IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW ARONSON BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK
Keywords:
Jigsaw Aronson, Minat Peserta didik, Mind MappingAbstract
Minat sangat erat hubungannya dengan belajar, belajar tanpa minat akan sangat membosankan. Minat merupakan sumber motivasi yang kuat untuk belajar. Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan minat peserta didik dalam belajar. Salah satu solusinya adalah Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Aronson yang dipadukan dengan metode mind mapping. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis minat belajar peserta didik sebelum dan sesudah dibelajarkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw Aronson berbasis Mind mapping. Desain penelitian menggunakan Pre-Exprimental dengan rancangan One-group Pretest-Postest Design.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Dengan pengambilan sampel pada kelas VIIIC dengan jumlah 31 orang. Pengumpulan data minat menggunakan angket minat belajar dengan empat aspek. Data dianalisis dengan menggunakan uji Mann Whitney U Test. Hasil uji analisis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap minat belajar peserta didik sebelum dan sesudah Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Aronson berbasis mind mapping dibelajarkan. Simpulan penelitian ini adalah terjadi peningkatan minat belajar peserta didik yang dibelajarkan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Aronson Berbasis Mind Mapping.