Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Di TK Wahdah Islamiyah 01 Kendari Kecamatan Puuwatu
Keywords:
PHBS, penyakit, siswa TKAbstract
Anak-anak sangat rentan terhadap penyebaran penyakit yang disebabkan oleh pola hidup yang tidak higienis, termasuk cacingan, diare, penyakit kulit, dan gangguan mata. Utama untuk memberi pengetahuan kepada mereka tentang cara mencegah penyakit dengan menerapkan praktik kebersihan juga kesejahteraan. Melalui sosialisasi, edukasi, dan tanya jawab tentang perilaku hidup bersih dan sehat, serta latihan gerakan dalam kegiatan cuci tangan sambil bernyanyi dan penyuluhan tentang makanan sehat dan tidak sehat dengan menggunakan media papan pintar, layanan ini diberikan kepada siswa TK Wahdah Islamiyah 01 Kendari. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini ialah guna mengajarkan kepada anak-anak TK Wahdah Islamiyah 01 Kendari tentang nilai PHBS dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anak antusias mengikuti latihan dan aktif berpartisipasi dalam percakapan, hal ini menunjukkan bahwa tujuan kegiatan telah berhasil tercapai. Siswa dapat belajar pentingnya menjaga gaya hidup sehat dan bersih dari latihan ini, juga mereka mampu memperagakannya dikesehariannya untuk memastikan bahwa mereka selalu terproteksi dari penyebaran penyakit.
References
Asda, P., & Sekarwati, N. (2020). Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (Ctps) Dan Kejadian Penyakit Infeksi Dalam Keluarga Di Wilayah Desa Donoharjo Kabupaten Sleman. Media Keperawatan: Politeknik Kesehatan Makassar, 11(1), 1. https://doi.org/10.32382/jmk.v11i1.1237
Bait, Y., & Dahlan, S. A. (2023). Penyuluhan Makanan Sehat Dan Bergizi Di Tkit Al-Islah Gorontalo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Pertanian, 2(2), 160–165.
Bukit, S., Hutagalung, S. L., & Sarbaini, W. (2022). Analisis Pemberdayaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat di Sekolah Dasar. Journal of Community Development (JCD), 01(01), 11–17. https://journal.nabest.id/index.php/jcd/index
Kartini, F., Hakimi, M., Cahyawati, F. E., Christiana, I., Sari, S. N. F., Fatimah, O. Z. S., & Rofika, A. (2024). Pendidikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Anak TK ABA An-Nur. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JUDIMAS), 3(1), 41–49.
Lestari, N., & Hanif, A. (2021). Penyuluhan Makanan Sehat Untuk Pencegahan Stunting Balita. Jurnal Pengabdian Masyarakat Medika, 1, 1–7. https://doi.org/10.23917/jpmmedika.v1i1.264
Magdalena, S., Mansur, H. M., Kurniasari, D. E., & Miharja, J. (2022). Risk Assessment Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pada Pekerjaan Bongkar Menggunakan Metode Hazard Identification, Risk Assessment, & Risk Control pada Pelabuhan Ciwandan di Banten. Quantum Teknika : Jurnal Teknik Mesin Terapan, 4(1), 35–44. https://doi.org/10.18196/jqt.v4i1.15882
Nurmahmudah, E., Puspitasari, T., & Agustin, I. T. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Anak Sekolah. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 46–52. https://doi.org/10.35568/abdimas.v1i2.327
Prasetya, E., Jusuf, H., & Ahmad, Z. (2022). Health Education on the Importance of Washing Hands With Soap (Ctps) At Sdn 10 Dungaliyo. JPKM : Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat, 3(1), 48–54. https://doi.org/10.37905/jpkm.v2i2.13803
Saraswati, N., & Suryaalamsah, I. I. (2022). Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk Pencegahan Penularan Covid-19 di TK Darul Adzkiyya. ALTAFANI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 6–11.
Solehati, T., Susilawati, S., Lukman, M., Kosasih, C. E., Keperawatan, F., Padjajaran, U., Kedokteran, F., & Padjajaran, G. U. (2015). Pengaruh Edukasi Terhadap Pengetahuan Dan Skill Guru Serta Personal Hygiene Siswa Sd Effect of the Education on Knowledge and Skill of Teacher and Personal Hygiene Elementary School Students. Kemas, 11(1), 135–143.
Tarigan, E., Bukit, J. F., & Bukit, S. (2022). Analisis Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di TK Negeri Pembina Pancur Batu. Jurnal Pendidikan Dewantara, 1(1), 9–16. https://jurnal.yagasi.or.id/index.php/dewantara/article/view/8
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Dharma Jnana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.