Pengembangan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Makanan Hewan Di Segaoon Petshop Ubud

Authors

  • Pande Ketut Ribek Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Cahaya Intan Maeyusa Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Nyoman Yuliastuti Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

edukasi pemasaran, pemanfaatan sosial media, pembuatan brosur, penjualan, produk

Abstract

Kondisi persaingan dalam dunia bisnis era digital, memaksa setiap pengusaha untuk mampu bersaing dan bertahan dengan keunggulan kompetitifnya. Model pemasaran saat ini pun sudah sangat beragam dan mudah untuk digunakan seperti melalui internet, perangkat seluler, dan platform online lainnya, untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek. Digital marketing adalah salah satu jenis kegiatan dalam pemasaran yang digunakan untuk mempromosikan atau memasarkan suatu produk atau jasa dan untuk menjangkau para calon konsumen dengan menggunakan media digital. Tujuan pengabdian ini untuk memberikan pendampingan dalam penggunaan dan pengembangan digital sehingga mampu meningkatka penjualn pada usaha makanan hewan di Segaoon Petshop Ubud. Berdasarkan observasi dan wawancara yang telah dilakukan pada Segaoon petshop, terdapat permasalahan mengenai pemasaran melalui digital marketing yang tidak berjalan dengan baik sehingga menghambat perkembangan untuk menjangkau pasar sasaran yang lebih luas. Metode pendampingan digunakan dalam kegiatan pengabdian ini.Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi adalah memberikan beberapa edukasi serta pelatihan mengenai pemasaran yang perlu di tingkatkan melalui digital marketing.

References

Anjani, R, W. 2024. Implementasi Digital Marketing Dalam Mengembangkan Strategi Bisnis Digital Di Era Transformasi Digital. INTERDISIPLIN: Journal of Qualitative and Quantitative Research, 1(1).

Aprilia, R., Wibowo, P., & Sitorus, F. (2022). Implementation Of Digital Marketing In Maintaining MSMEs During The Covid-19 Pandemic Penerapan Digital Marketing Dalam Mempertahankan UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(4), 2283–2291.

Fadhli, K., Pratiwi, N, D. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, Dan Emosional Terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi Zio Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2).

Hasiholan, L, B., dan Amboningtyas, D. 2021. Model Pemasaran Digital Marketing dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada UMKM Kota Semarang. Jurnal Sains Sosio Huaniora, 5(1).

Indrapura, P, F, S., Fadli, U, M, D. 2023. Analisis Strategi Digital Marketing Di Perusahaan Cipta Grafika. Jurnal Economina, 2(8).

Mulyansyah, G, T., dan Sulistyowati, R. 2021. Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner Di Kawasan G-Walk Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1).

Robby Aditya, & R Yuniardi Rusdianto. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96–102.

Ribek, P. K., & Purnamasari, K. S. (2023). Optimalisasi Penggunaaan Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Usaha F&B Kebun Es Teh Indonesia. Jurnal Dharma Jnana, 3(1), 72-80.

Saputra, G, W., dan Ardani, I, G, A, K, S. 2020. Pengaruh Digital Marketing, Word Of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen, 9(7).

Syahputra, R. M. (2021). Digital Marketing Strategy Through Digital Channelsin Promoting Product. Ijisrt.Com, 6(1).

Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bisnis Kuliner. Journal of New Media and Communication, 1(1), 43–57.

Witdya. (2019). Pengaruh Social Media Marketing terhadap keputusan pembelian KFC Kramatjati.

Downloads

Published

2024-12-20