https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/issue/feedEMAS2025-05-26T13:44:52+08:00I Komang Oka Permadi, S.E., M.M.okapermadi@unmas.ac.idOpen Journal Systems<table class="data" width="100%" bgcolor="#ebebeb"> <tbody> <tr valign="top"> <td width="30%"><strong>Journal title</strong></td> <td width="80%"><strong>EMAS</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="30%"><strong>Initials</strong></td> <td width="80%"><strong>emas</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="30%"><strong>ISSN</strong></td> <td width="80%"><strong>2774-3020 (Online)</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="30%"><strong>Frequency</strong></td> <td width="80%"><strong>Every Month</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="30%"><strong>DOI</strong></td> <td width="80%"><strong>10.36733/emas</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="30%"><strong>Publisher</strong></td> <td width="80%"><strong>Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mahasaraswati Denpasar</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="30%"><strong>Indexing</strong></td> <td width="80%"><strong>Garuda, Google Scholar, Crossref, BASE, Scilit, Semantic Scholar, Dimension and others</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="30%"><strong>Issue Status</strong></td> <td width="80%"><strong>Open Access</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="30%"><strong>Language</strong></td> <td width="80%"><strong>Indonesian and English</strong></td> </tr> </tbody> </table> <p><strong>EMAS</strong> is a scientific journal in the fields of economics, management, and business published by the Management Study Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Mahasaraswati Denpasar (<strong>E-ISSN: 2774-3020</strong>). This journal serves as a means of publication of research results of lecturers and undergraduate students to improve the quality of research in higher education. <strong>EMAS</strong> contains research articles that have never been published before, related to management and business science. Publication of this journal is carried out every month throughout the year.</p>https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/5707PENGARUH STRES KERJA, MOTIVASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. BPR NUSAMBA MENGWI BADUNG2025-05-16T19:33:20+08:00Anak Agung Shinta Puteri Pradnyaswarigungshinta21@gmail.comI Gusti Ngurah Agung Gede Eka Teja Kusumagungshinta21@gmail.comI Komang Oka Permadigungshinta21@gmail.com<p>Stabilitas bisnis akan terpengaruh oleh kinerja karyawan yang buruk. Karyawan yang berkinerja buruk dan kurang motivasi akan menghambat perusahaan dalam mencapai tujuannya, sehingga akan semakin sulit bersaing dengan bisnis lain. Jika solusi yang tepat tidak segera ditawarkan untuk mengatasi masalah kinerja, perusahaan dapat bangkrut. Di PT. BPR Nusamba Mengwi Badung, stres kerja, motivasi, dan gaya kepemimpinan merupakan unsur-unsur yang memengaruhi kinerja karyawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana kepemimpinan kinerja karyawan di PT. BPR Nusamba Mengwi Badung dipengaruhi oleh stres kerja, motivasi, dan gaya kepemimpinan. Dengan menggunakan pendekatan sensus, yang menggunakan semua karyawan sebagai sampel penelitian, sampel penelitian terdiri dari 57 responden. Regresi linier berganda adalah metode analisis yang digunakan untuk mengevaluasi hipotesis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kinerja karyawan di PT. BPR Nusamba Mengwi Badung dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh stres kerja, motivasi, dan gaya kepemimpinan. Variabel lain yang dapat memengaruhi kinerja karyawan dapat dimasukkan dalam penelitian ini sebagai bagian dari saran penelitian di masa mendatang.</p>2025-05-26T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 EMAShttps://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/6230PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, DISIPLIN KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA KOPERASI KONSUMEN KUMBASARI BADUNG2025-05-16T19:38:04+08:00Ni Nyoman Ari Putri Apsariariputri885@gmail.comI Gede Rihayanaariputri885@gmail.comBagus Nyoman Kusuma Putraariputri885@gmail.com<p>Penelitian ini dilakukan berdasarkan kesenjangan hasil penelitian terdahulu <em>(research gap) </em>dan perbedaan fokus bahasan tentang lingkungan kerja, disiplin kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan. Selain itu, terdapat pula permasalahan penelitian <em>(research problem) </em>yaitu belum tercapainya target kredit pada tahun 2023 dan dapat dilihat juga target tersebut mengalami fluktuatif di setiap bulannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh lingkungan kerja, disiplin kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan pada Koperasi Konsumen Kumbasari Badung dengan sampel penelitian yang berjumlah 47 responden yang diambil menggunakan teknik sampling jenuh. Seluruh data yang diperoleh dari distribusi kuisoner layak digunakan, selanjutnya dianalisis menggunakan regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, uji hipotesis (uji F dan uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Koperasi Konsumen Kumbasari Badung, sehingga semakin baik lingkungan kerja pada Perusahaan, maka akan semakin meningkat kinerja karyawan pada Koperasi Konsumen Kumbasari Badung (2) Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Koperasi Konsumen Kumbasari Badung, sehingga semakin meningkat disiplin kerja karyawan, maka semakin meningkat kinerja karyawan pada Koperasi Konsumen Kumbasari Badung (3) Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Koperasi Konsumen Kumbasari Badung, sehingga semakin tinggi kepuasan kerja karyawan, maka semakin meningkat kinerja karyawan pada Koperasi Konsumen Kumbasari Badung.</p>2025-05-26T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 EMAShttps://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/6552PENGARUH SOLVABILITAS, PROFITABILITAS, DAN LIKUIDITAS TERHADAP HARGA SAHAM PADA SEKTOR MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (PERIODE 2020-2022) 2025-05-16T19:27:11+08:00Anak Agung Sagung Mirah TitaniaSagungtitania19@gmail.comI Gusti Ngurah Bagus GunadiSagungtitania19@gmail.comAgus Wahyudi Salasa GamaSagungtitania19@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh solvabilitas, profitabilitas, dan likuiditas terhadap harga saham pada sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2020-2022. Dengan menggunakan teori sinyal sebagai landasan, penelitian ini berusaha memahami bagaimana ketiga variabel keuangan tersebut memengaruhi persepsi pasar terhadap nilai saham perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan analisis regresi linier berganda. Data sekunder diperoleh dari laporan keuangan tahunan 75 perusahaan manufaktur, dengan total pengamatan sebanyak 225 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Solvabilitas yang diukur dengan <em>Debt to Equity Ratio</em> (DER) berpengaruh negatif terhadap harga saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2022. Hasil analisis menunjukkan bahwa semakin tinggi <em>Debt to Equity Ratio</em> (DER), maka harga saham mengalami penurunan. Profitabilitas yang diukur melalui <em>Return on Assets</em> (ROA) berpengaruh positif terhadap harga saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2022. Semakin tinggi profitabilitas, maka harga saham mengalami peningkatan. Likuiditas, yang diukur dengan <em>Current Ratio</em> (CR), berpengaruh positif terhadap harga saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2022. Semakin baik kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendek, semakin tinggi harga saham. Penemuan ini mengonfirmasi relevansi teori sinyal, di mana elemen-elemen keuangan perusahaan memberikan sinyal kepada investor mengenai prospek keuangan perusahaan. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya manajemen perusahaan manufaktur untuk secara strategis mengelola solvabilitas, profitabilitas, dan likuiditas agar dapat menarik minat investor dan meningkatkan nilai pasar saham mereka. Temuan ini juga memberikan wawasan bagi investor untuk menggunakan faktor-faktor tersebut dalam pengambilan keputusan investasi.</p>2025-05-26T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 EMAShttps://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/6623PENGARUH STORE ATMOSPHERE, VARIASI PRODUK DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KOPI PANGERAN UBUD2025-05-17T13:43:37+08:00Ni Luh Yunikaniluhyunika@gmail.comI Nengah Suardhikaniluhyunika@gmail.comNi Putu Cempaka Dharmadewi Atmajaniluhyunika@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh <em>store atmosphere</em>, variasi produk, dan <em>social media marketing</em> terhadap keputusan pembelian pada Kopi Pangeran Ubud. Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya kesenjangan hasil penelitian terdahulu (<em>research gap</em>) serta perbedaan fokus pembahasan pada variabel yang diuji. Permasalahan lain yang dihadapi adalah penurunan omset penjualan atau keuntungan pada tahun 2022-2023. Kopi Pangeran Ubud, yang didirikan pada tahun 2020, dipilih sebagai objek penelitian ini karena menunjukkan dinamika yang relevan untuk dianalisis lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data kuesioner yang diberikan kepada 96 responden, yang terdiri dari konsumen Kopi Pangeran Ubud dan dipilih menggunakan metode <em>purposive sampling</em>. Data dianalisis menggunakan teknik regresi linear berganda untuk menguji hubungan