HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X-1 DI SMA KARYA WISATA SINGARAJA TAHUN AJARAN 2010/2011

Authors

  • Ni Putu Eka , Kherismawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Lulup Endah Tripalupi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Made Ary Meitriana Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

jenis sumber belajar, pemanfaatan sumber belajar, kegiatan belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis sumber belajar yang digunakan guru dalam pelajaran ekonomi, penggunaan sumber belajar oleh guru pada mata pelajaran ekonomi, kegiatan belajar siswa kelas X-1 dan hubungan penggunaan sumber belajar dengan kegiatan belajar siswa di bidang ekonomi. Mata pelajaran di kelas X-1. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Subjek penelitian ini adalah guru ekonomi dan siswa kelas X-1 SMA Karya Wisata Singaraja, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah sumber belajar yang digunakan oleh guru dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X-1 di SMA Karya Wisata Singaraja. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, dokumentasi dan metode observasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif untuk mengukur penggunaan sumber belajar dan aktivitas belajar siswa dan analisis statistik menggunakan teknik analisis korelasi product moment untuk menentukan apakah ada hubungan antara penggunaan sumber daya pembelajaran dan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis sumber belajar yang digunakan oleh guru adalah dengan mendesain sumber belajar dalam bentuk buku teks, modul / lembar kerja siswa (LKS) dan sumber belajar dengan utilitas berupa penggunaan internet, penggunaan sumber belajar oleh guru dalam kategori baik, kegiatan belajar siswa menunjukkan siswa kurang aktif dalam belajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penggunaan sumber belajar dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X-1 di SMA Karya Wisata Singaraja 2010/2011 dengan perolehan rxy sebesar 0,485. t hitung yang diperoleh adalah 3,419 dan bila dibandingkan dengan t tabel adalah 1,686 pada taraf signifikansi 5%, t hitung yang diperoleh adalah 3,419 dan bila dibandingkan dengan t tabel adalah 1,686 pada taraf signifikansi 5%, t hitung lebih besar daripada t tabel sehingga Ha diterima.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-03-06