Pembelajaran Interaktif Melalui Pengenalan Lingkungan Kewirausahaan Untuk Siswa Sekolah Dasar Di SD Negeri 2 Sulahan

Authors

  • Luh Gede Kusuma Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Putu Sandrya Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Merdani Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

interaktif, kewirausahaan, pembelajaran, siswa sekolah dasar

Abstract

Kewirausahaan dapat memberikan dampak positif dalam perputaran ekonomi suatu negara. Kegiatan kewirausahaan sebaiknya diperkenalkan sejak dini. Program jalan-jalan sambil berdampak yaitu sebuah metode pembelajaran interaktif yang diprogramkan oleh Tim Kampus Mengajar Angkatan Ke-5 untuk memperkenalkan lingkungan kewirausahaan kepada siswa sekolah dasar. Kegiatan ini merupakan kegiatan Observasi dan wawancara kepada para pedagang di pasar desa Lumbuan. Output dari kegiatan ini adalah pengalaman belajar yang menyenangkan yang dituangkan dalam laporan wawancara, serta testimoni kegiatan oleh para siswa. Kegiatan ini telah berjalan dengan sangat baik dan juga mendapatkan respon positif dari para siswa yang menyampaikan bahwa mereka sangat senang akan pengalaman baru yang dimiliki, juga mendapatkan ilmu yang sangat berharga mengenai kewirausahaan.

References

Arta, K. B. D., & Dewi, L. G. K. (2021). Membantu Meningkatkan Penjualan Produk Umkm Masyarakat Di Masa Pandemi Melalui Bisnis Online. Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 61–65. https://doi.org/10.38043/parta.v2i1.3175

Dewi, L. G. K., & Dewi, N. A. W. T. (2022). Edukasi dan Praktikum Enterpreneurship Untuk Teruna-Teruni Terdampak Covid-19 Di Desa Padangkeling. Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 6(1), 1–4.

Dewi, N. L. P. S., Mariati, N. P. A. M., & Dewi, L. G. K. (2023). Penguatan Literasi dan Numerasi Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 4 di SD Negeri 4 Nyalian, Klungkung. Dharma Jnana, 3(2), 88–103.

Krisdayanthi, A. (2018). Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Pada Aud Sebagai Bekal Kecakapan Hidup. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 20–27. https://doi.org/10.25078/pw.v3i2.734

Nurhafizah, N. (2018). Bimbingan Awal Kewirausahaan pada Anak Usia Dini. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(3), 205–210. https://doi.org/10.29210/127300

Prasetyaningsih, A. (2016). Membentuk Jiwa Kewirausahaan pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan “Market Day.” SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 2(2), 88–102.

Rachmadyanti, P., & Wicaksono, V. D. (2017). Pendidikan Kewirausahaan Bagi Anak Usia Sekolah Dasar. Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 419–437.

Siwiyanti, L. (2017). Menanamkan Nilai Kewirausahaan Melalui Kegiatan Market Day Embedding the Entrepreneurship Values through Market Day Activity. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 15–17. https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2861

Sulistyowati, P., & Salwa. (2016). Upaya Mengembangkan Karakter Jiwa Kewirausahaan Pada Siswa Sejak Dini Melalui Program Market Day (Kajian Pada SDIT Mutiara Hati Malang). Pancaran, Vol. 5, No(20), 111–120.

Supandi, A., Esra, M. A., Nurlela, Bakar, A., Sinambela, T. R., Widiyarto, S., & Purnomo, B. (2023). Bagaimana Anak Mempelajari Kemampuan Kewirausahaan Sejak Dini ? Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4267–4275. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4557

Suprihatin, Y., & Dewi, E. L. (2018). Implementasi Pendidikan Lifeskill Sejak Dini Dalam Pembelajaran Enterpreneurship (Studi pada SMP Cahaya Bangsa School Metro). Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 85–96. https://doi.org/10.32332/elementary.v4i1.1074

Wahyuni, A., & Suyadi. (2020). Best Practice Pendidikan Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini di TK Khalifah Baciro Yogyakarta. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 15–22.

Downloads

Published

2024-04-20