antara variabel, serta uji hipotesis (uji F dan uji t) dan uji beta untuk mengevaluasi pengaruh masing-masing variabel. Seluruh data yang diperoleh dari distribusi kuesioner layak digunakan untuk dinalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) <em>store atmosphere</em> secara berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Kopi Pangeran Ubud, sehingga semakin baik suasana toko maka semakin meningkat keputusan pembelian dari konsumen, (2) variasi produk memiliki pengaruh positif dan sinifikan terhadap keputusan pembelian , sehingga semakin baik variasi produk yang ditawarkan maka semakin meningkat keputusan pembelian, (3) <em>social media marketing</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini berarti bahwa semakin baik <em>social media marketing</em> maka akan meningkatkan keputusan pembelian pada Kopi Pangeran Ubud.</p>2025-05-26T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 EMAShttps://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/6691PENGARUH DISIPLIN KERJA, KOMITMEN ORGANISASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. HD MOTOR 992025-05-16T19:58:08+08:00I Wayan Eka Adnyanaekaadnyana12345@gmail.comGregorius Paulus Tahuekaadnyana12345@gmail.comAry Wira Andikaekaadnyana12345@gmail.com<p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penurunan kinerja karyawan di PT. HD Motor 99, yang terlihat dari tabel target penjualan dan realisasi selama tahun 2022. Data menunjukkan bahwa persentase pencapaian target penjualan cenderung rendah, dengan rata-rata hanya mencapai 76,18% dari target yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh disiplin kerja, komitmen organisasi, dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan pada PT. HD Motor 99. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji instrumen, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi berganda, analisis koefisien determinasi, uji f dan uji t. Sampel penelitian yang yang digunakan ialah sampel jenuh yang mencakup seluruh populasi karyawan berjumlah 75 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai signifikansi 0,036. Sebaliknya, komitmen organisasi dan budaya organisasi menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai signifikansi masing-masing 0,024 dan 0,015. Hal ini menunjukkan pentingnya komitmen organisasi dan budaya organisasi dalam meningkatkan kinerja karyawan, sementara disiplin kerja perlu dikelola secara bijaksana agar tidak berdampak negatif. Temuan penelitian ini memberikan implikasi bagi manajemen PT. HD Motor 99 untuk fokus pada peningkatan komitmen dan budaya organisasi demi mencapai kinerja karyawan yang optimal. Keterbatasan penelitian meliputi penggunaan kuesioner yang mungkin tidak sepenuhnya mencerminkan realitas dan jumlah sampel yang terbatas. </p>2025-05-26T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 EMAShttps://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/8156PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, DISIPLIN KERJA, DAN WORK FAMILY CONFLICT TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA DEALER MADE FERRY MOTOR DI DENPASAR2025-05-16T20:13:17+08:00Kadek Jyoti Dewi Narayanidwipuspitawati10@unmas.ac.idNi Made Dwi Puspitawatidwipuspitawati10@unmas.ac.idTiara Carinadwipuspitawati10@unmas.ac.id<p>Riset ini berarti untuk mengenali akibat budaya lembaga, disiplin kerja, serta work family conflict kepada kepuasan kerja pegawai pada Dealer Made Ferry Motor di Denpasar. Riset ini dicoba pada Dealer Made Ferry Motor di Denpasar, pengumpulan sampel dalam riset ini merupakan sampel jenuh, diterima sampel sebesar 44. Tata cara yang digunakan yakni pemantauan, tanya jawab, angket serta pemilihan. Tata cara analisa data dalam riset ini yakni Percobaan regresi linier berganda dan Percobaan t. budaya badan mempengaruhi searah serta penting kepada kepuasan kerja pegawai pada Dealer Made Ferry Motor di Denpasar. Disiplin kerja mempengaruhi searah serta penting kepada kepuasan kerja pegawai pada Dealer Made Ferry Motor di Denpasar. Work- family conflict mempengaruhi negatif serta penting kepada kepuasan kerja pegawai pada Dealer Made Ferry Motor di Denpasar.</p>2025-05-26T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 EMAShttps://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/8157PENGARUH ARUS KAS OPERASI, RASIO AKTIVITAS, LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2020-20232025-05-16T20:17:14+08:00Ni Kadek Lisna Mahayanilisnamahayani28@gmail.comI Gusti Ngurah Bagus Gunadilisnamahayani28@gmail.comAgus Wahyudi Salasa Gamalisnamahayani28@gmail.com<p>Return saham merupakan hasil yang diperoleh dari investasi saham yang dilakukan. