MEMPERKUAT PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MEDIA BERCERITERA

Authors

  • Ketut Wendi Astuti Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Pendidikan Karakter, Media Berceritera

Abstract

Pembentukan Karakter kini sedang menjadi wacana hangat dibicarakan. Pendidikan karakter generasi bangsa saat ini dipandang layak dikedepankan dan dibenahi di tengah-tengah merosotnya mentalitas dan moralitas anak bangsa dan semakin meningkatnya ancaman terhadap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan dasar Negara Pancasila. Menindak lanjuti permasalahan tersebut, maka mengangkat penelitian dengan judul Memperkuat Pendidikan Karakter Melalui Media Berceritera, dengan permasalahan: 1) Apakah pembelajaran melalui media berceritera dapat memperkuat pendidikan karakter. 2) Apakah makna yang terkandung dalam pembelajaran melalui media berceritera. Tujuan yang ingi dicapai adalah: 1) Untuk mengetahui pembelajaran melalui media berceritera dapat memperkuat pendidikan karakter. 2) Untuk mengetahui makna yang terkandung dalam pembelajaran melalui media berceritera. Adapun metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metoda penelitian historis-kualitatif, dengan metodapengumpulan data dengan teknik studi documenter/bibliographis, dan analisa data bersifat kualitatif-deskriptif dan interpretatip. Adapun teori yang dipergunakan adalah: 1) teori Resepsi, 2) teori tindakan dan 3) teori symbol. Hasil penelitian seperti berikut: 1) Bahwa pembelajaran melalui media berceritera dapat memperkuat pendidikan karakter peserta didik. 2) Makna yang terkandung dalam pembelajaran melalui media berceritera adalah : 1) makna religious, 2) makna pembelajaran, dan 3) makna kerja sama.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-03-06