IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP SILA DHARMA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Keywords:
Aktivitas, Belajar, Prestasi, Pendekatan KontekstualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa melalui penerapan pendekatan kontekstual. Penelitian ini melibatkan 33 orang siswa kelas VII SMP Sila Dharma Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis & Mc Taggart dan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus. Data aktivitas belajar dikumpulkan dengan cara observasi dan data prestasi belajar dikumpulkan dengan tes prestasi belajar siswa. Hasil analisis data kualitatif menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa dengan penerapan pendekatan kontekstual.