Pembuatan Dan Peyuluhan Manfaat Virgin Coconut Oil Dalam Bidang Kesehatan Sebagai Alternatif Pengobatan Herbal Pada Kelurahan Kalegowa Kabupaten Gowa

Authors

  • Miladiarsi Program Studi S1 Sains Biomedis Fakultas Teknologi Kesehatan, Universitas Megarezky
  • Wahdaniar Program Studi S1 Sains Biomedis Fakultas Teknologi Kesehatan, Universitas Megarezky
  • Ade Irma Program Studi S1 Sains Biomedis Fakultas Teknologi Kesehatan, Universitas Megarezky
  • Hijral Aswad Program Studi S1 Sains Biomedis Fakultas Teknologi Kesehatan, Universitas Megarezky
  • Juniati Binti Lukman Program Studi S1 Sains Biomedis Fakultas Teknologi Kesehatan, Universitas Megarezky
  • Alief Ihram Fatany Program Studi S1 Sains Biomedis Fakultas Teknologi Kesehatan, Universitas Megarezky
  • Arafah Nurfadillah Program Studi Bioinformatika Fakultas Teknologi Kesehatan Universitas Megarezky
  • Tenri Ayu Adri Program Studi S1 Farmasi Fakultas Farmasi, Universitas Megarezky

Keywords:

herbal, penyuluhan, virgin coconut oil (vco)

Abstract

Virgin coconut oil (VCO) adalah minyak kelapa yang diekstraksi dan bermanfaat bagi kesehatan. VCO dibuat dengan kopra, atau daging kelapa kering yang dikeluarkan dari cangkang dan ditekan untuk mengekstrak minyak alami. Pengabdian ini  bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pembuatan dan pemanfaatan VCO sebagai alternatif pengobatan herbal. Kegiatan ini dilakukan di kelurahan Kalegowa yang keseharian masyarakatnya sering meakukan kegiatan di kantor lurah dengan memanfaatkan sumberdaya alam yang ada dan mudah untuk didapatkan. Metode yang dilakukan pada pengabdian ini yaitu memberikan solusi dan pengetahuan khususnya di bidang kesehatan mengenai pemanfaatan VCO sebagai obat alternatif herbal. Melalui kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat untuk memahami tehnik pembuatan VCO dan manfaatnya. Peserta dalam program pengabdian ini sangat antusias untuk menerima dan meaksanakan setiap tahapan yang diajarkan.

References

Cahyani, A., & Asmoro, N. W. (2021). Pengaruh Lama Fermentasi terhadap Rendemen dan Sifat Fisikokimia VCO (Virgin Coconut Oil).: Effect of Fermentation Time on Yield and Physicochemical Properties of VCO (Virgin Coconut Oil). Pro Food, 7(1), 852-858.

Hardi, J., Syaiful, B., & Buheli, R. A. P. (2021). Pembuatan VCO memanfaatkan bonggol nanas sebagai sumber bromelin di Desa Bale Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(1), 117-125.

Hasibuan, C. F., Rahmiati, R., & Nasution, J. (2018). Pembuatan virgin coconut oil (vco) dengan menggunakan cara tradisional. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 128-132.

Ilmiah, S. N., Rahma, Y. A., Fitri, I., Wahidah, F. F., Alif, T., & Sari, I. M. (2022). Pengenalan Pembuatan Virgin Coconut Oil Melalui Teknik Kombinasi Fermentasi dan Enzimatis Bagi Mayarakat Jabung, Lamongan. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 6(3), 620-629.

Kusuma, M.A., & Nia A. P. 2020. Asam lemak virgin coconut oil (VCO) dan manfaatnya untuk kesehatan. Jurnal Agrinika. 4 (1):93-107.

Marlina, Dwi Wijayanti, Ivo Pangesti Yudistari, dan Lilis Safitri, Pengaruh Virgin Coconut Oil Dari Kelapa Dihibrid Menggunakan Metode Penggaraman Dengan NaCl Dan Garam Dapur (Jurnal Chemurgy, Vol. 01 No. 2, 2017), h. 8.

Pramitha, D. A. I., & Wibawa, A. A. C. (2021). Pemanfaatan Virgin Coconut Oil (VCO) dalam Kehidupan Sehari-Hari di Desa Cemagi Badung Bali. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 2(1), 24-29.

Putri, R. S., & Ali, A. (2021). Pelatihan Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) di Desa Bulo Wattang sebagai Tindakan Preventif untuk Menjaga Kesehatan Masyarakat. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 5(1), 8-16.

Sukma Budi Aryani, Haqqifizta Ratihwulan, Asmawit. (2021). Kualitas Produk Virgin Coconut Oil VCO. Jurnal Riset Industri 13(2), 133-142.

Suryani M. 2019. Rahasia Virgin Coconut Oil (VCO) dapat membantu penyembuhan covid-19 ditinjau dari perspektif biokimia. Unitomo Press. Surabaya.

Downloads

Published

2022-08-20