Analisis Kelayakan Kemitraan Ayam Broiler Pada Mertha Nadi Farm Ditinjau Dari Segi Aspek Teknis Dan Aspek Lingkungan Di Desa Penyaringan

Authors

  • I Made Adnyana Putra Universitas Mahendradatta
  • Ni Luh Kardini Universitas Mahendradatta
  • Ni Wayan Ari Sudiartini Universitas Mahendradatta

Keywords:

analisis kelayakan, aspek lingkungan, aspek teknis

Abstract

Sistem pemeliharaan ayam broiler perlu ditingkatkan secara intensif, sehingga kendala yang memungkinkan terjadi dapat diselesaikan. Perubahan pola fikir dan sistem pemeliharaan dari tradisional ke intensif perlu dilakukan, selain untuk meningkatkan produktivitas maupun untuk meningkatkan kualitas. Minat peternak semakin tinggi setelah mengetahui bahwa ayam broiler dapat dijual sebelum umur tujuh minggu karena pada umur tersebut bobot tubuhnya hampir sama dengan tubuh ayam kampung dewasa. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Penyaringan Kabupaten Jembrana. Tujuan penelitian untuk mengetahui analisis kelayakan kemitraan ayam broiler ditinjau dari aspek teknis dan lingkungan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, serta dokumentasi dan studi pustaka dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Analisis data yang di gunakan adalah analisis SWOT, metode perencanaan strategi yang di gunakan untuk mengefaluasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman.

References

Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan. 2018. Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan. Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian RI. Jakarta

H Nasir Asman, M. M. (2021). Studi Kelayakan Bisnis (Pedoman Memulai Bisnis Era Revolusi Industri 4.0). Penerbit Adab.

Husen Sobana, H. D. (2018). Studi kelayakan bisnis.

Ichsan, R. N., SE, M., Lukman Nasution, S. E. I., & Sarman Sinaga, S. E. (2019). Studi kelayakan bisnis= Business feasibility study. CV. Sentosa Deli Mandiri.

Kuntari, W. (2017). Peningkatan Kualitas Ayam Ras Pedaging Pada CV Banda Poultry Shop Bandung. Jurnal Sains Terapan, 7(1), 12-24.

Masithoh, S., & Nahraeni, W. (2016). Persepsi Peternak Ayam Pedaging (Broiler) terhadap Kemitraan di Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat. Jurnal AgribiSains, 2(2).

Ningtias, A. P., Hastuti, D., Awami, S. N., & Subekti, E. (2020, August). Analisis Kelayakan Finansial Usaha Peternakan Ayam Broiler Mitra PT Laras Sejati Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Pertanian UNS (Vol. 4, No. 1, pp. 435-443).

Nurmalina, R., Sarianti, T., & Karyadi, A. (2018). Studi kelayakan bisnis. PT Penerbit IPB Press.

Santa, N. M., Kalangi, L. S., & Wantasen, E. (2020). Analisis Kelayakan Usaha Broiler Di Kelurahan Taratara I Kecamatan Tomohon Barat Kota Tomohon. Zootec, 40(1), 289-298.

Subowo, E., & Saputra, M. (2019). Sistem Informasi Peternakan Ayam Broiler Di Kabupaten Pekalongan Berbasis Web dan Android. Jurnal Surya Informatika: Membangun Informasi dan Profesionalisme, 6(1), 53-65.

Downloads

Published

2022-04-20