EMAS
https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas
<p><strong>EMAS</strong> merupakan jurnal ilmiah untuk ilmu ekonomi, manajemen dan bisnis yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar. Jurnal ini sebagai sarana publikasi hasil penelitian Dosen dan mahasiswa S1 dalam meningkatkan mutu penelitian perguruan tinggi. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah dipublikasi sebelumnya berupa artikel yang merupakan hasil penelitian. artikel berkaitan dengan Ilmu Manajemen dan Bisnis. Penerbitan jurnal ini dilakukan setiap bulannya selama setahun.</p>en-USprayogamade@unmas.ac.id (I Made Surya Prayoga, SE., MM.)ardika.unmas@gmail.com (I Gede Ardika Susena, S.Kom)Tue, 15 Oct 2024 23:37:56 +0800OJS 3.3.0.10http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss60PENGARUH KOMPETENSI, WORK LIFE BALANCE DAN ETOS KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA KOPERASI PINANG SARI ABIANSEMAL
https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10050
<p>Kinerja karyawan adalah hasil atau <em>output </em>yang didapat dalam menyelesaikan pekerjaan atau tanggung jawab seseorang guna mencapai tujuan perusahaan. Adanya penurunan kinerja karyawan Koperasi Pinang Sari Abiansemal yang dapat dilihat dari ketidaktercapaian target realisasi pinjaman. Hal ini disebabkan rendahnya kompetensi yang dimiliki karyawan, rendahnya <em>work life balance</em> karyawan dan masih rendahnya etos kerja karyawan. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja karyawan dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu kompetensi, <em>work life balance </em>dan etos kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Koperasi Pinang Sari Abiansemal yang berjumlah 37 orang. Penentuan sampel menggunakan teknik <em>sampling </em>jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 37 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, analisis korelasi berganda, uji kelayakan model (uji statistik F, analisis korelasi berganda, koefisien determinasi dan uji statistik t). Hasil pengujian menunjukkan bahwa kompetensi, <em>work life balance </em>dan etos kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Koperasi Pinang Sari Abiansemal.</p>I Made Duwika Ramanda, A.A Dwi Widyani , I Dewa Made Arik Permana Putra
Copyright (c) 2024
https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10050Tue, 15 Oct 2024 00:00:00 +0800PENGARUH PELATIHAN KERJA, KOMPENSASI, DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA IZZI LOUNGE HOOKAH BALI
https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10051
<p>Setiap organisasi atau perusahaan baik pemerintah maupun swasta pada dasarnya merupakan wadah yang digunakan untuk menampung berbagai potensi sumber daya manusia untuk bekerja bersama-sama, saling berhubungan, saling bergantung dan tersusun dalam struktur yang terorganisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Dalam hal ini sumber daya manusia baik yang menduduki posisi pemimpin atau anggota adalah faktor penting dalam setiap organisasi atau perusahaan demi mencapai sasaran organisasi atau perusahaan tersebut.</p> <p>Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Pelatihan Kerja, Kompensasi, dan Pengembangan Karir terhadap kinerja karyawan pada Izzi Lounge Hookah Bali Populasi penelitian adalah seluruh karyawan Izzi Lounge Hookah Bali. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang, dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik sensus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, studi dokumentasi, wawancara, dan kuesioner.</p> <p>Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pelatihan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Izzi Lounge Hookah Bali, Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Izzi Lounge Hookah Bali dan Pengembangan Karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Izzi Lounge Hookah Bali</p>Ni Made Satya Utami, Anak Agung Putu Agung, Ni Komang Ariyanti
Copyright (c) 2024
https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10051Tue, 15 Oct 2024 00:00:00 +0800PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, DISIPLIN KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. BANK MANDIRI (Persero) Tbk. CABANG DEWI SRI
https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10052
<p>Peningkatan kinerja karyawan akan membawa kemajuan bagi perusahaan untuk dapat bertahan dalam suatu persaingan lingkungan bisnis yang tidak stabil. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan adalah lingkungan kerja, disiplin kerja dan stres kerja. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja, disiplin kerja dan stres kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cabang Dewi Sri. Populasi dalam penelitian ini ialah karyawan yang bekerja pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cabang Dewi Sri. Jumlah sampel dari penelitian ini sama dengan jumlah populasi sebanyak 30 karyawan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Kantor Cabang Dewi Sri. Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Kantor Cabang Dewi Sri. Stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Kantor Cabang Dewi Sri.</p>Ni Luh Putu Arik Juniari, Ni Made Dwi Puspitawati, Ni Luh Gede Putu Purnawati
Copyright (c) 2024
