Pelatihan Tenses Bahasa Inggris Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Di Omah Sinau Pelangi Secara Daring

Authors

  • Eka Susylowati Universitas Trunojoyo Madura
  • Meria Zakiyah Alfisuma Universitas Trunojoyo Madura

Keywords:

omah sinau pelangi, pelatihan bahasa inggris , tenses

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan mengenai tenses bahasa Inggris kepada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Omah Sinau Pelangi di Kabupaten Klaten secara daring. Terdapat berbagai hambatan yang dihadapi oleh siswa di Omah Sinau Pelangi dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris yaitu berkaitan dengan kompetensi berbahasa. Dengan demikian, pelatihan tenses bahasa Inggris ini dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuannya dalam keterampilan berbahasa Inggris sehingga siswa yang tidak memiliki latar belakang kompetensi bahasa Inggris akan mudah untuk belajar dan memiliki motivasi yang tinggi untuk meningkatkan kompetensi dalam bahasa Inggris. Metode pengabdian dilaksanakan dengan persiapan, pada tahap ini dilakukan pelaksanaan kegiatan berupa penyuluhan atau pemahaman tentang konsep tenses dan implementasinya, latihan soal dan penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan. Hasil pengabdian yaitu setelah dilakukan pelatihan tenses bahasa Inggris, siswa terbantu dalam meningkatkan ketrampilan berbahasa Inggris.

References

Canale, Michael. (1983). From Communicative Competence to Communicative Language Pedadogy dalam Language and Communication, Jack Richard & Richard W Schmidt (Ed) 1983. London: Longman.

Cyssco, Dhanny R. 2004. Preparation & Strategies for TOEFL. Jakarta : Puspa Swara.

Irawati, L. F. (2015). Belajar Grammar Praktis Langsung Paham . Yogyakarta : Pusat Studi Bahasa.

Lathif, Sunu Farid. 2014. The Paper Based Preparation for TOEFL. Royal English.

Muhammad Amiruddin dan Ukhti Raudhatul Jannah. (2021). Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Dini di Daerah Terpencil Kecamatan Pademawu Pamekasan. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat p-ISSN: 2797-9407, e-ISSN: 2797-9423 Volume 1, nomor 1, 2021, hal. 18-22 Doi: https://doi.org/10.53299/bajpm.v1i1.34.

Murphy, Raymond. 1985. English Grammar in Use. Cambrigde: Cam¬bridge University Press.

Riyanto, Slamet. 2014. Changing Times Changing Tenses. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Susylowati, Eka. 2015. Bahasa Inggris bagi Pemula. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sutardi, A. (2011). The Pocket Handbook of Daily Conversation And Dictionary of Basic English. Jakarta: Mobile English Plus.

Walker Elaine & Elsworth Steve, 1990. Grammar Practice for Intermediate Students, Binarupa Aksara.

Downloads

Published

2023-04-20