Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pengolahan Abon Ikan Lele dan Digital Marketing Sebagai Upaya Peningkatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Kedungbetik

Authors

  • Sinta Dwi Machfiroh STKIP PGRI Jombang
  • Yessy Nur Azizah STKIP PGRI Jombang
  • Reynaldi Firmansyah STKIP PGRI Jombang
  • M.Rizal An-Nur STKIP PGRI Jombang
  • Lina Susilowati STKIP PGRI Jombang

Keywords:

digital marketing , pemasaran, pengolahan abon lele

Abstract

Produksi olahan ikan yang disulap menjadi abon dan lain-lain adalah strategi masyarakat untuk meningkatkan ekonomi. Utamanya untuk Desa Kedungbetik yang memiliki potensi dalam bidang perikanan. Adanya produk yang diproduksi di sebuah tempat tentu membutuhkan media pemasaran. Salah satunya adalah dengan menerapkannya sistem Digital Marketing. Marketplace dan produk yang dipilih sebagai materi pelatihan dibuat menyesuaikan kondisi mitra pengabdian, yakni ibu-ibu PKK Desa Kedungbetik. Digital marketing merupakan aktivitas promosi produk berbasis media digital. Kegiatan pengabdian ini dilakukan di Desa Kedungbetik, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang. Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kreativitas serta menumbuhkan bakat, minat, wirausaha untuk kompetensi digital media. Pelatihan pengolahan abon ikan lele dan digital marketing ini meliputi beberapa rangkaian kegiatan yakni, 1) Sosialiasi Program Kepada Ibu-Ibu PKK Desa Kedungbetik, 2) Pembuatan Abon Setengah Jadi, 3) Pelatihan pembuatan dan pengemasan serta digital marketing, 4) Pendampingan Pembuatan Akun Media Promosi. Hasil pelatihan dapat dijadikan sebagai bekal dan inovasi dalam menyusun strategi pemasaran dan penjualan Abon Ikan Lele dimasa sekarang dan di masa yang akan datang untuk mencapai tujuan yang lebih baik. Pelatihan ini diikuti 22 Ibu-ibu PKK dengan hasil kegiatan diantaranya 75% peserta pelatihan setuju bahwa kegiatan pelatihan yang dilakukan ini sangat bermanfaat.

References

Ardiansyah, P. T. 2021. Sosialisasi Pembuatan Abon Lele Untuk Menaikkan Perekonomian Warga Yang Terdampak Pandemi Covid-19 Serta Pengembangan Dan Peningkatan Usahamikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kelurahan Ploso Rt. 13/Rw.05, Kecamatan Tambaksari Kota Surabaya. Seminar Nasional Patriot Mengabdi, 1-5.

Arvianti, E. Y., Anggrasari, H., & Hastutiningtyas, W. R. 2022. Peningkatan Kompetensi Siswa Dengan Pelatihan Pembuatan Abon Ikan Lele Dan Analisis Usaha Di SMP Negeri 26, Malang. Jurnal Akses Pengabdian Indonesia, Vol 7 (1), 49-54.

Aufa, M., Rozaq, A., Rahim, A. R., Fauziyah, N., & Sukaris. 2021. Pelatiha Pembuatan Abon Dari Ikan Lele Guna Meningkatkan Harga Jual. Journal Of Community Service, Vol 3 (2), 910-919.

Harianti, R., & Tanberika, F. S. 2018. Pemberdayaan Wanita Tani Melalui Produksi Abon Ikan Lele. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan MasyarakaT, Vol 5 (2) , 167-180.

Hendrawan, A. K., Soolany, C., Aji, D. O., Al Ahmad, F. K., & Rohman, S. H. 2022. Pelatihan Pembuatan Produk Abon Ikan Lele Berbasis Teknologi Untuk Peningkatan Pendapatan di Kelompok Tani Balepa Desa Bulupayung Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Jurnal Pengabdian Masyarakat Abditeknoyasa, Vol 3 (2), 18-123.

Jusniati, Patang, & Kadirman. 2017. Pembuatan Abon Dari Jantung Pisang Dengan Penambahan Ikan Tongkol. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, Vol 3 (1), 58-66.

Miswaty, Luthfitasari, R., & Susilo Handoyo. 2021. Pelatihan Pembuatan Abon Lele untuk Meningkatkan Perekonomian. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (SINAPMAS) 2021 (pp. 258-261). Malang: Sinapmas Biotek.

Mulyadi, M., & Indriati, K. 2021. Pendampingan Pengolahan Lele Menjadi Abon Lele Tanpa Minyak di Desa Sampora, Tangerang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Charitas,Vol 1 (1), 28-32.

Sundari, R. S., Kusmayadi, A., & Fitriadi, B. W. 2021. Teknologi Pembuatan Abon Ikan Lele Bebas Bau Amis (Penyuluhan dan Implementasi). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, Vol 6 (1), 546-554.

Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. 2020. Digital Marketing. Malang: Edulitera.

Downloads

Published

2023-04-20