Upaya Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Diversifikasi Olahan Umbian Kanti Menjadi Kerupuk Kanti Varian Rasa Di Desa Raba Baka Kabupaten Dompu

Authors

  • Firmansyah Kusumayadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Amirulmukminin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Muhammad Yusuf Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Yakub Subhan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • M. Maolidin Febrian Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima

Keywords:

pemberdayaan, masyarakat, diversifikasi, kerupuk kanti

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini untuk memberikan pelatihan terkait pembuatan kerupuk kanti varian rasa dalam memberdayakan masyarakat khusunya bagi ibu-ibu rumah tangga di Desa Raba Baka Kabupaten Dompu dan untuk mengetahui respon ibu-ibu rumah tangga di Desa Raba Baka terhadap pelatihan pembuatan kerupuk kanti. Adapun metode kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode ceramah, demonstrasi, metode tanya jawab dan latihan dalam pembuatan dan pengolahan kerupuk kanti. Pelatihan ini melibatkan para anggota mahasiswa Kuliah Kerja Nyata yang didampingi oleh dosen pendamping dari Prodi Manajemen dengan peserta para ibu-ibu PKK dan ibu rumah tangga di Desa Raba Baka. Adapun hasil dari pelatihan pembuatan kerupuk kanti varian rasa yang di yaitu (1) hasil evaluasi terhadap olahan kerupuk kanti yang dibuat peserta pelatihan secara umum termasuk kategori baik dengan rata-rata keberhasilan 80%, (2) tanggapan dari ibu-ibu PKK dan ibu rumah tangga dalam pelaksanaan pelatihan pembuatan olahan kerupuk kanti ini sangat baik, dilihat dari kehadiran mencapai 85% dan mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir.

References

Hartatik. (2014). Buku Praktis Mengembangkan Sumber Daya Manusia. Laksana.

Https://id.wikipedia.org/wiki/Gembili

Kaswan. (2015). Pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan Kinerja SDM (Alfabeta (ed.)). Alfabeta.

Oktarina. (2019). Penguatan umkm Melalui Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Jangkauan Pemasaran di Kecamatan Toroh Purwodadi. ABDIMAS, 23(2), 170–174.

Rodhiah, Widyani, A. I., & Winduwati, S. (2021). Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Melalui Redesain Kemasan UKM Cap Cus Di Jambi. PRIMA : Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.55047/prima.v1i1.10

Suhendra. (2006). Peranan Birokrasi Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Alfabeta.

Widantoro (2021). Pelatihan Pemberdayaan Kelompok Wanita Pembuat kerupuk Ubi Ungu Di Desa Padahanten. Volume 2 No. 2 (780-786)

Downloads

Published

2022-12-20