Workshop Penyusunan Soal Asessmen Berbasis AKM Literasi Bagi Guru–Guru SMK Hasyim Asy’ari Mojokerto

Authors

  • Wawan Hermawan Universitas Islam Majapahit

Keywords:

asesmen, AKM, literasi

Abstract

Pengabdian ini berusaha untuk memberikan pemahaman kepada para guru-guru untuk meningkatkan kompetensinya dalam penyusunan soal asesmen berbasis AKM literasi. Tahapan kegiatan pengabdian ini meliputi: penyampaian materi, mendiskusikan materi, menyusun soal asesmen berbasis AKM literasi, dan evaluasi. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan menggunakan jenis workshop. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode ceramah, diskusi, dan latihan. Metode ceramah dilakukan dengan memberikan materi kepada guru mengenai penyusunan soal asesmen berbasis AKM literasi. Diskusi dan latihan dilakukan dengan cara menerapkan materi yang telah diberikan oleh pemateri. Pada proses latihan praktik, guru diminta untuk menyusun soal asesemen berbasis AKM literasi berdasarkan materi yang sudah disampaikan. Hasil kegiatan pengabdian dalam bentuk workshop pembuatan soal asesmen berbasis AKM literasi bagi guru-guru di SMK Hasyim Asyari Mojokerto berdampak dalam peningkatan kompetensi dan profesionalitas guru, khususnya dalam pembuatan soal asesmen berbasis AKM literasi.

References

Deviana, T., & Aini, D. F. N. 2022. Learning Progression Guru Sekolah Dasar dalam Pengembangan Konten Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Jurnal Basicedu, 6(1), 1285–1296. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2095

Fauziah, A., Sobari, E. F. D., & Robandi, B. 2021. Analisis Pemahaman Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mengenai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/608

Hermawan, W., Jayanti, R., dan Dilematik, Timurrana. 2022. Pendampingan Guru PAUD Upaya Pengembangan Karakteristik Reseliensi Belajar Melalui Inovas Pembelajaran. Dharma Jnana Vol 2 (3 ), 230-238.

Iman, N., Usman, N., & Bahrun, B. 2021. Implementasi Kebijakan Sekolah Dasar dalam Menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(2), 250-260.

Indahri, Y. 2021. Asesmen Nasional sebagai Pilihan Evaluasi Sistem Pendidikan Nasional. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah https://doi.org/10.46807/aspirasi.v12i2.2364

Kartowagiran, B. 2011. Kinerja guru profesional (Guru pasca sertifikasi). Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3). DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.4208.

Perdana, N. S. 2021. Analysis of Student Readiness in Facing Minimum Competency Assessment. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(1), 15 20.

Sari, A., Daulay, S., Putri, Y. Y., & Epriani, P. 2020. Penghapusan Ujian Nasional Tahun 2021 dalam Perspektif. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III, 3, 213–220.

Suwandi, S. 2019. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia pada “Era Masyarakat 5.0 (Society 5.0)”, Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, 10 September 2019.

Taufik, A. R., Sagiling, S. L. 2022. Pelatihan Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) bagi Guru SMP Negeri 8 Merauke. Jubauedah: Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education) Vol 2 No 3, 342-348.

Teguh, M. 2020. Gerakan literasi sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1-9.

Downloads

Published

2024-12-20