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi return saham diantaranya arus kas operasi, rasio aktivitas, likuiditas dan profitabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh arus kas operasi, rasio aktivitas, likuiditas dan profitabilitas terhadap return saham. Penelitian ini dilakukan pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2020-2023. Sampel yang digunakan berjumlah 112 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan laporan keuangan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah análisis regresi linier berganda dengan uji <em>Statiscal Package Social</em> (SPSS) <em>version</em> 27.00. Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa Arus kas operasi tidak berpengaruh terhadap return saham. Rasio aktivitas tidak berpengaruh terhadap return saham. Likuiditas tidak berpengaruh terhadap return saham. Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham.</p>2025-05-26T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 EMAShttps://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/8282PENGARUH BEBAN KERJA, LINGKUNGAN KERJA, DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA HOTEL UDARA BALI YOGA, DETOX & SPA DI KABUPATEN BADUNG2025-05-16T19:48:47+08:00I Made Swastika Yasaimadeswastika13@gmail.comIda Bagus Made Widiadnyaimadeswastika13@gmail.comPutu Pradiva Putra Salainimadeswastika13@gmail.com<p>Kinerja karyawan merupakan faktor penting dalam keberhasilan operasional perusahaan. Kinerja karyawan sangat dipengaruhi oleh beban kerja, lingkungan kerja, dan kompetensi yang mereka miliki. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh beban kerja, lingkungan kerja, dan kompetensi terhadap kinerja karyawan pada Hotel Udara Bali Yoga, Detox & Spa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Hotel Udara Bali Yoga, Detox & Spa. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 55 responden, Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh dimana seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan Hotel Udara Bali Yoga, Detox & Spa. Serta lingkungan kerja dan kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan Hotel Udara Bali Yoga, Detox & Spa. Saran bagi penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menambahkan variabel lain yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan.</p>2025-05-26T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 EMAShttps://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/8293PENGARUH EMOTIONAL QUOTIENT, GAYA KEPEMIMPINAN DAN BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA INSTANSI SATPOL PP DAN PMK KABUPATEN KLUNGKUNG2025-05-16T20:04:11+08:00Ni Putu Siki Ernawatiputusikiernawati123@gmail.comI Wayan Sukadanaputusikiernawati123@gmail.comI Wayan Widnyanaputusikiernawati123@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh <em>emotional quotient</em>, gaya kepemimpinan, dan beban kerja terhadap kinerja pegawai Instansi Satpol PP dan PMK Kabupaten Klungkung. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan 71 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara, dan observasi. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa <em>emotional quotient</em>, gaya kepemimpinan, dan beban kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai dengan nilai <em>Adjusted R Square</em> sebesar 75,3% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar model. <em>Emotional quotient</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, artinya semakin baik <em>emotional quotient</em> maka kinerja pegawai SATPOL PP dan PMK Kabupaten Klungkung akan ikut mengalami peningkatan. Gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, artinya semakin baik gaya kepemimpinan maka kinerja pegawai SATPOL PP dan PMK Kabupaten Klungkung akan ikut mengalami peningkatan. Beban kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada produk SATPOL PP dan PMK Kabupaten Klungkung, artinya meningkatnya beban kerja, maka kinerja pegawai SATPOL PP dan PMK Kabupaten Klungkung akan ikut mengalami peningkatan. Peningkatan <em>emotional quotient</em>, penerapan gaya kepemimpinan yang baik, serta pengelolaan beban kerja yang optimal dapat meningkatkan kinerja pegawai di instansi tersebut. Temuan ini dapat dijadikan dasar bagi manajemen untuk merancang program pelatihan dan pengembangan yang berfokus pada peningkatan <em>emotional quotient</em> dan kepemimpinan serta pengelolaan beban kerja.