FUNGSI SUBAK UMA LAMBING DALAM UPAYA PENCEGAHAN ALIH FUNGSI LAHAN PERTANIAN DI DESA ADAT SIBANGKAJA

Authors

  • I Putu Gede Ambara Putra Fakultas Hukum Univeritas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Lantika Oka Permadi Fakultas Hukum Univeritas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Subak, Subak Uma Lambing, Alih Fungsi

Abstract

Menurut Peraturan Daerah Provinsi Bali No.02/PD/DPRD/1972 Subak adalah suatu masyarakat hukum adat yang memiliki karakteristik agraris religius yang merupakan perkumpulan petani yang mengelola air irigasi di lahan sawah. Subak Uma Lambing terletak di Desa Adat Sibangkaja, Kec. Abiansemal, Kabupaten Badung yang memiliki keunikan dan keunggulan dalam hal pengelolaan sistem pertanian tradisional masyarakat Bali, memiliki kelemahan seperti layaknya manusia tidak bisa dipisahkan dari perbuatan baik dan buruk. Seiring tuntutan jaman yang terjadi adalah keperluan lahan untuk permukiman dan fasilitas wisata yang memerlukan lahan yang tidak sedikit sehinga subak sebagai organisasi tradisional masyarakat petani di Bali memiliki kewenangan untuk mengendalikan ahli fungsi lahan dalam masyarakat di Bali. Kendala yang dialami dalam pencegahan alih fungsi lahan karena kurangnya pelaporan yang dilakukan oleh krama subak yang akan mengalih fungsikan lahan pertaniannya serta karena adanya faktor sosial ekonomi dan karena meningkatnya jumlah penduduk (keturunan).

References

Buku

Artadi, I Ketut, 2012, Hukum Adat Bali Dengan Aneka Masalahnya. Denpasar: Pustaka Bali Post.

Soerjono Soekanto dan Sri Mamuji, 1995, Penelitian Hukum Normatif Suatu Tinjauan Singkat, Edisi I Cet V, PT. Grafindo Persada, Jakarta.

Ni Luh Nyoman Kebayantini, I Nyoman Sumerta Miwada, I Nengah Simpen, 2017 Subak Dengan Segala Potensi Dan Aktivitasnya Di Desa Mambang, Bali: Hikara Jnana.

Peraturan Perundang-Undangan

Peraturan Daerah Pemerintah Provinsi Bali No. 02/PD/DPRD/1972 Tentang Subak.

Jurnal

Peter Mahmud Marzuki, 2006, Penelitian Hukum, Kencana Prenada Media Grup, Jakarta, hal.137.

Internet

http://bali.bps.go.id/tabel_detail.php?ed=dynamic_reg

Downloads

Published

2022-03-25