Pelatihan Pembukuan Sederhana Bagi Pelaku UMKM Pengolahan Hasil Laut Di Kelurahan Kolo Kota Bima

Authors

  • Aliah Pratiwi STIE BIMA
  • Nurul Huda STIE BIMA
  • Jaenab STIE BIMA
  • Nafisah Nurulrahmatiah STIE BIMA
  • M. Rimawan STIE BIMA

Keywords:

pelatihan, pembukuan sederhana, UMKM

Abstract

UMKM merupakan salah satu sektor yang mendukung pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Sektor UMKM harus mampu menyediakan laporan keuangannya. Pengabdian masyarakat ini dilakukan di Kelurahan Kolo Kota Bima NTB, salah satu daerah yang UMKM-nya belum mampu sepenuhnya membuat pembukuan sederhana. Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang berjudul Pelatihan Pembukuan Sederhana bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pengolahan hasil laut di Kelurahan Kolo Kota Bima adalah agar masyarakat di Kelurahan Kolo Kota Bima yang mayoritas sebagai pelaku UMKM mampu membuat pembukuan sederhana atas transaksi keuangan yang dimiliki sehingga penerimaan, pengeluaran dan keuntungan (laba) atau kerugian yang diperoleh dapat terukur dan dikendalikan untuk mengetahui kemajuan usahanya dari waktu ke waktu. Adapun metode yang digunakan adalah pelatihan mengenai pembuatan pembukuan secara sederhana dengan menggunakan Buku Penerimaan dan Pengeluaran Kas atas semua kegiatan operasional UMKM. Pelatihan Pembukuan Sederhana bagi UMKM di Kelurahan Kolo Kota Bima mendapatkan respon yang positif. Luaran dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah para pelaku UMKM mampu melakukan pembukuan atas usahanya secara rutin dengan menggunakan Buku Penerimaan dan Pengeluaran Kas serta menghitung keuntungan (laba) atau kerugian dengan benar.

References

Lestiani, E., Maryam, S., & widayanti, R. 2020. Pengaruh Persepsi dan Pengetahuan Konsumen Terhadap Ecolabelling pada Kepuasan Pembelian Green Product. Bongaya Journal Research in Management, 3 (2), 7-13

Limanseto, H. 2021. Konsumsi Jamu Meningkat, Pemerintah Berdayakan UMKM Dengan Pendekatan Klaster Obat Tradisional. Ekon.go.id.

Maulani. Terra Saptina. (2016). Pelatihan Pembukuan Keuangan Sederhana dan Motivasi Kewirausahaan pada Kelompok Usaha Makanan RW 02 Kelurahan Neglasari Kecamatan Cibeunying Kaler Bandung. Jurnal Dharma Bakti STIE Ekuitas, 1(1),p.33

Mubarok Abdullah, Faqihudin. 2011. Pengelolaan Keuangan Untuk Usaha Kecil dan Menengah. Suluh Media, Tangerang.

Nurlinda dan Sinuraya. 2020. Potensi UMKM dalam Menyangga Perekonomian Kerakyatan di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Literatur. Prosiding Seminar Akademik Tahunan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan.

Rivai, V. (2013). Comercial Bank management: Manajemen Perbankan dan Teori ke Praktik. Edisi 1. Cetakan 1. Jakarta: Rajawali Pers.

Sembiring, Y., Elisabeth, D,M. 2018. Penerapan Sistem Akuntansi pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kabupaten Toba Samosir. Jurnal Manajemen. 4 (2). 89-101.

Downloads

Published

2022-12-20