struktur gedung kantor, variasi gedung 3 dan 5 lantai dan tinggi tiap lantainya yaitu 3,5 meter. Dinding struktur gedung 3 dan 5 lantai dibuat dengan ketebalan 120 mm setiap tingkat. kemudian dilakukan analisis <em>statik non linier</em> <em>pushover</em> menggunakan <em>software</em> SAP2000. Output dari analisis ini yaitu nilai dari kinerja struktur rangka terbuka (RT), rangka dengan dinding pengisi solid (RDPS), dan rangka dengan dinding pengisi berlubang (RDPB), untuk bukaan dinding digunakan rasio sebesar 30%. Hasil analisis menunjukan bahwa struktur RDPS memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan 2 model lainnya, diperoleh kondisi <em>Immediate Occupancy </em>(IO) yang dimana struktur gedung aman terhadap beban gempa, struktur utama gedung tidak mengalami kerusakan dan tidak mengalami kerusakan nonstruktural, struktur masih aman dan bisa kembali berfungsi sesuai peruntukan. Dari segi kekuatan struktur diperoleh hasil dari model RDPS yang paling bagus, tetapi dari segi daktilitas struktur diperoleh hasil dari model RDPB yang paling bagus.&nbsp;</p> 2022-11-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Kurva Teknik https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jikt/article/view/5429 Analisis Resource Leveling Pada Proyek Pembangunan Rusun Aspol Sanglah T.36 Bertingkat 4 Lantai 2022-11-26T03:43:19+00:00 I Gede Ngurah Sunatha ngurahsunatha@unmas.ac.id Ni Luh Made Ayu Mirayani Pradnyadari mirayani2020@unmas.ac.id Ni Made Dwijayanti Wintari djwintarii@gmail.com <p>Dalam suatu proyek konstruksi terdapat proses-proses yang menangani sumber daya, salah satunya adalah tenaga kerja. Tenaga kerja merupakan sumber daya penting yang mempengaruhi kegiatan proyek. Ketidakseimbangan dan fluktuasi dalam distribusi pekerjaan menyebabkan masalah dalam perencanaan konstruksi, sehingga teknik leveling sumber daya, atau leveling sumber daya, harus diterapkan untuk meminimalkan kelebihan atau kekurangan sumber daya. Pada proyek Pembangunan Rusun Aspol Sanglah T.36 Bertingkat 4 Lantai dengan luas tanah 1003,2 m<sup>2</sup> yang berlokasi di Jl. Diponogoro, Sanglah Denpasar, terdapat ketidakseimbangan antara ketersediaan dengan kebutuhan tenaga kerja. Pada penelitian ini dilakukan dua tahap analisis yaitu pertama analisis data yang diantaranya pengolahan data kuantitatif berupa Rencana Anggaran Biaya (RAB), <em>Time Schedule</em>, Daftar Analisa Pekerjaan, Daftar Harga Upah, dan Laporan Harian. Analisis yang kedua yaitu Analisis <em>Resource Leveling</em> berbasis <em>Microsoft Office Project 2007.</em>Hasil dari penelitian ini setelah dilakukan penerapan<em> Resource Leveling </em>adalah diketahui sumber daya manusia yang mengalami fluktuasi diantaranya Mandor, Kepala Tukang, Tukang Kayu, Tukang Batu, Tukang Besi dan Pekerja. Didapatkan alokasi tenaga kerja yang optimal adalah Mandor sebanyak 4 orang, Kepala Tukang 27 orang, Tukang Batu 36 orang, Tukang Kayu 41 orang, Tukang Besi 61 orang dan Pekerja 83 orang. Untuk biaya tidak mengalami perubahan yaitu sebesar Rp.1.044.368.820, lalu untuk waktu mengalami perubahan dimana durasi awal sebelum dilakukan <em>leveling</em> adalah 166 hari menjadi 187 hari, terjadi penambahan waktu pelaksanaan sebesar 12,65% dari waktu awal.