Perlindungan Hukum Terhadap Karya Film Ciptaan Mahasiswa Institut Seni Indonesia Di Denpasar

Authors

  • Kadek Vidia Tamara Noviyanti Fakultas Hukum Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Agus Vijayantera Fakultas Hukum Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Hak Cipta, Karya Cipta Film, Institut Seni Indonesia.

Abstract

Mengingat pentingnya Hak Cipta termasuk karya cipta film, maka setiap pencipta film baru berhak mendapatkan perlindungan dan manfaat dari Hak Cipta akan ciptaannya dengan cara mencatatkan hak ciptanya. penelitian ini adalah penelitian yuridis empiris dengan jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan fakta (The Fact Approach) dan pendekatan perundang-undangan (The Statue Approach). Dalam skripsi ini dibahas mengenai pelaksanaan perlindungan hukum terhadap karya cipta film ciptaan mahasiswa Institut Seni Indonesia Denpasar dan faktor penghambat dalam memberikan perlindungan hukum terhadap karya cipta film ciptaan mahasiswa Institut Seni Indonesia Denpasar. Pelaksanaan perlindungan terhadap karya film ciptaan mahasiswa di Institut Seni Indonesia di Denpasar belum bisa diterapkan secara sempurna dan mengalami banyak kendala.

References

Adrian Sutedi, 2013, Hak Atas Kekayaan Intelektual, Edisi 1 Cetakan 2, Sinar Grafika, Jakarta.

Alex Sobur, 2004, Analisis Teks Media; Suatu Pengantar untuk Analisis

Darji Darmodiharjo dan Shidarta, 1995, Pokok-Pokok Filsafat Hukum: Apa dan Bagaimana Filsafat Hukum Indonesia, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Djam’an Satori dan Aan Komariah, 2009, Metodelogi Penelitian Kualitatif, Alfabeta, Bandung.

Jurnal

Agus Triyana, Hak Milik Intelektual dalam Pandangan Hukum Islam, dalam Jurnal Hukum No. 17 Vol. 8 Juni 2001.

D. A. Stefano, H. Saptono, dan S. Mahmudah, 2016, Perlindungan Hukum Pemegang Hak Cipta Film Pelanggaran Hak Cipta Dilakukan Situs Penyedia Layanan Film Streaming Gratis di Internet Menurut UndangUndang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, Vol. 5, No. 3, Diponegoro Law Journal, Fakultas Hukum, Universitas Diponegoro, Semarang.

Dede Sukma Aristya dan Nyoman Mas Ariani, 2016, Perlindungan Hukum terhadap Produsen atas Penyebaran DVD Bajakan di Indonesia Ditinjau dari Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014”, Vol. 4, No. 4, Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum Kertha Semaya, Fakultas Hukum, Universitas Udayana, Bali

Gusti Agung Putri Krisya Dewi dan I Wayan Novy Purwanto, Pelaksanaan Hukum Terhadap Pelanggaran Hak Cipta Di Bidang Pembajakan Sinematografi (Film/Video), Jurnal hukum, Fakultas Hukum Universitas Udayana.

Downloads

Published

2022-10-30