COLLABORATIVE CHAIN WRITING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM MENULIS NARATIF DAN MENGURANGI PLAGIARISME
Keywords:
menulis berantai, kreativitas, narasiAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks naratif otentik. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester dua yang sedang mengambil kursus menulis paragrah. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus di mana siswa harus menulis pada gilirannya untuk membuat paragraf yang lengkap. Ada peningkatan yang signifikan dari nilai rata-rata dari pre-test ke post-test pertama di siklus pertama yaitu 71.1 di pre-test menjadi 81.17 di post-test pertama. Sementara skor untuk post-test kedua adalah 82,93. Dari kuesioner yang diberikan untuk mengetahui tanggapan mereka dalam hal kemampuan dan kreativitas mereka, 41,50% siswa dengan tegas setuju bahwa teknik yang diterapkan dalam penelitian dapat membantu mereka menjadi lebih kreatif dan aktif dalam menulis; 47,09% menjawab setuju dengan teknik ini, 9,58%, 1,12%, 0,32% dari siswa secara berturut-turut menanggapi ragu-ragu, tidak setuju dan sangat tidak setuju bahwa penerapan chain writing dapat membantu mereka tampil lebih baik dalam menulis teks naratif. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa chain writing dapat membantu sebagian besar siswa untuk membuat teks naratif yang asli dan otentik