Pelatihan Penggunaan Aplikasi Zoom di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Batungsel Dalam Kampus Mengajar Angkatan III

Authors

  • Made Wahyu Adhiputra Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI)

Keywords:

kampus mengajar III, pelatihan, pembelajaran, zoom

Abstract

Kampus mengajar program Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Angkatan III memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk belajar dan meluaskan diri melalui kegiatan perkuliahan di luar kelas.  Program yang dilaksanakan yaitu : memberikan bantuan guru dalam adaptasi teknologi selama melaksanakan proses belajar mengajar, berkolaborasi dengan bapak dan ibu guru di sekolah terutama pembelajaran literasi dan numerasi baik itu online maupun tatap muka dan membantu administrasi manajerial sekolah. Dengan adanya pandemi COVID-19 mengakibatkan aktivitas manusia menjadi terganggu, termasuk proses pembelajaran di sektor pendidikan. Pemerintah mengeluarkan sebuah kebijakan bahwa pembelajaran dilakukan daring. Dengan metode pembelajaran daring mengharuskan untuk menguasai penggunaan teknologi dan hal itu masih dianggap baru oleh sebagian guru. Kegiatan ini ditujukan untuk seluruh guru dan tenaga pendidik Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Batungsel dan kegiatan dilakukan dengan tiga proses yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahap persiapan dilakukan dengan bertemu dengan pihak sekolah untuk menentukan topik, jadwal dan waktu pelaksanaan. Tahap pelaksanaan dilakukan dengan mempresentasikan dan mempraktekkan penggunaan aplikasi zoom secara langsung. Tahap evaluasi yang dilakukan dengan membantu menerima keluhan terhadap penggunaan aplikasi dari peserta setelah kegiatan dilakukan. Hasil kegiatan dapat meningkatkan kemampuan dalam penggunaan aplikasi zoom sehingga proses pembelajaran daring menjadi efektif dan maksimal.

References

Archibald, M., Ambagthsheer, R.C., Casey, M. G., Lawless, M. (2019), Using Zoom Videoconferencing for Qualitative Data Collection Perpections and Experiences of Researchers and Participants, International Journal of Qualitative Methods, 10, 1-8.

Brahma, I. A. (2020). Penggunaan zoom sebagai pembelajaran berbasis online dalam mata kuliah sosiologi dan antropologi pada mahasiswa PPKN di STKIP Kusumanegara Jakarta. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 97-102.

Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1), 6. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511

Kelana, J. B., Wulandari, M. A., & Wardani, D. S. (2021). Penggunaan Aplikasi Zoom Pandemi Covid-19 Pada Pembelajaran Sains. Jurnal Elementary Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 5. https://doi.org/10.31764/elementary.v4i1.3520

Kemendikbud. (2020a). Booklet Pembelajaran Daring. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.

Kemendikbud. (2020b). Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Kementerian Pendidikan Kebudayan Republik Indonesia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021), Panduan Program Kampus Mengajar Angkatan II.

Marsiding, Z. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Zoom Terhadap Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pranata Edu, 2(1), 7. https://doi.org/10.36090/jipe.v2i1.931

Rosita, Devi Ayu & Damayanti, Rini.2021. Pelaksanaan program kampus mengajar perintis pada sekolah dasar terdampak pandemic covid-19. Prima Magistra : Jurnal Ilmiah Kependidikan .vol 2.

Roy, H., Ray, K., Saha, S., Ghosal, A.K. (2021), A Study on Students Perpections for Online Zoom-app Based Flipped Class Sessions on Anatomy organised During the Lockdown Peroid of COVID- 19 Epoch, Journal of Critical and DiagnosicResearch, 14 (6), 1-4

Setiani, A. (2020). Efektivitas Proses Belajar Aplikasi Zoom di Masa Pandemi dan Setelah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 8.

Setiawan , Fajar.& Sukamto. (2021). Implementasi kampus mengajar perintis (Kmp) sebagai cikal bakal penggerak pembelajaran literasi dan nuerasi di sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 10.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Dharma Bhakti

Widiyono, A., Irfana, S Firdausia, K. (2021), Implementasi merdeka belajar melalui kampus mengajar perintis di sekolah dasar. Metode Didaktik Jurnal Pendidikan ke -SD-an, XVI(2),106

Downloads

Published

2022-08-20