https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10052Tue, 15 Oct 2024 00:00:00 +0800PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KOMUNIKASI, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA UD. SUMBER REJEKI
https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10053
<p>Penelitian kali ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Komunikasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada UD. Sumber Rejeki. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada UD. Sumber Rejeki yang berjumlah 36 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 orang yang ditentukan menggunakan teknik sampel jenuh. Data dalam penelitian ini didapat melalui hasil penyebaran kuesioner yang nantinya dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa: Kepemimpinan Transformasional, Komunikasi dan Disiplin Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan pada UD. Sumber Rejeki. Melihat hasil penelitian, Maka peneliti sarankan agar pimpinan UD. Sumber Rejeki Bali memberikan dorongan atau motivasi untuk seluruh karyawan seperti memberikan kompensasi untuk karyawan yang mampu mencapai target kerja agar meningkatkan semangat kerja karyawan</p>I Made Arya Kresna K.P , Anak Agung Dwi Widyani, Tiara Carina
Copyright (c) 2024
https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10053Tue, 15 Oct 2024 00:00:00 +0800PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN RISIKO BISNIS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN STUDI PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10054
<p>Manajemen keuangan merupakan salah satu elemen penting dalam pencapaian tujuan suatu perusahaan, karena manajemen keuangan itu sendiri adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh manajemen untuk merencanakan, mengelola dan mengawasi segala aktivitas yang berkaitan dengan keuangan dalam suatu perusahaan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, likuiditas, dan risiko bisnis terhadap nilai perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019 sampai dengan tahun 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2019-2021 yang berjumlah 46 perusahaan.</p> <p>Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah <em>non probability sampling</em>, dengan metode <em>purposive sampling. </em>Berdasarkan kriteria sampel tersebut, jumlah sampel yang memenuhi kriteria untuk digunakan dalam penelitian ini sebanyak 43 perusahaan dengan periode penelitian 3 tahun. Sehingga jumlah sampel observasi sebanyak 129 data pengamatan. Teknik analisis yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kuantitatif.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021, likuiditas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021, risiko bisnis berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021.</p>Ni Ketut Ceria Dewi, I Wayan Widnyana, Gregorius Paulus Tahu
Copyright (c) 2024
https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10054Tue, 15 Oct 2024 00:00:00 +0800PENGARUH KOMPENSASI, SERVANTLEADERSHIP DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA LPD UBUD
https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10055
<p>Kinerja pegawai merupakan faktor utama yang harus diperhatikan oleh sebuah organisasi, karena dengan kinerja pegawai yang baikmaka tujuan organisasi dapat tercapai dengan optimal. Berdasarkan hasil observasi awal, permasalahan yang ada pada LPD Padangtegal Ubud Gianyar adalah kecenderungan keterlambatan pegawai, dilihat dari persentase rata-rata keterlambatan karyawan. Kompensasi yang diberikan masih dibawah UMK Gianyar, Kurangnya kasih sayang seorang pemimpin sebagai unsur pelayan dan karyawan kurang taat terhadap aturan perusahaan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kompensasi, Servant Leadership dan Disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada LPD Padangtegal Ubud Gianyar. Penelitian ini dilakukan pada LPD Padangtegal Ubud Gianyar dengan menggunakan populasi dan sampel sebanyak 35 orang Karyawan sebagai responden penelitian. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan software SPSS versi 25. Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi, Servant Leadership dan disiplin kerja secara masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada LPD Padangtegal Ubud Gianyar sehingga semakin baik Kompensasi, Servant Leadership dan Disiplin kerja dalam organisasi maka semakin meningkat kinerja karyawan pada LPD Padangtegal Ubud Gianyar.</p>Ni Nyoman Ari Novarini, Ni Putu Ayu Sintya Saraswati, I Made Andika Putra
Copyright (c) 2024
https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10055Tue, 15 Oct 2024 00:00:00 +0800PENGARUH BRAND IMAGE, PERSEPSI HARGA, DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE WARDAH DI KOTA DENPASAR
https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10056
<p>Peningkatan pertumbuhan skincare setiap tahunnya membuat banyak brand skincare baru yang <br>bermunculan, tentunya akan membuat persaingan dunia bisnis skincare semakin ketat. Penelitian ini bertujuan <br>untuk mengetahui pengaruh brand image, persepsi harga, dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian <br>produk skincare Wardah di Kota Denpasar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen skincare <br>Wardah di Kota Denpasar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling <br>dengan jumlah responden sebanyak 100. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. <br>Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand image, persepsi harga, dan brand ambassador berpengaruh positif <br>dan signifikan terhadap keputusan pembelian</p>Ni Made Dwiyanti, Ni Wayan Eka Mitariani, I Gede Yudhi Hendrawan
