Peningkatan Pemahaman Berbahasa Inggris Pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar Di Desa Mekar Bhuwana

Authors

  • Ida Ayu Nyoman Yuliastuti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yeni Sukma Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Kadek Dirga Mustiasa Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Dewa Made Arik Permana Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

active and fun learning, bahasa inggris, listen read discussion, metode belajar

Abstract

Pengabdian masyarakat ini dilakukan di Desa Mekar Bhuwana, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung. Mitra sasaran dalam kegiatan pengabdian ini adalah siswa-siswi Sekolah Dasar di Desa Mekar Bhuwana khususnya di SD No. 2 dan SD No. 3 Mekar Bhuwana. Berdasarkan hasil observasi, ditemukan bahwa masalah yang dihadapi yaitu masih kurangnya pemahaman siswa-siswi dalam penggunaan bahasa inggris serta kurangnya pemahaman cara pengucapan yang benar dari kata atau kalimat dalam Bahasa Inggris. Tim pengabdian masyarakat hadir untuk membantu meningkatkan pengetahuan siswa-siswi dalam berbahasa inggris dengan mengaplikasikan metode pembelajaran Active and Fun Learning serta metode Listen-Read-Discussion (LRD), sehingga dapat meningkatkan kemampuan berbahasa inggris siswa-siswi di SD No. 2 dan SD No. 3 Mekar Bhuwana. Adapun tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk membantu meningkatkan pemahaman dan pengetahuan berbahasa inggris siswa-siswi dengan cara melaksanakan pengajaran bahasa inggris menggunakan metode belajar sebagai penghidup suasana dalam kegiatan pembelajaran. Sasaran diberikan materi pembelajaran dengan mengaplikasikan metode pembelajaran tersebut untuk menghidupkan suasana belajar dan meningkatkan partisipasi siswa-siswi dalam pembelajaran. Melalui program ini sasaran dapat memahami pelajaran bahasa inggris dengan lebih menyenangkan.

References

Adnyani, N. N. T., & Agustiana, I. G. A. T. (2021). An Active Learning Process by Using Media Fun Thinkers" Weather". Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3), 527-537.

Arismunandar, M. P., Pramita, R. A., Putri, R. S. S., Ishar, A. A., Sirojjuddin, M. P., Savitri, M., ... & Ahmad, D. W. (2021). Isu Teori Dan Inovasi Pendidikan (Vol. 270). CV Pena Persada.

Junaedi, I. W. R., Utama, I. G. B. R., Waruwu, D., & Yuliastuti, I. A. N. (2021). Peningkatan Pengetahuan Kewirausahaan Dalam Pengembangan Desa Wisata Herbal Catur Kintamani Mengwi. Jurnal Dharma Jnana, 1(3), 179-192.

Listiarini, N. L. A., Sukraningsih, G. A. G., & Wulantari, N. P. (2021). The Use Of Listen Read Discuss (Lrd) Strategy To Improve Reading Comprehension On Descriptive Text To The Eighth Grade Students Of SMPN 3 Tabanan. Jurnal Mahasisya Pendidikan, 3(1), 20-20.

Maduwu, B. (2016). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah. Warta Dharmawangsa, (50).

Putri, M. D. (2021). Teaching Reading Comprehension By Using Listen, Read, And Discuss (LRD) Strategy. Griya Cendikia, 6(2), 292-297.

Siahaan, K. W. A., Sinabutar, A. T., & Haloho, U. N. (2020). Pengaruh Metode Quantum Teaching Dalam Menciptakan Pembelajaran Yang Aktif Dan Menyenangkan Pada Anak SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2), 175-182.

Yamin, M. (2017). Metode Pembelajaran Bahasa Inggris di Tingkat DAS. Jurnal Pesona Dasar, 1(1).

Downloads

Published

2023-08-20