FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEANDALAN BANGUNAN GEDUNG REKTORAT UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR

Authors

  • Tjok Istri Praganingrum Program Studi Teknik Sipil Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Made Ayu Mirayani Program Teknik Sipil Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Ocha Maya Firanthi Program Studi Teknik Sipil Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Faktor, Keandalan, Bangunan gedung

Abstract

Bangunan harus memenuhi persyaratan hukum dan teknis sesuai dengan fungsi bangunan. Persyaratan pengelolaan meliputi status hak atas tanah, status kepemilikan bangunan, dan izin mendirikan bangunan. Persyaratan teknis bangunan gedung meliputi persyaratan desain bangunan dan persyaratan keandalan bangunan. Ini berkaitan dengan persyaratan keselamatan, kesehatan, kenyamanan, dan kemudahan gedung, sesuai dengan persyaratan fungsional yang ditentukan. Gedung Rektorat Universitas Mahasaraswati Denpasar, terdiri dari 4 lantai yang selesai dibangun pada tahun 2021. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor–faktor yang mempengaruhi keandalan bangunan Gedung.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi yang digunakan adalah yang memiliki keterkaitan dengan keberadaan Gedung Rektorat Universitas Mahasaraswati Denpasar, termasuk didalamnya pihak yang terkait dengan proses pembangunan maupun pihak pengguna gedung. Pengambilan sampel menggunakan teknik porpusive sampling dengan jumlah sampel 14 narasumber. Dari hasil penelitian diperoleh faktor yang mempengaruhi keandalan gedung antara lain (1) keandalan arsitektur, (2) keandalan struktur, (3) keandalan utilitas dan proteksi kebakaran, (4) keandalan aksesibilitas dan (5) keandalan tata letak bangunan serta lingkungan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Direktorat Penataan Bangunan dan Lingkungan Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum. 2006. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No.29/PRT/2006 Tentang Pedoman Persyaratan Teknis Bangunan Gedung. Kementrian Pekerjaan Umum.

Priyo, M., & Sujatmiko, I. H. 2011. Evaluasi Keandalan Fisik Bangunan Gedung (Studi Kasus di Wilayah Kabupaten Sleman). Semesta Teknika, 14(2), 150-159. Seleman.

Undang-undang Republik Indonesia No.28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Walpole, Ronald E. 1995. Pengantar Statistika, edisi ke-3. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2022-09-30