Copyright (c) 2024
https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10056Tue, 15 Oct 2024 00:00:00 +0800Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk Dan Elektronik Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Minat Beli Konsumen Di Lanakila Bali
https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10057
<p>Penelitian ini dilakukan berdasarkan kesenjangan hasil penelitian terdahulu (<em>research gap</em>). Selain itu, terdapat pula permasalahan penelitian (<em>research problem</em>) tentang berfluktuasinya minat beli konsumen dari bulan Januari sampai bulan Desember tahun 2022. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh <em>digital marketing</em>, kualitas produk, <em>elektronik word of mouth</em> (e-wom) terhadap minat beli konsumen di Lanakila Bali. Populsi penelitian adalah seluruh konsumen yang berbelanja di Lanakila Bali. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 118 responden yang diambil menggunakan teknik <em>purposive sampling</em>. Metode analisa informasi dalam studi ini ialah Uji instrumen, Uji regresi linier berganda, Uji F serta Uji t. Hasil penelitian menununjukkan bahwa <em>digital marketing</em>, kualitas produk, <em>elektronik word of mouth</em> (e-wom) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen di Lanakila Bali. Saran bagi penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menambahkan variabel lain.</p>Komang Ayu Tri Aristya Dewi, Ni Putu Nita Anggraini, I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi
Copyright (c) 2024
https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10057Tue, 15 Oct 2024 00:00:00 +0800PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, MOTIVASI DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAAN PDAM TIRTA MANGUTAMA KABUPATEN BADUNG
https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10058
<p>Kepuasan kerja adalah suatu perasaan menyenangkan atau tidak menyenangkan pegawai yang berhubungan dengan pekerjaannya maupun dengan kondisi dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Dan Pengembangan Karir Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Perusahaan Pdam Tirta Mangutama Kabupaten Badung.</p> <p>Penelitian ini dilakukan pada Perusahaan PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Perusahaan PDAM Tirta Mangutama sebanyak 78 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini yakni menggunakan metode sampling jenuh (<em>total sampling</em>), maka ditetapkan pengambilan sampel dengan jumlah 78 pegawai. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada Perusahaan PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung. Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada Perusahaan PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung. Pengembangan Karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada Perusahaan PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung.</p>Made Ika Prastyadewi, I Nyoman Resa Adhika, Si Ngurah Bagus Arya Kusuma
Copyright (c) 2024
https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10058Tue, 15 Oct 2024 00:00:00 +0800PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, KEWAJARAN HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP DI HOTEL HOLIDAY INN EXPRESS BARUNA BALI
https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10059
<p>Penelitian ini menginvestigasi pengaruh <em>Online Customer Review</em>, Kewajaran Harga, Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Menginap di industri perhotel. Implikasi manajerial dari penelitian ini adalah pentingnya manajeman hotel untuk memperhatikan dan memperbaiki repotasi online, menjaga kewajaran harga, dan meningkatkan kualitas pelayanan guna meningkatkan keputusan menginap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <em>Online Customer Review, </em>Kewajaran Harga, Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menginap Di Hotel Holiday Inn Express Baruna Bali. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menginap di hotel Holiday Inn Express Baruna Bali. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 85 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan Deskripsi Data, Analisis Deskripsi, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Karakteristik Responden, Deskprisi Variabel Penelitian, Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Asumsi Klasik,, Koefisien Determinasi, Uji f, dan, Uji t. Hasil penelitian menjukkan bahwa <em>Online Customer Review</em> berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Menginap, Kewajaran Harga berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Menginap, Kualitas Pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Menginap.</p>I Kadek Agus Widiarta, Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja, Daniel Manek
Copyright (c) 2024
https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10059Tue, 15 Oct 2024 00:00:00 +0800