</p> 2022-11-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Kurva Teknik https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jikt/article/view/5427 Analisis Penyebab dan Dampaknya Kerusakan Infrastruktur Jalan Terhadap Para Pengguna Jalan dan Masyarakat Sekitar 2022-11-26T03:38:41+00:00 I Gusti Agung Istri Lestari gekistri82@unmas.ac.id I Gede Angga Diputera anggadiputera@unmas.ac.id I Ketut Diartama Kubon Tubuh diartamakubon@unmas.ac.id Afra Sulista Jiman afrasulista@gmail.com <p>Salah satu penyebab kerusakan jalan adalah perilaku pengguna jalan, seperti kesalahan perencanaan atau pelaksanaan dan pemeliharaan jalan yang tidak memadai. Permasalahan pada ruas jalan Benteng Jawa saat ini mengalami rusak parah, ada beberapa ruas jalan tidak berfungsi dengan baik dan mempengaruhi kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan dan masyarakat sekitar. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui penyebab dan dampak dominan dari kerusakan infrastruktur jalan pada ruas jalan Benteng Jawa, Kabupaten Manggarai Timur terhadap para pengguna jalan dan masyarakat sekitar. Responden dalam penelitian ini sebanyak 74 responden, yang terdiri dari 10 orang responden yang terlibat dalam proyek rehabilitasi ruas jalan Benteng Jawa dan 64 orang responden para pengguna jalan dan masyarakat sekitar yang melintasi ruas jalan Benteng Jawa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kuantitatif, dan analisis deskriptif penelitian ini berdasarkan jawaban terbanyak dari semua responden terhadap item pertanyaan penyebab dan dampak kerusakan infrastruktur ruas jalan Benteng Jawa. Penyebab dan dampak dominan ditentukan dari nilai persentase atau (frekuensi) tertinggi terhadap hasil kuesioner penyebab dan dampak dari kerusakan ruas jalan Benteng Jawa. Berdasarkan analisis dan hasil jawaban semua responden terhadap setiap item pertanyaan yaitu terdapat 10 penyebab yang bersifat dominan, salah satunya yaitu: Sifat material konstruksi perkerasan jalan yang kurang baik atau kesalahan dalam pemilihan material yang tepat, adanya pengaruh dari daya dukung tanah dasar, dan kerusakan jalan akibat perencanaan lapisan perkerasan jalan yang tipis. Dan ada 8 dampak yang bersifat dominan, salah satunya yaitu: Kecemasan dalam melewati jalan yang rusak, guncangan yang berlebihan saat berkendara, akibat kondisi ruas jalan yang rusak, pengaruh kondisi infrastruktur jalan yang sekarang, terhadap aktivitas kerja maupun kegiatan lainnya.</p> 2022-11-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Kurva Teknik https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jikt/article/view/5424 Analisis Kinerja Waktu dan Biaya Pelaksanaan Proyek dengan Metode Earned Value Pada Proyek Pembangunan Jembatan Pangkung Dalem Ruas Jalan Gitgit-Wanagiri 2022-11-26T03:22:51+00:00 Ida Ayu Putu Sri Mahapatni mahapatni@unhi.ac.id Cokorda Putra cokguwang@gmail.com Kadek Eka Murwanta ekamurwanta@gmail.com <p>Untuk mencapai pembangunan yang berbobot dan ideal maka diperlukan manajemen yang tersusun dengan baik agar proyek dapat selesai tepat waktu dan sesuai dengan jadwal. Untuk itu diperlukan adanya pengendalian proyek yang dapat dilakukan dengan evaluasi kinerja dan kapan diperlukan langkah perbaikan. Pemantauan dan pengendalian disamping memerlukan perencanaan yang realistis sebagai tolak ukur pencapaian sasaran, juga harus dilengkapi dengan teknik dan metode yang dapat segera mengungkapkan tanda-tanda