Peran Kepala Desa Dalam Meningkatkan Kinerja Pelayanan Publik Di Masa Covid-19 Di Desa Penyaringan

Authors

  • I Gede Wardana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahendradatta
  • Ni Wayan Ari Sudiartini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahendradatta

Keywords:

kepala desa, kinerja, pelayanan publik

Abstract

Masyarakat dapat langsung menilai kinerja kepala desa berdasarkan kualitas layanan publik yang diterima. Karena kualitas layanan publik menjadi kepentingan banyak orang dan dampaknya langsung dirasakan masyarakat dari semua kalangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep yang di gunakan kepala desa penyaringan dalam pelayanan publik adapun manfaat yang di harapkan penulis dalam penelitian ini yaitu, hasil temuan dapat di gunakan untuk memecahkan masalah pelayanan publik dalam penyelenggaraan pemeritah desa. Penelitian ini di gunakan metode pendekatan kualitatif dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keberhasilan kepala desa dalam pelayanan publik di desa penyaringan memang karena sudah menjadi niat dan tekat dari kepala desa untuk mewujudkan kepentingan bersama. Di desa penyaringan kabupaten jembrana ini memiliki program dan sesuai bidang untuk desa penyaringan yaitu bidang pembangunan, bidang penyelenggaran pemerintah, bidang perdayaan dan bidang pembinaan dari beberapa bidang tersebut semua itu memiliki jangka yaitu ada jangka menengah yang masih kurang pengadaan tahan untu di jadi kan alun-alun dan untuk jangka pendek itu sudah sesuai dengan APJMDS dala pengelolan sampah plastic masyarakat dan pelestarian hewan-hewan langka yang berada di hutan desa penyaringan.

References

Atep Adya Barata. 2003. Dasar-dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Yudistira.

Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media Organisasi . Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Kasmir. 2006. Manajemen Perbankan. Jakarta: kencana Predana Media Group.

Lembaga Administrasi negara.2006. SANKRI Buku III Landasan dan pedoman pokok penyelenggaraan dan pengembangan sistem administrasi

Moenir, A.S, 2006, manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta.

Ratminto,dkk. 2007. Manajemen Pelayanan Yogyakarta: pustaka Pelajar.

Tamin, F.2004 Mentri Pedayagunaan Aparatur Negara Nomor KEP //25/M.PAN/2/2004 Tanggal 24 Februari 2004

Tamin, F.2003 Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003

Tjiptono. F. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Zeithmal dkk 1990 dan Hardiyansyah. 2012. Services Marketing Mc.Ggraw HillCo.Inc.New York .

Downloads

Published

2022-04-20