https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/issue/feedEMAS2024-12-17T01:31:22+08:00I Made Surya Prayoga, SE., MM.prayogamade@unmas.ac.idOpen Journal Systems<p><strong>EMAS</strong> merupakan jurnal ilmiah untuk ilmu ekonomi, manajemen dan bisnis yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar. Jurnal ini sebagai sarana publikasi hasil penelitian Dosen dan mahasiswa S1 dalam meningkatkan mutu penelitian perguruan tinggi. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah dipublikasi sebelumnya berupa artikel yang merupakan hasil penelitian. artikel berkaitan dengan Ilmu Manajemen dan Bisnis. Penerbitan jurnal ini dilakukan setiap bulannya selama setahun.</p>https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10569Peran Pengalaman, Perceived Compatibility, dan Pengaruh Sosial dalam Meningkatkan Persepsi Kebergunaan dan Niat Menggunakan Kembali QRIS (Studi Pada Pengguna Generasi Z)2024-12-16T22:09:56+08:00Made Pradnyan Permana Usadimdpradnyan@unmas.ac.idI Made Surya Prayogaprayogamade@unmas.ac.idI Putu Wahyu Dwinata JSdwinatajs@unmas.ac.idPutu Ari Pertiwi Sanjiwaniarisanjiwani2@unmas.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi perilaku Generasi Z dalam menggunakan QRIS seperti pengalaman, <em>perceived compatibility</em>, dan pengaruh sosial. Survei dilakukan kepada 100 responden yang termasuk dalam kriteria generasi Z dan pernah menggunakan QRIS. Analisis Partial Least Square digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman dan <em>perceived compatibility</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi kebergunaan. Persepsi kebergunaan juga ditemukan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat penggunaan kembali. Temuan ini menekankan bahwa pengalaman pengguna memiliki peran kunci dalam membentuk persepsi kebergunaan QRIS. Hal ini menunjukkan bahwa pelaku bisnis perlu memberikan perhatian khusus pada aspek pengalaman pengguna selama proses transaksi menggunakan QRIS. Pengalaman yang positif dapat membuat pengguna merasa bahwa QRIS benar-benar bermanfaat bagi mereka.</p>2024-12-17T00:00:00+08:00Copyright (c) 2024 EMAShttps://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10077PENGARUH DISIPLIN KERJA, KOMPETENSI DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA AGEN POS RENNISANT UBUD2024-10-12T23:19:09+08:00Ni Wayan Setya Dewisetyadewi400@gmail.comNi Made Dwi Puspitawatiprayogamade@unmas.ac.idNi Luh Gede Putu Purnawatiprayogamade@unmas.ac.id<p>Setiap perusahaan yang didirikan memiliki tujuan yang hendak dicapai. Tujuan <br>perusahaan dapat tercapai dengan adanya peran sumber daya manusia sebagai faktor <br>sentral yang mengatur jalannya perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui <br>pengaruh disiplin kerja, kompetensi dan kompensasi terhadap kinerja karyawan pada <br>Agen POS Rennisant Ubud. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Agen <br>POS Rennisant Ubud yang berjumlah 32 orang. Dalam penelitian ini semua populasi <br>dijadikan sampel. Dengan demikian penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Teknik <br>analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian <br>hipotesis menunjukkan bahwa disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap <br>kinerja karyawan pada Agen POS Rennisant Ubud. Kompetensi berpengaruh positif dan <br>signifikan terhadap kinerja karyawan pada Agen POS Rennisant Ubud. Kompensasi <br>berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Agen POS Rennisant <br>Ubud.</p>2024-12-17T00:00:00+08:00Copyright (c) 2024 https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10470PENGARUH MOTIVASI BELANJA HEDONIS TERHADAP KONSUMSI BERKELANJUTAN JAM TANGAN KAYU DI DENPASAR2024-12-10T14:55:30+08:00I Putu Wahyu Dwinata dwinatajs@unmas.ac.idMade Pradnyan Permana Usadiyudistwan@gmail.comI Made Surya Prayogaprayogamade@unmas.ac.id<p>Jam tangan merupakan salah satu assesoris yang saat ini sangat berguna dan dibutuhkan untuk mendukung kegiatan sehari-hari yang saat ini sudah mulai berkembang dalam proses produksinya salah satunya jam tangan ramah lingkungan dengan bahan dasar kayu dan menjadi salah satu pilihan bagi konsumen yang berminat pada konsumsi berkelanjutan. Penelitian ini mengadopsi teori motivasi belanja yaitu motivasi hedonis dengan tujuan untuk menguji pengaruh motivasi hedonis konsumen terhadap niat pembelian produk ramah lingkungan jam tangan kayu.