PEMANFAATAN TEKNOLOGI PADA USAHA KULINER DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN PADA ERA NORMAL BARU
Keywords:
Covid 19, new normal, teknologi, UMKM kulinerAbstract
Pandemi Covid 19 telah melumpuhkan perekonomian masyarakat Bali yang bertumpu pada sektor pariwisata. Imbas dari lumpuhnya pariwisata di Bali juga berdampak pada sector kuliner yang menjadi pelengkap industri pariwisata. Bakmi Bunda Koe sebagai salah satu UMKM yang bergerak di bidang kuliner juga merasakan dampak dari pendemi Covid 19. Bakmi Bunda Koe memiliki prospek keberlanjutan usaha yang sangat menjanjikan, namun masih memiliki masalah yang harus dicarikan solusinya. Permasalahan mitra dikelompokkan menjadi dua aspek, yaitu pemasaran, dan keuangan. Ditinjau dari aspek pemasaran permasalahan mitra adalah mitra belum memiliki logo dan brand, banner, daftar menu, dan belum melakukan digital marketing seperti : mitra belum mendaftarkan usahanya pada aplikasi jasa antar makanan, menggunakan sosial media facebook dan instagram. Ditinjau dari aspek keuangan, mitra belum memiliki pencatatan keuangan yang informatif. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah mitra adalah ; dari aspek pemasaran yaitu : membuatkan logo, brand dan banner serta daftar menu, memperluas jangkuan pemasaran melalui media sosial seperti instagram dan facebook, mendaftarkan resto ke aplikasi jasa antar makanan gofood dan mendaftarkan lokasi resto pada Google Maps; dari aspek keuangan yaitu memberikan edukasi tentang pembukuan yang sederhana. Adapun capaian dari program yang dilakukan adalah meningkatnya kemampuan mitra dalam manajemen usaha dan peningkatan kemampuan mitra dalam menggunakan teknologi dalam pemasaran.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Dharma Jnana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.