PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS BILINGUAL SMP (SLUB) SARASWATI 1 DENPASAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR DAN KELAS
Keywords:
prestasi belajar IPA, motivasi belajar, kelasAbstract
Tujuan penelitan ini adalah; (1) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasibelajar IPA Siswa Kelas Bilngual SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar, (2) mengetahuipengaruh kelas terhadap prestasi belajar IPA Siswa Kelas Bilngual SMP (SLUB) Saraswati 1Denpasar, dan (3) mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kelas terhadap prestasi belajarIPA Siswa Kelas Bilngual SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar. Penelitan ini merupakanpenelitan kuantiatif ex post facto, dengan populasi yaitu seluruh siswa Kelas Bilngual SMP(SLUB) Saraswati 1 Denpasar dan teknik sampling jenuh. Data diperoleh dengan instrumenkuisioner motivasi belajar, dokumentasi pribadi siswa serta nilai prestasi belajar IPA siswayang diperoleh dari guru IPA dan wali kelas. Instrumen yang digunakan telah diuji validitasProduct Moment Pearson, validitas internal, dan reliabiltas. Teknik analisis data yangdigunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPS 19 forWindows. Adapun hasil dari penelitan ini adalah sebagai berikut. (1) Tidak terdapat pengaruhyang signifikan (p=0,989>0,05) motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPA Siswa KelasBilngual SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar. (2) Terdapat/ada pengaruh yang signifikan(p=0,034<0,05) kelas terhadap prestasi belajar IPA Siswa Kelas Bilngual SMP (SLUB)Saraswati 1 Denpasar. (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan (p=0,72>0,05) motivasibelajar dan kelas terhadap prestasi belajar IPA Siswa Kelas Bilngual SMP (SLUB) Saraswati1 Denpasar. Kata Kunci 1 Denpasar. Kata Kunci