</p> <p>Sebanyak 220 responden menjadi sampel dalam penelitian kuantitaif dengan metode <em>purposive sampling</em>. Pengolahan data menggunakan aplikasi Smart-PLS menghasilkan bahwa tren, sosial, dan pertualangan berpengaruh positif terhadap motuvasi hedonis, namun otoritas dan status tidak memiliki pengaruh yang signifikan pada motivasi hedonis. Penelitian ini juga mengungkapkan motivasi hedonis tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat pembelian hijau.</p>2024-12-17T00:00:00+08:00Copyright (c) 2024 EMAShttps://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10559PENGARUH KEMAMPUAN KERJA, BEBAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. BINA SARANA MAKMUR BALI2024-12-16T11:15:13+08:00I Komang Suryadnya Diputra Suryasuryadnyadiputra@unmas.ac.idPutu Ari Pertiwi Sanjiwanisatyakesawa@unmas.ac.idI Made Surya Prayogaprayogamade@unmas.ac.id<p>Kinerja pegawai merupakan faktor utama yang harus diperhatikan oleh sebuah organisasi, karena dengan kinerja pegawai yang baik maka tujuan suatu organisasi dapat tercapai. Berdasarkan hasil observasi, permasalahan yang ditemukan pada PT. Bina Sarana Makmur Bali yaitu terjadinya penurunan kinerja karyawan. Dalam kemampuan kerja ditemukan kurangnya tingkat penguasaan ketrampilan yang dimiliki oleh karyawan sedangkan berkaitan dengan beban kerja yaitu karyawan terbebani dengan pekerjaan yang harus dilakukan. dan pada motivasi kerja ditemukan kurangnya kebutuhan sosial seperti kebutuhan akan adanya kelompok kerja yang selaras, dan mampu bekerjasama.</p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan kerja, Beban kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Bina Sarana Makmur Bali. Penelitian ini jumlah populasi dan sampel sebanyak 32 orang karyawan sebagai responden. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode sensus atau sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, wawancara dan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan software SPSS <em>versi 25.00</em><em>.</em></p> <p>Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Bina Sarana Makmur Bali, Beban kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan terhadap kinerja karyawan pada PT. Bina Sarana Makmur Bali, dan motivasi kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan pada PT. Bina Sarana Makmur Bali.</p>2024-12-17T00:00:00+08:00Copyright (c) 2024 EMAShttps://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10078PENGARUH MOTIVASI, DISPLIN KERJA, DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM PEDAGANG PASAR KAMBOJA2024-10-12T23:22:56+08:00I Gusti Ngurah Agung Oka Satria Wibawanovarini0511@unmas.ac.idI Wayan Sujanaprayogamade@unmas.ac.idNi Nyoman Ari Novariniprayogamade@unmas.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh motivasi, disiplin kerja, dan kompensasi terhadap kinerja karyawan pada koperasi Simpan Pinjam Pedagang Pasar Kamboja. Motivasi adalah suatu faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan, disiplin kerja adalah salah satu komponen yang menentukan kinerja karyawan, dan kompensasi adalah upah yang diberikan kepada karyawan sebagai bentuk penggantian atau pengganti untuk kebutuhan yang diperlukan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Data yang diperoleh akan diolah menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIC) untuk menghasilkan hasil yang akurat dan benar. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 50 orang karyawan. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah metode sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi, uji t dan uji f. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi manajer dan pemimpin dalam mengembangkan strategi untuk meningkatkan kinerja karyawan pada koperasi Simpan Pinjam Pedagang Pasar Kamboja.