Penggunaan Teknologi Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Di Minimarket Jaya Kerti Dalung

Authors

  • Pande Ketut Ribek Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Anggariani Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

media digital, pendampingan, sosialisasi, umkm

Abstract

Peningkatan teknologi dan kebutuhan konsumen yang semakin berkembang telah mendorong banyak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk beralih ke ranah digital dan memanfaatkan media digital sebagai sarana untuk memberikan informasi dan memperkenalkan produk mereka, yang sering disebut dengan digital marketing. Digital marketing ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan memperluas pasar. Berdasarkan pengamatan yang dilaksanakan di CV. Jaya Kerti Dalung tentang penggunaan media digital sebagai media promosi dan informasi, diperoleh masalah yang dihadapi, yakni kurangnya pemahaman karyawan mengenai penerapan media digital sebagai media promosi dan informasi, belum dimilikinya website bisnis yang menyajikan profil perusahaan, dan kurangnya pengetahuan pelanggan mengenai media digital yang dimiliki perusahaan. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan adalah Pendampingan Penggunaan Media Digital sebagai Media Promosi dan Informasi di Minimarket Jaya Kerti Dalung. Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan tentang penerapan media digital sebagai media promosi dan informasi. Metode yang digunakan adalah wawancara dan observasi kemudian melakukan sosialisasi dan pendampingan. Hasil atau pencapaian dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah wawasan para karyawan dan para pelanggan mengenai digital marketing menjadi lebih baik.

References

Fahdia, M. R., Kurniawati, I., Amsury, F., Heriyanto, & Saputra, I. (2022). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(1), 34–39.

Hendratni, T. W. (2021). Pelatihan Digital Marketing sebagai upaya peningkatan Pendapatan Bagi UMKM di kabupaten MBS. BERDAYA: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 59–66.

Hendri, & Haeruddin. (2021). Perancangan Website Company Profile Dan Penjualan Minimarket Best One. Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 3(1), 1127–1131.

Lady, Lim, J., Tango, J., Fernandes, N., Susanti, Eddison, T., & Universitas Internasional Batam. (2023). Analisis Penerapan Digital Marketing Pada UMKM MM. Gemini. 12, 830–842

Muharam, M., & Persada, A. G. (2020). Implementasi Penggunaan Website Sebagai Media Informasi dan Media Pemasaran Hasil Pertanian dan Peternakan Desa Sumberejo. Automata, 1(2), 22–29.

Mukharomah, W., Wardana, C. K., Abas, N. I., Ulynnuha, O. I., & Fatchan, F. H. (2023). Aktivasi branding pada minimarket lokal. 7(4), 3–7.

Riwoe, F. L. R., Mulyana, M., Sarah, S., & Lede, A. R. E. W. (2022). Pendampingan Penggunaan Social Media Marketing Bagi UMKM Kota Bogor. Abdimas Dedikasi, 3(1), 23–32.

Downloads

Published

2023-12-20