STRATEGI MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM KERAJINAN TANGAN “INDRA BAMBU TIGAWASA”
Keywords:
IE, Pengembangan UMKM, Manajemen Strategik UMKM, Kerajinan Tangan BambuAbstract
Kajian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman serta strategi pengelolaan terbaik pada UMKM kerajinan tangan Indra Bambu Tigawasa. Pendekatan yang digunakan untuk menentukan posisi bisnis kerajinan tangan Indra Bambu Tigawasa ialah analisis SWOT yang hasilnya dirangkum dalam Tabel External Factors Analysis Summary (EFAS) dan Tabel Internal Factors Analysis Summary (IFAS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai bobot Tabel Internal Factors Analysis Summary (IFAS) sebesar 2,803 (posisi lemah) dan External Factors Analysis Summary (EFAS) 2,852 (posisi sedang). Pada matriks Internal External (IE) strategi yang harus dilakukan adalah pertahankan dan pelihara.
Downloads
References
David, F. R. (2006). Manajemen Strategik: Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Edisi 15. Pearson Prentice Hall. Penerbit Erlangga.
Ekawati, NW., Rahyuda, IK., Yasa, N.N.K., Sukaatmadja, IPG., (2016), Implementation of Ecoprenership and Green Innovation in Building Competitive Advantage to Generate Success of New Spa Products in Bali, International Business Management 10 (14), 2660-2669
Fajartriyani, A. P., Raharja, S. J., Dai, R. M., & Hardinata, C. (2019). Strategic Planning of Indonesian Skin Care Clinics. Academy of Strategic Management Journal, 18(3). https://doi.org/10.18551/rjoas.2019-06.26
Fitriyana, M., & Prasojo, E. (2022). Strategi Pengelolaan Keuangan Umkm Dalam Menghadapi Era Transisi Pandemi Covid-19. Journal Competency of Business, 6(01), 163-172. https://doi.org/10.47200/jcob.v6i01.1314
Gamage, S. K. N., Ekanayake, E. M. S., Abeyrathne, G. A. K. N. J., Prasanna, R. P. I. R., Jayasundara, J. M. S. B., & Rajapakshe, P. S. K. (2020). A review of global challenges and survival strategies of small and medium enterprises (SMEs). In Economies (Vol. 8, Issue 4). MDPI AG.
Giantari, IGAK, Yasa, N.N.K., Suprasto, HB., Rahmayanti, P.L.D., (2022), The role of digital marketing in mediating the effect of the COVID-19 pandemic and the intensity of competition on business performance, International Journal of Data and Network Science 6 (1), 217-232
Gunawan, I Made., Rahmawati, P I., Widiastini, N M A. (2023). Strategi Pengembangan dan Pengelolaan UMKM Kerajinan Tenun Cagcag Pada Masa Pandemi di Desa Pejeng Kangin. Jurnal Ekonomi Efektif, 5 (2).
Parta, I Nyoman., Sari, Ni Putu Riana. (2021). Strategi Pengembangan Pantai Bias Tugel sebagai Daya Tarik Wisata Snorkling dan Surfing di Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali. JUIMA: Jurnal Ilmu Manajemen. 11 (1).
Rangkuti, Freddy. (2011). SWOT Balanced Scorecard: Teknik Menyusun Strategi Korporat yang Efektif plus Cara Mengelola Kinerja dan Risiko. Cetakan Keempat belas. PT. Gramedia Pustaka Utama
Suindari, N M., Juniariani, N M R. (2020). Pengelolaan Keuangan, Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Strategi Pemasaran Dalam Mengukur Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi; 11 (2), pp. 148-154.
Sukaatmadja, IPG., Yasa, N.N.K., Rahyuda, H., Setini, M., Dharmanegara, IBA., (2020), Competitive advantage to enhance internationalization and marketing performance woodcraft in-dustry: A perspective of resource-based view theory, Journal of Project Management, 5 (5), 1-12
Soegoto, E. S., & Utomo, A. T. (2019). Marketing Strategy Through Social Media. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 662 (3). https://doi.org/10.1088/1757-899X/662/3/032040
Surjani, Rini. (2002). Manajemen Strategi dalam Menghadapi Era Globalisasi. 11 (1).
Wheelen and Hunger. (2012). Proses Tahapan Manajemen Strategi. Diakses dari http://hipni.blogspot.co.id/2012/02/pengertian manajemen strategi.html
Wijayanthi, I A Trisna., Ratini, Putu Mela., Pradnyadari, N K., (2020). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Hunian Kamar di Anantara Uluwatu Bali Resort. JUIMA: Jurnal Ilmu Manajemen. 10 (1).
Yasa, N.N.K., (2016), Manajemen Strategik, Cetakan Pertama, Penerbit Udayana Press, Denpasar
Yasa, N.N.K., Giantari, IGAK, Setini, M., Rahmayanti, PLD., (2020), The role of competitive advantage in mediating the effect of promotional strategy on marketing performance, Management Science Letter, 10 (12), 2845-2848