Pelatihan Praktik Bahasa Inggris Di Bidang Pariwisata (English For Tourism) Bagi Siswa SMKN Jurusan Pariwisata Di Kota Denpasar

Authors

  • A.A. Manik Pratiwi Universitas Udayana
  • Putu Diah Kesumadewi Universitas Udayana

Keywords:

Bahasa Inggris, Pariwisata, Pelatihan, Praktik, Siswa SMK

Abstract

Dampak dari adanya pandemi Covid -19, metode pembelajaran di SMK yang sebelumnya menerapkan metode tatap muka di kelas dirubah menjadi metode pembelajaran daring. Dengan kondisi seperti ini menyebabkan kesulitan bagi setiap orang yang memiliki aktivitas di luar rumah ditambah lagi guru yang tidak bisa langsung mengamati, memperhatikan, tatap mata langsung dengan siswa yang menyebabkan pembelajaran menjadi kurang maksimal. Saat ini setelah kondisi membaik dimana kasus Covid – 19 semakin menurun, metode pembelajaran dapat dilakukan secara tatap muka di kelas dan pembelajaran daring. Dengan kondisi belajar yang kurang kondusif seperti ini peran guru dan orang tua sangat diperlukan agar siswa SMK tetap semangat dalam proses belajar. Melalui pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan praktik penggunaan bahasa Inggris di bidang pariwisata bagi siswa SMK jurusan pariwisata. Dengan memiliki kemampuan bahasa Inggris yang aplikatif diharapkan dapat digunakan selanjutnya oleh siswa SMK jurusan pariwisata untuk berkomunikasi dalam bidang pariwisata saat memasuki dunia kerja.

References

Ahmad Izzan dan FM Mahfuddin. (2014). How To Master English. Jakarta: Kesaint Blanc Publishing.

Darsono, H., Nur Fitri, A., Rahardjo, B., Imanuela, M. Z., & M Lasambouw, C. (2020). Pembelajaran. Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Saat Pandemi Covid-19(Kajian di Politeknik Negeri Bandung).

Kardimin. (2016). Pintar menerjemah: wawasan teoritik dan praktek. Yogyakarta: Pustaka pelajar

Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19.

Downloads

Published

2022-12-20