Peningkatan Kesehatan Gigi Anak Melalui Edukasi Dan Pendampingan Menyikat Gigi Yang Benar
Keywords:
anak sekolah dasar, edukasi menyikat gigi, kebersihan gigi, kesehatan mulut, Pengabdian MasyarakatAbstract
Kesehatan gigi dan mulut yang baik memainkan peran mendasar dalam mendukung pertumbuhan, perkembangan, dan kualitas hidup anak secara keseluruhan. Namun demikian, banyak siswa sekolah dasar masih menunjukkan keterbatasan pengetahuan dan keterampilan yang tidak memadai dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut yang baik, yang meningkatkan kerentanan mereka terhadap karies gigi, penyakit gusi, dan masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya. Program pengabdian masyarakat ini dirancang untuk mengatasi tantangan-tantangan ini dengan meningkatkan kesadaran, pengetahuan, dan keterampilan praktis anak-anak dalam perawatan gigi dan mulut melalui pendidikan yang terarah dan panduan terstruktur tentang teknik menyikat gigi yang benar. Pelaksanaan program ini melibatkan beberapa tahap: observasi awal dan penilaian kebutuhan, penyampaian sesi edukasi kesehatan gigi dan mulut interaktif, demonstrasi langsung metode menyikat gigi yang benar, dan pembagian sikat gigi dan pasta gigi untuk mendorong praktik berkelanjutan di rumah. Inisiatif ini dilakukan bekerja sama dengan guru, administrator sekolah, dan pemerintah desa setempat untuk memastikan partisipasi aktif dan dukungan masyarakat. Evaluasi pasca-kegiatan menunjukkan peningkatan yang signifikan, dengan 80% peserta menunjukkan teknik menyikat gigi yang benar dan peningkatan pemahaman tentang prinsip-prinsip kesehatan gigi dan mulut. Selain perubahan perilaku langsung, program ini menumbuhkan sikap positif terhadap perawatan gigi pribadi dan menyoroti perlunya mengintegrasikan pendidikan kesehatan mulut rutin ke dalam kurikulum sekolah sebagai strategi pencegahan untuk kesejahteraan jangka panjang.
References
Akera, P., Kennedy, S. E., Lingam, R., Obwolo, M. J., Schutte, A. E., & Richmond, R. (2022). Effectiveness of primary school-based interventions in improving oral health of children in low- and middle-income countries: a systematic review and meta-analysis. BMC Oral Health, 22: 264.
American Dental Association. (2021). Brushing your teeth. Retrieved from https://www.ada.org/resources/research/science-and-research-institute/oral-health-topics/brushing-your-teeth
Bramantoro, T., Santoso, C. M. A., Hariyani, N., Setyowati, D., Zulfiana, A. A., Nor, N. A. M., et al. (2021). Effectiveness of the school-based oral health promotion programmes from preschool to high school: a systematic review. PLoS ONE, 16(8): e0256007.
Herijulianti, E., Artini, R., & Widyastuti, N. (2017). Efektivitas pendidikan kesehatan gigi dengan metode demonstrasi terhadap kemampuan menyikat gigi anak usia sekolah dasar. Jurnal Kesehatan Gigi, 4(2), 56–63.
Kementerian Kesehatan RI. (2018). Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kemenkes RI.
Marlina, M., & Syahrul, F. (2020). Pendampingan kesehatan gigi dan mulut pada siswa sekolah dasar untuk mencegah karies gigi. Jurnal Abdimas Kesehatan, 2(1), 12–18.
Nasrah & Mardelita, S. (2023). Efektivitas Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Metode Demonstrasi dan Simulasi terhadap Keterampilan Menyikat Gigi pada Siswa SDN 1 Sawang. Global Journal.
Notoatmodjo, S. (2012). Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Petersen, P. E. (2016). Oral health promotion: An essential element of a health-promoting school. WHO Information Series on School Health, Document 11.
World Health Organization. (2022). Oral health. Retrieved from https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/oral-health
Yanti, R., & Hidayati, A. (2019). Perubahan perilaku anak dalam menyikat gigi melalui penyuluhan kesehatan gigi di sekolah dasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 13(1), 28–35.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Dharma Jnana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

