Penyuluhan Pengelolaan Keuangan Moderen Dan Penjualan Menggunakan Marketplace Pada UMKM Al-Hadi

Authors

  • Evana Andriani Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muria Kudus
  • Faridhatun Faidah Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muria Kudus
  • Supriyono Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muria Kudus

Keywords:

literasi keuangan, marketplace, UMKM

Abstract

Banyak program pembatasan yang diberlakukan di tengah Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung sejak awal tahun 2020 di Indonesia. Pembatasan tersebut tentunya memberikan banyak dampak, mulai dari berkurangnya mobilitas penduduk hingga penurunan jumlah pendapatan setiap harinya. Dengan adanya pembatasan tersebut tentunya pelaku usaha harus dapat mengambil langkah cepat tanggap untuk menyelamatkan usaha mereka dan tetap bertahan pada keadaan yang masih belum menentu hingga saat ini. Banyak cara yang dapat dilakukan oleh para pengusaha khususnya pada UMKM Al-Hadi yang berfokus pada penjualan jasa persewaan alat pesta dan tenda acara. UMKM Al-Hadi bias memanfaatkan marketplace untuk menawarkan jasa persewaan alat pesta dan tenda yang mereka miliki kepada pasar yang lebih luas. Setelah melakukan penjualan menggunakan marketplace, UMKM Al-Hadi dapat memanfaatkan pengelolaan keuangan moderen baik yang disediakan oleh Marketplace tersebut atau pengelolaan keuangan moderen yang banyak tersedia di aplikasi seluler, hal ini bertujuan agar pengelolaan keuangan dan penjualan jasa persewaan yang semula masi menggunakan cara tradisional, dapat berkembang mengikuti perubahan teknologi dan dapat mencakup pasar yang lebih luas pula. Oleh karena itu tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada UMKM Al-Hadi tentang pengelolaan keuangan moderen dan penggunaan marketplace pada usaha yang dimiliki oleh UMKM Al-Hadi. Setelah melakukan pengabdian ini diharapkan UMKM Al-Hadi memahami pentingnya pengelolaan keuangan moderen dan mampu menggunakan marketplace sebagai alat untuk mengembangkan pasar di tengah pandemic Covid-19 saat ini

References

Bakos, J. Y. (1997). Reducing Buyer Search Costs: Implications for Electronic Marketplaces. Management Science, 43(12), 1676–1692

Chen, H dan Volpe, R.P, 1998. “An Analysis of Personal Literacy Among College Students”. Financial Services Review. Vol. 7 (2).

E. Maier and J. Wieringa, (2020). Acquiring Customers through Online Marketplaces? The Effect of Marketplace Sales on Sales in a Retailer’s own Channels, International Journal of Research in Marketing.

Evans, D. S., & Schmalensee, R. (2016). Matchmakers: The new economics of multisided platforms. Boston, Massachusetts: Harvard Business Review Press.

Fatoki, Olawale. 2014. The Financial Literacy of Micro Entrepreneurs in South Africa. J See Sel. Vol 40 (2)

Mulyasa E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Rosdakarya.

Parker, G., van Alstyne, M., & Choudary, S. P. (2016). Platform revolution (First edition). New York, London: W.W. Norton & Company.

Rangaswamy, A., Moch, N., Felten, C., Van Bruggen, G., Wieringa, J. E., & Wirtz, J. (2020).

The Role of Marketing in Digital Business Platforms. Journal of Interactive Marketing.(forthcoming).

Reinartz, W., Wiegand, N., & Imschloss, M. (2019). The impact of digital transformation on

the retailing value chain. International Journal of Research in Marketing, 36(3), 350–366.

Wirtz, J., So, K. K. F., Mody, M. A., Liu, S. Q., & Chun, H. H. (2019). Platforms in the peerto-peer sharing economy. Journal of Service Management, 30(4), 452–483.

Yul Lee, J., Kim, J. in, & Fan, Q. (2013). The impact of web site quality on flow‐ related online shopping behaviors in C2C e‐ marketplaces: A cross‐ national study. Managing Service Quality: an International Journal, 23(5), 364–387.

Zhang, S., Pauwels, K., & Peng, C. (2019). The Impact of Adding Online-to-Offline Service Platform Channels on Firms' Offline and Total Sales and Profits. Journal of Interactive Marketing, 47, 115–128.

Downloads

Published

2022-08-20