Penerapan Pemantauan Kualitas Air Dan Keamanan Berbasis Internet Of Things (IoT) Pada Budidaya Ikan Hias Di Desa Ciseeng Kabupaten Bogor

Authors

  • Ahmad Sabiq Universitas YARSI
  • Muhammad Fathurahman Universitas YARSI
  • Hendra Wicaksono Universitas YARSI

Keywords:

ikan hias, IoT, kualitas air, sistem keamanan

Abstract

Kelompok Tani Budidaya Ikan Hias ALTUM Ciseeng (Aliansi Tani UMKM Ciseeng) di desa Ciseeng tersebut sebagian besar beternak ikan hias seperti ikan Koi, ikan Koki, dan ikan Lohan. Para anggota kelompok tani ikan hias tersebut memiliki permasalahan-permasalahan yang perlu dipecahkan, antara lain 1) Kurangnya sarana teknologi yang menunjang proses budidaya, terutama untuk menjaga kondisi dan kualitas air yang digunakan. 2) Tidak adanya pengamanan yang ketat di lokasi budidaya, sehingga seringkali para petani mengalami pencurian ikan hias, terutama saat menjelang panen tiba. serta 3) Kurangnya pengetahuan dan ketrampilan dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk menunjang budidaya ikan hias. Tim pengabdian melaksanakan kegiatan untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh para petani ikan hias, antara lain: 1) Menerapkan sistem pemantuan kondisi dan kualitas air berbasis Internet of Things (IoT) pada kolam yang digunakan untuk budidaya ikan hias, agar dapat menghasilkan produk ikan hias yang lebih berkualitas. 2) Menerapkan sistem keamanan lingkungan berbasis IoT di lokasi budidaya ikan hias untuk melindungi ikan-ikan dari ancaman pencurian, serta 3) Melakukan pelatihan kepada para petani untuk dapat memanfaatkan sistem berbasis IoT yang digunakan untuk meningkatkan hasil dan daya saing produk ikan hias. Hasilnya penerapan perangkat IoT untuk pemantauan kualitas air kolam ikan hias dapat membantu petani ikan hias dalam mengelola kolam dengan lebih efektif.

References

Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor, 2015. Detail Desa Ciseeng. https://kecamatanciseeng.bogorkab.go.id/desa/222, (diakses tanggal 05-02-2022)

Wilayah Desa Ciseeng, Portal Resmi Desa Ciseeng, https://desaciseeng.web.id/portal/sejarahciseeng.php , (diakses tanggal 05-02-2022)

Downloads

Published

2022-12-20