Sosialisasi Lesson Study Berbasis Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SMP N 2 Puri Mojokerto
Keywords:
kompetensi, lesson study, penelitian tindakan kelasAbstract
Pengabdian ini berusaha untuk memberikan pemahaman kepada para guru meningkatkan kompetensinya melalui kegiatan lesson study berbasis PTK. Tahapan kegiatan pengabdian ini meliputi: penyampaian materi, mendiskusikan materi, menyusun laporan PTK, dan refleksi. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan menggunakan jenis workshop. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode ceramah, diskusi, dan latihan. Metode ceramah dilakukan dengan memberikan materi kepada guru mengenai Lesson Study berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Diskusi dan latihan dilakukan dengan cara menerapkan materi yang telah diberikan oleh pemateri. Pada proses latihan praktik, guru diminta untuk melakukan praktik. Hasil kegiatan pengabdian dalam bentuk sosialisasi Lesson Study berbasis penelitian tindakan kelas membawa dampak positif bagi peningkatan kompetensi dan profesionalitas guru.
References
Arifin, Z. Menjadi Guru Profesional. Edutech, 1 (3), 132-155.
Chamisijatin, L., dan Zaenab, S. 2013. Implementasi Lesson Study untuk Meningkatkan Pelaksanaan Pendekatan Scientific Guru IPA SMP Muhamadiyah 6 Kabupaten Malang Proses pembelajaran pada Kurikulum. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 47–60.
Copriady, J. 2013. The Implementation of Lesson Study Programme for Developing Professionalism in Teaching Profession. Asian Social Science, 9. doi: 10.5539/ass.v9n12p176.
Harputra, Y., Ramadhani, Y. R. 2021. Pelatihan Lesson Study Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat RADIASI, Vol 1 (1), 1-5.
Hermawan, W., Jayanti, R., dan Dilematik, Timurrana. 2022. Pendampingan Guru PAUD Upaya Pengembangan Karakteristik Reseliensi Belajar Melalui Inovas Pembelajaran. Dharma Jnana Vol 2 (3 ), 230-238.
Hikmawati, J.A.S. 2018. Simulasi Kegiatan Lesson Study Sebagai Upaya untuk Mengembangkan Profesionalisme Pendidik. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat 1 (2), 215-222.
Mustafa, P.S., et al. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga. Malang: Universitas Negeri Malang.
Prihantoro, A. and Hidayat, F. 2019. Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 9 (1), 49–60. doi: 10.47200/ulumuddin.v9i1.283.
Senjayawati, S., Minarti, E. D., Hutajulu, M. 2021. Pendampingan Lesson Study bagi Guru Sebagai Alternatif Pembelajaran Matematika di MA Cahaya Harapan Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Abdimas Siliwangi Vol 4 (01), 82-93.
Suana Wayan, Wijaya Agung Putra, T. L. 2014. Peningkatan Keterapilan Guru Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui Model Lesson Study Berbasis Sekolah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 61–71.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Dharma Jnana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.