ANALISIS PROFESIONALISME KERJA ROOM ATTENDANT UNTUK PENINGKATAN PELAYANAN TAMU DI SUARGA PADANG – PADANG RESORT

Authors

  • Ni Wayan Linda Yanti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Menuh Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI) Handayani Denpasar

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan di Suarga Padang – Padang Resort bertujuan untuk mengetahui bagaimana profesionalisme kerja room attendant untuk peningkatan pelayanan tamu, untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan housekeeping department dalam upaya peningkatan pelayanan tamu, untuk mengetahui peluang dan ancaman housekeeping department dalam upaya peningkatan pelayanan tamu di Suarga Padang – Padang Resort. Untuk mengetahui profesionalisme kerja room attendant di Suarga Padang – Padang Resort, penulis melakukan penelitian dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode SWOT, untuk mengumpulkan data dilakukan wawancara, observasi serta dokumentasi. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder yang berupa data kualitatif dan kuantitatif. Pengolahan data menggunakan matriks SWOT menghasilkan empat strategi yaitu SO, WO, ST, WT yang dapat digunakan untuk meningkatkan profesionalisme kerja room attendant dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan. Beberapa saran yang dapat dilakukan oleh room attendant maupun pihak manajemen Suarga Padang – Padang yaitu dengan membuat SOP tertulis, penambahan jumlah room attendant, memprogramkan sertifikasi kompetensi serta melakukan konfirmasi fasilitas kamar maupun fasilitas resort saat tamu melakukan reservasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Along, Antonius. 2020. Kualitas Layanan Administrasi Akademik di Politeknik Negeri Pontianak. JIAP Vol 6, No 1,pp94-99,2020.

Hidayat Tuloh, Sokhman. 2021. Upaya Meningkatkan Profesionalisme Room Attendant Untuk Menunjang Kebersihan Dan Kerapian Kamar Di Hotel Hyatt Regency Yogyakarta. Jurnal Pariwisata Indonesia Vol. 16 No.2, 2021.

Menuh, Ni Nyoman & I Gede Wisnu Herikesha. 2020. Pengaruh Kinerja Front Office Terhadap Kepuasan Tamu Di Vinila Villa Nusa Dua. Jurnal STIMI Vol. 18 No.2-2020.

Pemerintah Indonesia. 2003. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : 63/KEP/M.PAN/7/2003.

Wibowo, Andri. 2022. Dampak Motivasi Kerja Dakam Melihat Kinerja Karyawan Room Attendant Di Swiss-Bel Hotel Batam. Jurnal Mekar Vol.1. No.1. April 2022.

Widyaningsih, Heni. 2018. Upaya Peningkayan Profesionalisme Karyawan Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Karyawan Abadi Hotel Jogja. Jurnal Khasanah Ilmu. Vol. 9 No. 1 Maret 2018.

Wiswasta, Gusti Ngurah Alit dkk. 2018. Analisis SWOT (Kajian Perencanaan Model, Strategi, Dan Pengembangan Usaha). Penerbit: Universitas

Mahasaraswati Press. Jl. Kamboja 11A Denpasar 80233.

Yoeti. 2016. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung. Angkasa Raya.

Downloads

Published

2023-07-26