Pembinaan Keterampilan Dharmagita Pada Sekaa Teruna Teruni Di Banjar Dinas Pura Desa Sebudi Kecamatan Selat Kabupaten Karangasem

Authors

  • Ni Putu Gatriyani STKIP Agama Hindu Amlapura
  • I Wayan Jatiyasa STKIP Agama Hindu Amlapura

Keywords:

dharmagita, keterampilan, pembinaan

Abstract

Bahasa sebagai identitas yang mengandung nilai, norma, dan simbol ekspresif untuk membangun solidaritas dan kohesivitas sosial. Masyarakat  beragam memiliki identitas berbingkai sentimen primordial. Seperti halnya, bahasa Bali bermanfaat untuk mengekspresikan ide masyarakat Bali diberbagai aktivitas tradisional dalam agama Hindu, adat, seni dan budaya. Disamping itu tidak lepas  dari sastra Bali, yang berfungsi membentuk karakter generasi muda dalam menghadapi kehidupan, karena mengandung nilai filosofis dan ajaran agama. Salah satu upaya menjaga kelestarian seni sastra Bali melalui kegiatan madharmagita. Masih banyak generasi muda yang kurang paham terhadap dharmagita. Menyikapi fenomena tersebut, maka dipandang perlu melakukan pengabdian kepada masyarakat berbasis pengajaran dan pembelajaran dharmagita di Br Dinas Pura Desa Sebudi Kecamatan Selat Kabupaten Karangasem. Tujuan kegiatan ini meningkatkan pemahaman, pengetahuan tentang eksistensi bahasa Bali melalui Dharmagita. Peserta didik diberikan pelatihan olah vocal menyanyikan sekar rare dan sekar alit. Pembelajaran dilaksanakan  bertim agar optimal. Adapun hasil PKM ini berupa peningkatan kompetensi akademik dan non akademik generasi muda di Br. Dinas Pura Desa Sebudi Kecamatan Selat Kabupaten Karangasem.

References

Kanzunuddin. 2012. Peran Sastra Dalam Pendidikan Karakter. Jakarta : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus.

Putu Sari, Ida Ayu. 2019. Dharmagita Sebagai Terapi Seni Keagamaan Hindu Untuk Dosen Dan Mahasiswa Pada Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Hindu Indonesia. Jurnal Widyanatya. UNHI Denpasar.

Semadi, G.N.Y. 2020. Brahma Cakra Sebuah Tarian Kosmik. Nilacakra.

Subagiasta, I Ketut. 2012. Praktek Agama Hindu. Denpasar: Pustaka Bali Post.

Sudarsana, I. K., & Yuni Arwani, G. A. P. 2018. Internalisasi Pendidikan Karakter Melalui Pelaksanaan Dharmagita Pada Sekaa Teruna. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama.

Susanto, H. 2016. Tuhan Pasti Ahli Matematika. Yogyakarta: Bentang.

Wiguna & Ekaningtyas. 2021. Strategi Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Usia Dini Belajar Daring Di Rumah. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Zulkifli. 2014. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Sejahtera Kita.

Downloads

Published

2022-08-20