Cashless Strategi Pada PT. Pelni (Persero) Cabang Denpasar

Authors

  • Luh Komang Merawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dinda Ainayah Safitri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

non-tunai, pembayaran, uang

Abstract

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan ilmu pengetahuan membawa dampak  ke segala sektor, tak terkecuali perkembangan sektor keuangan dan perbankan. Dalam sektor keuangan dan perbankan perkembangan teknologi tersebut telah menghadirkan alat pembayaran baru yaitu uang non-tunai. PT. PELNI (Persero) mengajak seluruh pengguna jasanya untuk melakukan transaksi pembelian tiket kapal secara non-tunai. Tidak hanya di loket kantor cabang, pembayaran secara non-tunai juga dapat dilakukan oleh pelanggan pada saat pembelian tiket secara online melalui website dan aplikasi PELNI Mobile Apps. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan di PT. PELNI (Persero) Cabang Denpasar. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman calon penumpang tentang transaksi pembelian tiket secara non-tunai. Metode yang digunakan adalah edukasi, pelatihan dan pendampingan. Kegiatan ini berjalan dengan baik karena antusiasnya partisipasi dari karyawan PT. PELNI (Persero) Cabang Denpasar. Setelah dilakukannya kegiatan ini didapatkan hasil yaitu terjadinya peningkatan jumlah penumpang yang melakukan transaksi pembelian tiket secara non-tunai dan melakukan reservasi tiket secara online.

References

Divayana, Dewa Gede Hendra, Gusti Ayu Dessy Sugiharni. (2016). Evaluasi Program Sertifikasi Komputer Pada Universitas Teknologi Indonesia Menggunakan Model Cse-Ucla. Jurnal Pendidikan Indonesia Universitas Pendidikan Ganesha, (Volume Nomor 5).

Febriaty, H. (2019). Pengaruh Sistem Pembayaran Non Tunai Dalam Era Digital Terhadap Tingkat Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 2, 307–313.

Harahap, N. (2018). Pengaruh Transaksi Non Tunai menggunakan Layanan Virtual Bisnis terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Indomarco Prismatama Cabang Medan. Bisnis-Net Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(1).

Haryono, H. (2020). Analisis Penerapan Sistem Transaksi Non Tunai Dalam Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Landak. JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura), 9(2).

Sunariani, N. N., and I. G. N. K. Ariwangsa. (2016). Less cash society, pemalsuan uang, money laundering, inflasi, dan nilai tukar. Jurnal Manajemen & Bisnis. 13(1): 1892-8486.

Downloads

Published

2022-08-20