</p>2024-12-17T00:00:00+08:00Copyright (c) 2024 https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10079PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE, STORE ATMOSPHERE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI MEDIASI OLEH KEPUASAN PELANGGAN PADA SALON KECANTIKAN DEWI SRI DI GIANYAR2024-10-12T23:32:07+08:00Ni Wayan Cantika Verginiacantikaverginia@gmail.comI Gusti Ayu Imbayaniprayogamade@unmas.ac.idI Made Surya Prayogaprayogamade@unmas.ac.id<p>Seiring dengan perkembangan gaya hidup, penampilan menjadi kebutuhan yang dianggap penting bagi sebagian masyarakat. Penampilan bukan hanya menjadi kebutuhan wanita, kini para pria juga ingin selalu terlihat rapi dan menarik disetiap kegiatan maupun acara. Banyak cara yang dapat dilakukan oleh kaum pria agar terlihat lebih menarik, salah satunya adalah dengan menentukan <em>style </em>rambut yang sesuai dengan karakter, tuntunan pekerjaan maupun <em>style</em> rambut yang mengikuti zaman.</p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk memperjelas seberapa besar peran kepuasan pelanggan memediasi pengaruh <em>customer experience, store atmosphere</em> terhadap loyalitas pelanggan pada Salon Kecantikan Dewi Sri di Gianyar. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan Salon Kecantikan Dewi Sri. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik <em>purposive sampling</em> dengan jumlah responden sebanyak 90 orang. Pengolahan data penelitian ini menggunakan analisis <em>Structural Equation Modeling (SEM)</em> sebagai teknik analisis data, dan SmartPLS 4.0 sebagai alat bantu untuk mengolah data.</p> <p>Hasil penelitian ini menunjukan bahwa <em>customer experience</em> dan store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan,<em>store atmosphere</em> dan kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan <em>customer experience</em> berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan tidak dapat memediasi customer experience terhadap loyalitas pelanggan. Sedangan kepuasan pelanggan dapat memediasi <em>store atmosphere</em> terhadap loyalitas pelanggan.</p>2024-12-17T00:00:00+08:00Copyright (c) 2024 https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10080PENGARUH DISIPLIN KERJA, HUMAN RELATION DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. ASTRIDO JAYA MOBILINDO2024-10-12T23:37:34+08:00Gusti Ayu Manik Krisna Dewiayumanikrisnad@gmail.comI Gusti Ngurah Agung Gede Eka Teja Kusumaprayogamade@unmas.ac.idNi Putu Nita Anggrainiprayogamade@unmas.ac.id<p>Sumber daya manusia adalah aset penting perusahaan. Sumber daya manusia merupakan faktor yang menentukan berhasil tidaknya suatu organisasi dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kinerja yang baik oleh tenaga kerja akan memberikan keberhasilan dalam suatu bidang pekerjaan. Untuk mencapai keberhasilan maka diperlukan berbagai standar, seperti tingkat kompentensi, profesionalisme, hingga komitmen terhadap bidang yang ditekuni. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja, <em>human relation</em> dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan pada perusahaan PT. Astrido Jaya Mobilindo. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh karyawan di PT. Astrido Jaya Mobilindo. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik <em>sampling</em> jenuh, diperoleh 35 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Astrido Jaya Mobilindo, 2) <em>Human relation</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Astrido Jaya Mobilindo, 3) Gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Astrido Jaya Mobilindo</p>2024-12-17T00:00:00+08:00Copyright (c) 2024 https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10081PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, BUDAYA ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. BAMBOO PURE SIBANG KAJA2024-10-12T23:41:32+08:00Gde Bayu Surya Parwitagdebayusurya@unmas.ac.idMade Ika Prastyadewiprayogamade@unmas.ac.idGusti Putu Diah Nanda Sariprayogamade@unmas.ac.id<p>Sumber daya manusia yang berkualitas merupakan poin utama yang dibutuhkan pada era