</p>2025-05-26T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 EMAShttps://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/8325PENGARUH KOMUNIKASI, MOTIVASI KERJA, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR DESA PEGUYANGAN KANGIN, KECAMATAN DENPASAR UTARA2025-05-17T13:47:59+08:00I Wayan Subawa Putranovarini0511@unmas.ac.idNi Nyoman Ari Novarininovarini0511@unmas.ac.idSapta Rini Widyawatinovarini0511@unmas.ac.id<p>Komunikasi, motivasi kerja dan disiplin kerja memiliki peran penting dalam memaksimalkan kinerja pegawai dalam suatu organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja pegawai Kantor Desa Peguyangan Kangin Kecamatan Denpasar Utara dalam hal komunikasi, motivasi, dan disiplin kerja. Penelitian ini melibatkan 48 orang pegawai Kantor Desa Peguyangan Kangin. Dengan menggunakan strategi sampling jenuh, maka diperoleh sampel sebanyak 48 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai.</p>2025-05-26T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 EMAShttps://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/9957PENGARUH FASILITAS, KUALITAS PELAYANAN DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN OBJEK WISATA MAHA GANGGA VALLEY KARANGASEM2025-05-16T19:44:12+08:00I Komang Adi Nugrahadpadmii@gmail.comAnak Agung Putu Agungdpadmii@gmail.comPande Ketut Ribekdpadmii@gmail.com<p>Kepuasan sebenarnya merupakan keadaan yang sifatnya subyektif yang merupakan hasil kesimpulan yang didasarkan pada suatu perbandingan mengenai apa yang diterima pegawai dari pekerjaanya dibandingkan dengan yang diharapkan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas, kualitas pelayanan dan <em>electronic word of mouth </em>terhadap kepuasan pelanggan Objek Wisata Maha Gangga Valley Karangasem. Populasi penelitian adalah seluruh konsumen Objek Wisata Maha Gangga Valley Karangasem. Sampel dalam penelitian ditentukan dengan menggunakan rumus Hair sehingga diperoleh sampel 80 konsumen Objek Wisata Maha Valley Gangga Karangasem. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, studi dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fasilitas, kualitas pelayanan dan <em>electronic word of mouth </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Objek Wisata Maha Gangga Valley Karangasem.</p>2025-05-26T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 EMAShttps://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/9959PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA TOKO CAHAYAPRODUCTION.ID MENGWI, BADUNG2025-05-16T19:53:29+08:00I Made Wahyu Adi Permanawahyuadipermana12345@gmail.comNi Putu Nita Anggrainiwahyuadipermana12345@gmail.comI Wayan Gede Antok Setiawan Jodiwahyuadipermana12345@gmail.com<p>Pengalaman pelanggan dalam membeli produk yang baik atau buruk akan mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian kembali atau tidak. pemain usaha harus mampu menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan selera konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan online customer review terhadap minat beli ulang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah pelanggan yang membeli produk pada toko cahayaproduction.id Mengwi, Badung dan sampel sebanyak 102 orang. Teknik analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Asumsi Klasik, Anaisis Regresi Linier Berganda, Uji Korelasi Berganda, Koefisien Determinasi, Uji F dan Uji t. Dari hasil penelitian diperoleh hasil kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang, persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang, dan online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. Saran yang dapat diberikan peneliti adalah Toko Cahayaproduction.id hendaknya selalu mengunakan bahan baku yang berkualitas, serta nyaman ketika digunakan, membuat kebijakan harga yang lebih kompetitif dibandingkan dengan produk serupa dari produsen lain, selalu memberikan produk sesuai dengan yang dibutuhkan konsumen, agar nantinya konsumen merasa puas dan dapat mengurangin ulasan negatif yang diberukan konsumen dan selalu berusaha memberikan pengalaman yang baik kepada konsumen.</p>2025-05-26T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 EMAShttps://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/9991PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI, KEPUTUSAN PENDANAAN, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA2025-05-16T20:09:07+08:00Ketut Adelya Karina Putriwywid@unmas.ac.idI Wayan Widnyanawywid@unmas.ac.idGregorius Paulus Tahuwywid@unmas.ac.id<p>Nilai perusahaan yang tinggi menunjukkan prospek perusahaan yang baik serta meningkatkan kemakmuran pemegang saham, sehingga penting untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini dilakukan karena adanya hasil yang tidak konsisten dari penelitian sebelumnya mengenai faktor-faktor tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh keputusan investasi, keputusan pendanaan, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sub-sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2020–2023. Populasi di dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan farmasi yang terdaftar di bursa efek Indonesia sebanyak 11 perusahaan, dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik observasi non-partisipan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi berganda, analisis determinasi dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keputusan investasi, keputusan pendanaan, dan kebijakan dividen memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan baik secara parsial maupun simultan. Temuan ini memberikan implikasi bagi manajemen perusahaan dalam merumuskan strategi keuangan untuk meningkatkan nilai perusahaan dan menarik minat investor. Selain itu, penelitian ini juga memberikan kontribusi teoretis sebagai referensi bagi akademisi dalam kajian manajemen keuangan.