Optimalisasi Penggunaaan Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Usaha F&B Kebun Es Teh Indonesia

Authors

  • Pande Ketut Ribek Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Sinta Purnamasari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

covid-19, promosi produk, sosialisasi

Abstract

Penerapan upaya dalam peningkatan penjualan melalui media sosial pada usaha F&B pada kebun Es Teh Indonesia di era COVID-19 sangat penting. Hal ini untuk menunjang keberhasilan usaha dengan mempromosikan produk kebun Es Teh, di masyarakat yang lebih luas. Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan dan memotivasi para pemilik usaha untuk meningkatkan kinerja pemasaran melalui media sosial. Metode yang digunakan mensosialisasikan cara mempromosikan produk melalui media sosial seperti Instagram, Shopeefood, Gofood, Grabfood, Facebook dan TikTok. Strategi promosi pada media sosial untuk meningkatkan keunggulan produk dan mengembangkan minat beli masyarakat pada Es Teh Indonesia. Membantu konsumen dalam menjelaskan varian rasa yang tersedia pada menu Es Teh Indonesia yang dijual. Strategi promosi dapat memperluas sasaran promosi, memudahkan dalam menerima feedback secara langsung dapat bersaing dengan competitor lainnya. Adapun faktor-faktor yang mendukung keberhasilan kegiatan ini, manajer Es Teh Indonesia yang mendukung kegiatan ini dan antusiasme staff dalam mengikuti kegiatan ini.Hasil dari pengabdian ini dengan menggunakan promosi melalui media sosial mampu mempermudah promosi secara efektif dan efesien, sehingga mampu meningkatkan penjualan pada Es Teh Indonesia.  

References

Aprilya, T. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Nadyasfashop Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Kepercayaan Customer Di Samarinda. EJournal Ilmu Komunikasi, 5(1), 13-23.

Bavel, R.K. 2019. The Effect of Academic Optimism on Student Academic Achievement in Alabamma. Unpublished Dissertation.Tuscaloosa: Universitiy of Alabamma.

Mansir, F., & Purnomo, H. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid-19 di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul. Abdimas Singkerru, 1(1), 39-50.

Nur Ashshiddiqie, I. (2021). Tugas Content Creator dalam Mengelola Akun Tiktok Esteh Indonesia.

Sulaksono, J. (2020). Peranan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) desa tales kabupaten kediri. Generation Journal, 4(1), 41-47.

Sutikno, R. I., Alfaini, L. Z., & Syabrina, W. P. (2021, November). Meningkatkan Penjualan Melalui Strategi Pemasaran Digital Pada Umkm Konveksi Sucex Kaos Sumedang Jalan Sukatali Raya, Kecamatan Situraja, Kabupaten Sumedang. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Taufik, M. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing Pada ES Teh Indonesia Cabang Lamongan. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(2), 247-250.

Downloads

Published

2023-04-20