PELAKSANAAN PENYEDIAAN JASA ANGKUTAN PARIWISATA TERHADAP FASILITAS BAGI PENYANDANG DISABILITAS DI KOTA DENPASAR

  • Made Arta Kusuma I Wayan Wiasta
Keywords: Kata Kunci : Pelaksanaan, Jasa Angkutan, Penyandang Disabilitas

Abstract

Aksesibilitas menjadi isu yang semakin popular seiring dengan meningkatnya tuntutan dari kalangan penyandang disabilitas dan lanjut usia untuk memperoleh akses yang sama. Pada transportasi publik transportasi memegang peranan penting dalam kehidupan tidak terkecuali penyandang cacat, sehingga perlu dikaji guna menyediakan jasa angkutan pariwisata terhadap fasilitas bagi penyandang disabilitas. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian skripsi ini yaitu pelaksanaan penyediaan fasilitas bagi penyandang disabilitas pada jasa angkutan pariwisata dan kendala penyedia jasa angkutan pariwisata terhadap fasilitas bagi penyandang disabilitas pada jasa angkutan pariwisata dan bagaimana upaya untuk mengatasinya.

       Metode  penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah metode penelitian hukum empiris. Metode penelitian hukum empiris ini mengkaji berdasarkan teori dan praktek di kehidupan nyata.

Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah penyediaan fasilitas bagi penyandang disabilitas dalam jasa angkutan pariwisata di Kota Denpasar seluruh perusahaan di bawah pengelolaan Dinas Perhubungan tidak menyediakan fasilitas. Akses fasilitas bagi penyandang disabilitas belum sepenuhnya memadai karena kurangnya dana dan sumber daya manusia. Mengatasi hal tersebut dengan memfasilitasi mengenai fasilitas sesuai peraturan perundang-undangan

Published
2021-04-01
Section
Articles