</p>2025-05-26T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 EMAShttps://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10049PENGARUH STRUKTUR MODAL, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KEPUTUSAN INVESTASI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN SEKTOR TEKNOLOGI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2021-20232025-05-17T13:39:43+08:00Ni Kadek Riska Ramadaniriskarmdn11@gmail.comNi Putu Yeni Astitiriskarmdn11@gmail.comNi Made Indah Mentaririskarmdn11@gmail.com<p>Nilai perusahaan adalah hal utama yang dilihat bagi seorang investor sebelum memutuskan untuk menginvestasikan dana pada suatu perusahaan di suatu industri. Kenaikan nilai perusahaan dari tahun ke tahun adalah suatu gambaran keberhasilan suatu perusahaan dalam melaksanakan usahanya. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan yaitu struktur modal, ukuran perusahaan dan keputusan investasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menjelaskan apakah struktur modal, ukuran perusahaan, dan keputusan investasi memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan di sektor teknologi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dari penelitian ini terdiri dari 37 perusahaan sektor teknologi yang terdaftar di BEI pada periode 2021-2023. Sampel penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 16 perusahaan sebagai sampel dengan periode penelitian 3 tahun, sehingga jumlah sampel observasi sebanyak 48 data pengamatan. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif yang diperoleh dari situs www.idx.co.id . Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur modal dan keputusan investasi memiliki pengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini masih memiliki keterbatasan dimana variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini belum mencakup keseluruhan faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan serta penelitian hanya dilakukan disatu sektor perusahaan penelitian saja. diharapakan penelitian selanjutnya mampu menambahkan faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan serta dapat dilakukan di sektor yang lebih luas lagi.</p>2025-05-26T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 EMAShttps://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/11457TURNOVER INTENTION KARYAWAN GENERASI Z DI PERUSAHAAN STARTUP BALI2025-04-17T10:13:38+08:00Ni Wayan Srinitasintyasaraswati@unmas.ac.idAnnisyah Udin Alianassintyasaraswati@unmas.ac.idNi Putu Ayu Sintya Saraswatisintyasaraswati@unmas.ac.idI Dewa Made Arik Permana Putrasintyasaraswati@unmas.ac.idTiksnayana Vipraprasthasintyasaraswati@unmas.ac.id<p>Sumber daya manusia merupakan salah satu elemen penting dalam perusahaan. Keberhasilan perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasionalnya tidak lepas dari peran sumber daya manusianya. Oleh karena itu, setiap perusahaan dituntut untuk dapat mengelola sumber daya manusianya dengan baik. Semua potensi sumber daya manusia ini mempengaruhi upaya organisasi untuk mencapai tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja, kompensasi atas niat omset, kepuasan kerja terhadap niat pergantian dan kompensasi atas niat pergantian dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervensi pada karyawan Generasi Z yang bekerja di E-Commerce Bali. Penelitian ini melibatkan 50 responden. Metode pengambilan sampel adalah pengambilan sampel insidental. Metode pengumpulan data dengan cara wawancara dan distribusi kuesioner berupa google form dengan skala Likert 5 poin. Data dianalisis menggunakan teknik analisis Partial Least Square (PLS) untuk menjawab rumusan masalah dengan bantuan program Smart PLS 3.0. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel: 1). Kompensasi memiliki efek positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, 2). Kompensasi memiliki efek negatif dan signifikan terhadap niat turnover, 3). Kepuasan kerja memiliki efek negatif dan signifikan terhadap niat turnover, dan 4). Kepuasan kerja dapat menjadi variabel intervensi pengaruh kompensasi terhadap niat turnover.</p>2025-05-26T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 EMAS