Pelaksanaan MBKM Melalui “Kampus Mengajar Angkatan 2” Di SD Negeri 15 Pemecutan

Authors

  • Ni Putu Ayu Mirah Mariati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Putu Sandrya Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Sudiarsa Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Keywords:

adaptasi teknologi, administrasi, literasi, numerasi

Abstract

Kampus Mengajar Angkatan 2 merupakan proses pembelajaran bagi mahasiswa untuk turut serta mengabdi dan berkontribusi terhadap pendidikan Indonesia, utamanya pada jenjang pendidikan SD dan SMP. Program Kampus Mengajar Angkatan 2 ini merupakan sebuah wadah untuk melakukan aksi nyata, bersentuhan langsung dengan para peserta didik dan guru. Berkontribusi secara aktif dan kreatif untuk mengembangkan kualitas pendidikan pada tiap sekolah. Metode observasi, wawancara, dokumentasi dan pengajaran langsung digunakan dalam kegiatan ini. Terdapat 4 target program tetap yg menjadi fokus Kemendikbudristek pada program kampus mengajar kali ini, diantaranya adalah pengembangan kemampuan literasi, numerasi, serta sosialisasi administrasi dan adaptasi teknologi. Keempat target program ini adalah fokus utama giat para mahasiswa selama mengabdi di SD Negeri 15 Pemecutan selama 5 bulan mulai dari 2 Agustus 2021-18 Desember 2021. Mahasiswa telah menjalankan program sesuai dengan tujuan utama Kampus Mengajar Angkatan 2, seperti membantu dalam aspek pembelajaran literasi, numerasi, administrasi sekolah, serta adaptasi teknologi untuk guru maupun peserta didik.

References

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan., Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. 2021. Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 2 Tahun 2021. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Direktorat Sekolah Dasar. 2021. Buku Saku Utama Aktivitas Mahasiswa Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Tahun 2021. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Direktorat Sekolah Dasar., Direktorat Jendral PAUD, Dikdas dan Dikmen. 2021. Buku Saku Penunjang sebagai Referensi & Inspirasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Downloads

Published

2022-04-20