PERLINDUNGAN HUKUM BAGI WISATAWAN PADA OBJEK WISATA TIRTA ARUNG JERAM SUNGAI AYUNG DI KABUPATEN GIANYAR

Authors

  • Ida Bagus Indra Brahmana Fakultas Hukum Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ngurah Anom Fakultas Hukum Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

White Rafting, Legal Protection, Tourists

Abstract

The scope of this research is on rafting attractions by focusing the research subject on tourists who use rafting tourism services, and the location is in PT. Tear Bali. The formulation of research problems is related to legal protection for tourists in tirta rafting attractions and about the responsibility of Ayung River rafting business actors in Gianyari Regency to face losses experienced by tourists. The results of the analysis show that legal protection for users of Tirta Arung Jeram Sungai Ayung services in Gianyar Regency at PT Bali Sobek Utama has been realized. This is evidenced by the good faith of PT. Sobek Bali Utama which carries out its business activities by realizing protection in the form of providing insurance to consumers / tourists who have been covered or included in tour packages provided in accordance with applicable law. In addition, the responsibility of rafting business actors at PT Sobek Bali Utama has been carried out properly in accordance with the provisions of the Law regulated in article 26 letter d, e and letter n in Law Number 10 of 2009 concerning Tourism.

References

Buku

Diantha, I Made Pasek, 2017, Metodologi Penelitian Hukum Normatif Dalam Justifikasi Teori Hukum, PT Fajar Interpratama Mandiri, Jakarta

Gamal Suwantoro, 2004, Dasar-Dasar Pariwisata, ed, II, Andi Offseet, Yogyakarta

Gelgel, I Putu, 2021, Hukum Kepariwisataan Dan Kearifan Lokal, Denpasar: UNHI Press

Happy Susanto, 2008, Hak-Hak Konsumen Jika Dirugikan, Visimedia, Jakarta,

Mahriani, E, Manajemen Pariwisata, (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis), Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung

Marzuki, Peter Mahmud, 2005, Penelitian Hukum, Kencana Primada Media, Jakarta

Miru, Ahmad dan Sutarman Yodo, 2004, Hukum Perlindungan Konsumen, Raja Grafindo Persada, Jakarta

Nasution, Az, 1995, Konsumen dan Konsumen: Tinjauan Sosial, Ekonomi dan Hukum Pada Perlindungan Konsumen Indonesia, cet, I, Pustaka Sinar, Jakarta

Nugroho, Susanti Adi, 2008, Proses Penyelesaian Sengketa Konsumen Ditinjau dari Hukum

Acara Serta Implementasinya, Jakarta

Kendala Kencana,

Sidharta, 2000, Hukum Perlindungan Konsumen Indonesia, PT, Gramedia Widiasarna Indonesia/ Grasindo, Jakarta

Widiatedja, I,G,N, Parikesit, 2010, Liberalisasi Jasa dan Masa Depan Pariwisata Kita, Udayana University Press, Denpasar

Jurnal

Dewi, Cokorde Istri Dian Laksmi, 2018, Tanggung Jawab Pengusaha Pariwisata Terhadap Kegiatan Wisata Berisiko Tinggi, Jurnal Yustitia, Vol 12 No 2, Hal: 76-87

Irna

Nurhayati, 2011, Pertanggungjawaban Produsen Terhadap Konsumen dalam Perspektif UU No, 8 Tahun 1999, Jurnal Hukum Bisnis V olume 30 Nomor I, Hal:1-30

Pradnyawati, Ni Ketut, Dewa Gde Rudy, Suatra Putrawan, 2018, Tanggung Jawab Pengelola Kawasan Pariwisata Atas Kerugian Wisatawan Pada Obyek Wisata Tirta Gangga Karangasem, Jurnal Hukum Bisnis Fakultas Hukum Universitas Udayana, hlm, 1-6

Rahayu, Ni Made Novi dan Widiastari A,A, Sri Indrawati, 2016, Pengaturan Perlindungan Hukum Terhadap Wisatawan, Jurnal Hukum Keperdataan Fakultas Hukum Universitas Udayana

Suparta, I Ketut dan Ni Nyoman Triyuni, 2014, Tanggung Jawab Pengusaha Terhadap Wisatawan Pada Usaha Wisata Tirta Di Bali, Soshum Jurnal Sosial Dan Humaniora, VOL, 4, NO,2, Hal: 110-120

Suryadewa, I Gusti Ngurah Agung dan Ida Ayu Putu Widiati, I Wayan Arthanaya, 2019, Perlindungan Hukum Terhadap Wisatawan oleh Biro Perjalanan

Wisata di Kabupaten Badung, Jurnal Analogi Hukum, 1 (3), Hal: 336–340

Makalah

Antariksa, Basuki, 2017, Penegakan Hukum Pariwisata Di Dki Jakarta Sebagai Destinasi Pariwisata Internasional, Makalah Pusat Penelitian dan Pengembangan Kepariwisataan, Hal: 1-13

Internet

Hukum Online. 2021. Tanggung Jawab Pengelola Tempat Wisata Jika Terjadi Kecelakaan. https://www.hukumonline.com/k linik/a/tanggung-jawab- pengelola-tempat-wisata-jika- terjadi-kecelakaan- lt53cce020acdc0

Nusa Bali. 2021. 26 November 2021. Diakses pada 15 Januari 2022. https://www.nusabali.com/berita /107202/rombongan-wisata- rafting-diterjang-longsor

Peraturan Perundang-Undangan

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 1999Nomor 42, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3821

Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan, Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 2009 Nomor 11, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4966

Perda Provinsi Bali No. 5 Tahun 2020 Tentang Perlindungan Hukum Wisatawan

Peraturan Gubernur Bali Nomor 28 Tahun 2020 Tentang Tata Kelola Pariwisata Bali

Downloads

Published

2023-04-01