terjadinya penyimpangan. Dalam konsep <em>earned value</em> akan dikaji tentang berapakah perkiraan biaya dan waktu aktual untuk menyelesaikan proyek serta bagaimanakah kinerja waktu dan biaya pelaksanaan proyek. Lokasi penelitian ini dilakukan pada proyek Pembangunan Jembatan Pangkung Dalem Ruas Jalan Gitgit - Wanagiri di Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode <em>Earned Value. </em>Sumber data diperoleh melalui wawancara, dan observasi secara langsung terhadap para responden dari pihak kontraktor pelaksana PT. Adi Murti.Berdasarkan hasil penelitian dengan metode <em>Earned Value </em>perkiraan waktu penyelesaian pekerjaan atau <em>Estimate All Schedule </em>(EAS) adalah 67,25 minggu, jauh lebih lambat dari jadwal rencana yaitu 43 minggu dengan biaya penyelesaian proyek sebesar nilai <em>Estimate All Cost</em> (EAC) yaitu Rp. 8.862.419.697.52 jauh lebih besar dari nilai <em>Budgeted At Completion</em> (BAC) yaitu sebesar Rp. 6.690.571.000,00. Sehingga selisih antara EAC dengan BAC yaitu sebesar 32,46%. Analisis kinerja dengan <em>Earned Value </em>pada saat pelaporan yang telah dicapai pada minggu ke-25 menunjukkan kinerja pelaksanaan proyek mengalami keterlambatan dengan biaya pelaksanaan proyek lebih besar dari biaya yang telah dianggarkan.</p> 2022-11-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Kurva Teknik https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jikt/article/view/5430 Analisis Volume Lalu Lintas Ruas Jalan Gunung Agung di Kota Denpasar 2022-11-26T03:44:56+00:00 I Ketut Sudipta Giri diptagiri_ft@unmas.ac.id Cokorda Putra Wirasutama cok_putraft@unmas.ac.id Gerardus Pati L Mukang umukang97@gmail.com <p>Transportasi merupakan aktivitas pemindahan orang dan barang dari suatu tempat ke tempat lainya. pada transportasi terdapat unsur pergerakan dan secara fisik terjadi perpindahan atas orang atau barang dengan atau tanpa alat pengangkut ke kawasan lain. Kemacetan lalu lintas merupakan masalah salah satu persoalan serius yang dihadapi kota-kota besar di Indonesia. Adapun tahapan penelitian ini diawali menggunakan pendalaman literatur yang akan dipergunakan menjadi pedoman dan acuan dalam melaksanakan penelitian. lalu dilanjutkan menggunakan survei lapangan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan sehingga dapat menyusun laporan menjadi pendukung pada menganalisis. Penelitian ini dilakukan menggunakan dasar pertimbangan permasalahan pada lapangan yang semakin meningkat. Arus lalu lintas yang padat serta bercampur mengakibatkan kecelakaan lalu lintas. persoalan semakin bertambahnya kepemilikan kendaraan yang semakin meningkat tidak di imbangi dengan tersedianya jaringan jalan baru sebagai akibatnya akan mengakibatkan lalu lintas semakin padat serta terjadinya stagnasi. Adapun tujuan penelitian yg ingin dicapai berasal penelitian ini ialah buat mengetahui volume lalu lintas pada waktu jam puncak. sesuai hasil analisis maka dihasilkan volume lalu lintas kendaraan tertinggi hari Minggu terjadi pada pukul 18.3- 19.3 wita sebesar 1877, 5 SMP/jam. puncak volume lalu lintas tertinggi hari Senin terjadi pada pukul 18.3 – 19.3 wita sebesar 1753,3 SMP/jam. Sedangkan puncak volume lalu lintas tertinggi hari Jumat terjadi di pukul 11.45 – 12.45 wita sebesar 1832 SMP/jam.</p> 2022-11-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Kurva Teknik