PENINGKATAN PRESTASI KIMIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM
Keywords:
Prestasi Belajar, Model pembelajaran Aktif Tipe Quiz TeamAbstract
Kegiatan penelitian yang dilakukan di kelas XI MIPA 2 semester I SMA Negeri 4 Denpasar tahun pelajaran 2016/2017 ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Kimiasiswakelas XI MIPA 2 semester I SMA Negeri 4 Denpasar tahun pelajaran 2016/2017setelah menggunakanmodel pembelajaran aktif tipe quiz teamsecara optimal dalam proses pembelajaran. Permasalahan awal yang terjadi adalah belum maksimalnya proses pembelajaran yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi belajar kimiasiswa akibat masih menggunakan model pembelajaran tanpa teori yang memadai. Setelah data dikumpulkan menggunakan alat berupa tes prestasi belajar siswa dari rata-rata awal prestasi belajar Kimia siswakelas XI MIPA 2 semester I SMA Negeri 4 Denpasar tahun pelajaran 2016/201769,65 naik menjadi 73,16pada siklus I dan naik menjadi 82,19pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar yang diperoleh siswa pada awal 29,73% meningkat pada siklus I 54,05% dan pada siklus II menjadi 94,59%. Hasil pada siklus II sudah sesuai harapan indikator keberhasilan penelitian oleh karenanya penelitian ini tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya. Dengan perolehan data tersebut dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar kimia dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran aktif tipe quiz team pada siswakelas XI MIPA 2semester I SMA Negeri 4 Denpasartahun pelajaran 2016/2017.