Pelatihan Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Halu Kopi

Authors

  • Zuliyati Universitas Muria Kudus
  • Evana Andriani Universitas Muria Kudus
  • Izza Ashsifa Universitas Muria Kudus
  • Affan Wazzar Achmad Universitas Muria Kudus
  • Febra Robiyanto Universitas Muria Kudus

Keywords:

pemasaran digital, penjualan, strategi pemasaran, UMKM

Abstract

Perubahan besar terjadi dalam kehidupan manusia pasca pandemi Covid-19. Dalam dua tahun setelah awal dari pandemi Covid-19, perkembangan teknologi sangat cepat dan mempengaruhi semua aspek kehidupan. Tidak dipungkiri perkembangan teknologi juga membantu para UMKM untuk memasarkan produk mereka. Hal tersebut dikarenakan perubahan perilaku belanja dari para konsumen menjadi lebih cenderung berbelanja secara online. Para UMKM tentunya membutuhkan strategi digital marketing yang tepat untuk menangkap peluang tersebut. Saat ini tersedia banyak platform yang bisa digunakan para UMKM untuk menjalankan strategi pemasarannya. Digital marketing mengemas produk secara unik untuk menarik minat para konsumen, digital marketing dapat diterapkan oleh para UMKM menggunakan berbagai aplikasi yang tersedia misalnya seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, Tiktok, bahkan dapat menggunakan e-commerce yang tersedia seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, atau menggunakan aplikasi jasa pesan antar makanan online seperti Gojek, Grab dengan tujuan akhir tentunya untuk meningkatkan penjualan produk mereka. Para pengusaha UMKM ini tentunya harus menyiapkan berbagai strategi pemasaran, dan penting bagi mereka untuk memiliki pengetahuan tentang digital marketing dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan penjualan usahanya.

References

Ali, H. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS .

Chaffey, D., & Smith, P. R. 2008. e-Marketing Excellence: Planning and optimizing your digital marketing, United States: Elsevier.

Chaffey, D., Chadwick, F. E., Mayer, R., & Johnston, K. 2009. Internet Marketing: Strategy,

Implementation, and Practice. United States: Prentice Hall.

Corniani, M. 2006. ‘Marketing digital communication’, Symphonya: Emmerging Issue in Management, No. 2, pp 41-61.

Diana, I. Y. 2017. Analisis Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah.Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Fatwitawati, R. 2018. Pengelolaan Keuangan Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Airputih Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. PKN STAN Press, 01 (1).

I. P. L. E. S., ., D. I. K. K., & ., D. W. C. 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Di Kabupaten Bangli. Jurnal Manajemen Indonesia, 2(1).

Jindrichovska, I. 2013. Financial Management in SMEs. European Research Studies, 16 (Spesial Issue).

Kasmir. 2010. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kotler, P. & Keller, K.L. 2016. Marketing management, 15th ed. United States: Pearson Education.

Liu, J., Ma, C., dan Zhu, P. 2020. Research on Optimization Strategy of Financial Management in Private Enterprises. Anvanced in Economics, Business and Management Research, 155, 458-461.

Lovita, E. dan Sunarsis, U. 2015. Experimental Study: Improved Financial Performance of SMES through Knowledge Development and Training Using Accounting Information (A Case Study PIK Pulogadung - East Jakarta). International Journal of Applied Business and Economic Research, 13 (7), 5743-5758.

Pradiani, T. 2017. Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Jibeka, 11(2), 46–53.

Prasad, V. K., Ramamurthy, K., & Naidu, G. m. 2001. The Influence of Internet- Marketing Integration on Marketing Competencies and Export Performance. Journal of International Marketing, 9(4), 82–110. http://doi.org/10.1509/jimk.9.4.82.19944.

Rohmatin, L., Muliawati, U. F., Khoiriah, L. T., dan Rahmawati, L. 2021. Financial Management Analysis of Micro, Small, and Medium Enterprise (MSME) in the Covid 19 Pandemic Era. Journal of Islamic Finance and Accounting, 4 (1), 71-81.

Ryan, D., & Jones, C., 2009, Understanding Digital Marketing: Marketing strategies for engaging the digital generation. London: Kogan.

Sa’ad, W. N. 2017. Pengaruh e-commerce terhadap peningkatan pendapatan sentra industri keripik pisang bandar lampung ditinjau dari etika bisnis islam.

Sanjaya, R., & Tarigan, J. 2009. Creative Digital Marketing. Jakarta: Elex Media Komputindo Small Business Financial Management: Tips, Importance and Challenges. Diakses pada 8 Januari 2023. http://netsuite.com/

Sulaksono, J. 2020. Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan

Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1),

–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906

Sulistyowati, E., Lestari, N.S. 2016. Faktor-Faktor Penentu Keberhasilan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kota Yogyakarta. Jurnal Maksipreneur, 6 (1).

Voss, G.B. and Voss, Z.G. 2000. Strategic Orientation and Firm Performance in an Artistic Environment. Journal of Marketing, 64, 67-83.

Zulfahmi, A.R., Imaningsih, N., dan Fadil, C. 2022. Optimalisasi Keuangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Batok Atha Craft dengan Aplikasi Financial Digital. Literasi: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1027-1031

Downloads

Published

2023-04-20