globalisasi. Setiap organisasi selalu berharap sumber daya dengan mampu bekerja dengan baik dan benar supaya tujuan perusahaan tercapai sesuai dengan diharapkan. Maka dari itu, sumber daya manusia adalah bagian yang menentukan suatu proses tercapainya tujuan suatu organisasi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional, budaya organisasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan pada PT. Bamboo Pure Sibang Kaja yang terletak di Banjar Piakan, Sibang Kaja, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung. Objek dalam penelitian ini adalah kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, kepuasan kerja dan kinerja karyawan dengan total sampel berjumlah 37 orang. Metode penentuan sampel pada penelitian ini adalah metode <em>sampling jenuh</em>. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi statistik deskriptif, uji instrumen penelitian (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas), uji kelayakan model (uji korelasi berganda, uji <em>adjusted </em>R2 dan uji t), serta analisis linier berganda dengan uji <em>Statiscal Package Social </em>(SPSS) <em>version 25.00. </em>Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa kepemimpinan transformasional, budaya organisasi dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Penelitian selanjutnya diharapkan tidak berpaku pada faktor-faktor dalam penelitian ini, namu dapat menambah faktor-faktor lain yang mungkin mempengaruhi kinerja karyawan.</p>2024-12-17T00:00:00+08:00Copyright (c) 2024 https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10082PENGARUH KNOWLEDGE SHARING, MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. HEROINTI NUSA DENPASAR2024-10-12T23:45:14+08:00I Putu Ngurah Rizky Andikarizkyandika111@gmail.comI Gede Rihayanaprayogamade@unmas.ac.idBagus Nyoman Kusuma Putraprayogamade@unmas.ac.id<p>This study aims to determine the effect of knowledge sharing, motivation and work environment on employee performance. The population in this study were all employees of PT Herointi Nusa Denpasar. The sample in this research amounted to 50 respondents using saturated sampling. By using a questionnaire to collect primary data, and the respondents were 50. The technique used regression analysis to determine the effect of knowledge sharing, motivation and work environment on employee performance. The results show multiple linear regression analysis, namely the T test shows Knowledge sharing has a positive effect on employee performance with a coefficient value of 0.168 and a significance of 0.011 where this value is below 0.05. Motivation has a positive and significant effect on employee performance with a coefficient value of 0.615 significance 0.001 where this value is below 0.05. The work environment has a positive and significant effect with a coefficient value of 0.690 and a significance of 0.001 where this value is below 0.05.</p>2024-12-17T00:00:00+08:00Copyright (c) 2024 https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10083PENGARUH KOMPETENSI, LOYALITAS KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. BPR PUSAKA DENPASAR2024-10-12T23:50:02+08:00Ida Ayu Agung Dewi Kesumawatidayudewi184@gmail.comI Nengah Suardhika prayogamade@unmas.ac.idNi Putu Cempaka Dharmadewi Atmajaprayogamade@unmas.ac.id<p>Kinerja karyawan merupakan hasil yang dicapai karyawan sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya untuk mencapai tujuan perusahaan. Meningkatkan kinerja karyawan dapat dimulai dari kompetensi karyawan, peningkatan loyalitas kerja karyawan dan perhatian terhadap lingkungan kerja karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi, loyalitas kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT BPR Pusaka Denpasar. Penelitian ini dilakukan di PT. BPR Pusaka Denpasar, metode penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh atau sensus dengan jumlah sampel penelitian adalah seluruh karyawan pada PT BPR Pusaka Denpasar sebanyak 35 orang responden. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis linear berganda melalui program SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. BPR Pusaka Denpasar, artinya semakin baik kompetensi yang ada di PT. BPR Pusaka Denpasar maka semakin meningkat kinerja karyawan. 2) Loyalitas Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. BPR Pusaka Denpasar, artinya semakin baik loyalitas kerja yang ada di PT. BPR Pusaka Denpasar maka semakin meningkat kinerja karyawan. 3) Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. BPR Pusaka Denpasar, artinya semakin baik lingkungan kerja yang ada di PT. BPR Pusaka Denpasar maka semakin meningkat kinerja karyawan. Saran bagi penelitian seanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menambahkan variable lain seperti variable motivasi kerja.</p>2024-12-17T00:00:00+08:00Copyright (c) 2024 https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10084PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ORIFLAME DI KOTA DENPASAR MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI2024-10-12T23:54:15+08:00Ni Nyoman Ayu Widyawatiayuwidyaw01@gmail.comI Gusti Ayu Imbayaniprayogamade@unmas.ac.idI Made Surya Prayogaprayogamade@unmas.ac.id<p>Perkembangan era digital yang semakin berkembang pesat, keputusan pembelian konsumen tidak lagi hanya dipengaruhi oleh iklan tradisional atau rekomendasi dari teman atau keluarga. Minat beli telah menjadi faktor kunci yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, terutama dalam konteks pembelian online. Faktor yang lainnya seperti <em>electronic word of mouth</em>, yang mencakup ulasan online, rekomendasi media sosial, dan testimoni konsumen, telah menjadi salah satu sumber informasi utama yang diandalkan oleh konsumen saat melakukan riset sebelum membeli produk atau layanan.</p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh <em>electronic word of mouth</em> terhadap keputusan pembelian profuk oriflame di Kota Denpasar, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh <em>electronic word of mouth </em>terhadap minat beli produk oriflame di Kota Denpasar, untuk mengetahui pengaruh minat beli terhadap keputusan pembelin produk oriflame di Kota Denpasar dan untuk mengetahui pengaruh <em>electronic word of mouth </em>terhadap keputsan pembelian produk oriflame di Kota Denpasar melalui minat beli sebagai variabel mediasi. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh konsumen Oriflame di Kota Denpasar yang tidak diketahui pasti jumlahnya. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik <em>nonprobability sampling</em>. Jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 110 orang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, dan analisis inferensial.</p> <p>Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) <em>Electronic word of mouth </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Oriflame di Kota Denpasar. 2) <em>Electronic word of mouth </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen Oriflame Di Kota Denpasar. 3) Minat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Oriflame Di Kota Denpasar. 4) <em>Electronic word of mouth </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui minat beli konsumen Oriflame Di Kota Denpasar.</p>2024-12-17T00:00:00+08:00Copyright (c) 2024 https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10085PENGARUH PERSEPSI HARGA, BRAND IMAGE DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK WARDAH DI KOTA DENPASAR2024-10-12T23:57:51+08:00Ni Kadek Henita Raina Yantikadekhenita11@gmail.comNi Putu Cempaka Dharmadewi Atmajaprayogamade@unmas.ac.idDaniel Manekprayogamade@unmas.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga, <em>brand image</em> dan <em>electronic word of mouth</em> terhadap keputusan pembelian Produk Kosmetik Wardah di Kota Denpasar. Penelitian dilakukan di kota Denpasar yaitu, Mutiara permai kosmetik kecamatan Denpasar Utara, Murni Cosmetic Kecamatan Denpasar Timur, Rumah kosmetik carissa Kecamatan Denpasar Selatan, Graha kosmetik Kecamatan Denpasar Barat. Obyek penelitian dalam penelitian ini adalah persepsi harga, <em>brand image</em>, dan <em>electronic word of</em> <em>mouth</em> terhadap keputusan pembelian produk kosmetik wardah. Dalam penelitian ini terdapat 16 indikator, maka jumlah sampel yang digunakan adalah, sampel = 5 X 16 jumlah indikator = 80 responden dengan metode pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda melalui program SPSS versi 26. Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Produk Kosmetik Wardah di Kota Denpasar. Semakin baik penggunaan persepsi harga dalam penyampaian informasi yang menarik, maka akan mampu menarik keputusan pembelian. <em>Brand image</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Produk Kosmetik Wardah di Kota Denpasar. Hal ini berarti semakin tinggi <em>brand image</em> konsumen terhadap Produk Kosmetik Wardah di Kota Denpasar, maka akan meningkatkan keputusan pembelian. <em>Electronic word of mouth</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Produk Kosmetik Wardah di Kota Denpasar. Dengan memberikan <em>electronic word of mouth</em> yang terbaik kepada konsumen maka akan meningkatkan keputusan pembelian.</p>2024-12-17T00:00:00+08:00Copyright (c) 2024 https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10086PENGARUH STRES KERJA, LINGKUNGAN KERJA DAN BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA UD. SURYA PRAMARTHA MOTOR2024-10-13T00:01:44+08:00Ida Bagus Putra Jayagusdee2802@gmail.comI Gede Rihayanaprayogamade@unmas.ac.idBagus Nyoman Kusuma Putraprayogamade@unmas.ac.id<p>Memiliki kinerja yang optimal merupakaan tujuan manajemen diseluruh perusahaan, tetapi kinerja yang baik dapat dicapai apabila proses kerja yang diberikan perusahaan sesuai dengan tugas, tanggung jawab, dan fungsi daripada karyawan tersebut. Pada dasarnya kinerja karyawan tidak selalu mengalami peningkatan tapi juga bisa terjadi penurunan. Kinerja karyawan yang menurun tentu sangat berpengaruh bagi keberlangsungan perusahaan, oleh karena itu perlu adanya upaya untuk tetap menjaga konsistensi kinerja karyawan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengatahui pengaruh Stres Kerja, Lingkungan Kerja, dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada UD. Surya Pramartha Motor. Penelitian ini dilakukan pada UD. Surya Pramartha Motor dengan responden merupakan seluruh karyawan yang berjumlah 40 orang responden. Metode pengumpulan data dengan melakukan penyebaran kuesioner dan uji instrument penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda, analisis determinasi, uji signifikan T dan uji F. Hasil yang didapat dalam penelitian ini yaitu Stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Beban kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Saran bagi perusahaan agar mengevaluasi kembali beban kerja yang diberikan kepada karyawannya agar mereka tidak merasa terbebani dan menimbulkan stres kerja, serta memperhatikan lingkungan kerja karyawannya agar mereka lebih nyaman dalam bekerja.</p>2024-12-17T00:00:00+08:00Copyright (c) 2024 https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10571PENGARUH BRAND AWARENESS DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BRAND FASHION LOKAL SLASHROCK GEAR DI KOTA DENPASAR2024-12-17T01:08:26+08:00I Made Surya Prayogaprayogamade@unmas.ac.idI Gusti Ayu Imbayanisatyakesawa@unmas.ac.id<p><em>Purchase decision is the thought process that leads a consumer from identifying a need, generating options, and choosing a specific product and brand. This study aims to analyse the effect of brand awareness and perceived quality on purchase decision of local fashion brand Slashrock Gear in Denpasar. This research was conducted on all consumers of Slashrock Gear in Denpasar. The sampling method used a purposive sampling, with a sample size of 75 consumers. Data analysis used is multiple linear regression analysis. The results showed that brand awareness and perceived quality has a positive and significant impact on purchase decision of local fashion brand Slashrock Gear in Denpasar. The upcoming study can utilize another independent variables, such a promotion, price, or other variables which has impact on purchase decision theoretically</em></p>2024-12-17T00:00:00+08:00Copyright (c) 2024